Anda sedang mencari smartphone Android harga terjangkau yang berkualitas? Kami akan sajikan ulasan 4 HP Android yang bahkan salah satunya berharga di bawah 1 juta rupiah namun sudah dibekali specs yang mencukupi.

Acer bukanlah merk kemarin sore. Perusahaan yang berdiri sejak puluhan tahun ini sudah terbukti menghasilkan produk elektronik khususnya komputer dengan kualitas dan harga yang kompromi. Sayangnya di Indonesia Acer masih belum seagresif Asus untuk menguasai pasar smartphone, pilihan HP Acer di Indonesia hanya yang harga terjangkau.

Bagi yang tidak terlalu update berita smartphone, pilihan terbatas dari Acer bisa menjadi anggapan bahwa Acer tidak mampu bersaing di kelas yang lebih tinggi.

No, no, no. Acer memiliki cukup banyak tipe dan varian smartphone Android dengan kelas yang juga beragam. Satu tipe yang cukup menyita perhatian adalah Acer Predator 8 yang diperuntukkan bagi maniak gaming. Ini hanya untuk membuktikan kepada Anda bahwa menurut PMC, Acer juga ahli membuat smartphone keren.

Tapi kali ini kita hanya akan membahas 4 HP Android Acer yang dibandrol harga 1 jutaan. Berdasar dari sebuah iklan yang baru-baru ini dibuat oleh Acer.

4 Acer Liquid Z Series, Smartphone Murah Berkualitas

1. Acer Liquid Z320

Pilihan pertama adalah Z320 yang dibekali layar ukuran 4.5″ jenis IPS resolusi 854 x 480 pixels. Smartphone ini meluncur akhir tahun lalu dan menggunakan Android Lollipop sebagai OS-nya.

Dapur pacu yang diusung tergolong mencukupi di kelas harga 800 ribuan. Mulai dari Chipset Qualcomm Snapdragon 210 yang mengusung Quad-core dengan clockspeed 1.0 GHz serta GPU Adreno 304. Memory RAM juga relatif besar yakni 1 GB dengan internal storage sebesar 8 GB. Sedangkan untuk fitur kamera, di bagian belakang terdapat kamera resolusi 5 MP yang juga dibekali Autofocus dan LED Flash untuk mengambil foto yang lebih berkualitas. Untuk foto selfie, kamera 2 MP di bagian depan siap untuk mengabadikan wajah ganteng dan cantik Anda.

Kapasitas baterai tergolong standard yakni 2000 mAh. Fitur pelengkap lain termasuk lengkap di kelasnya seperti jaringan internet HSPA, WiFi, Bluetooth, microUSB Port, GPS, dan juga FM Radio.

Harga Acer Liquid Z320 saat ini hanya Rp 849.000 yang membuat smartphone ini memiliki value for money yang sangat baik. Tidak mudah mencari smartphone harga di bawah 1 juta saat ini yang dibekali spesifikasi dan fitur mencukupi.

2. Acer Liquid Z330

Perbedaan mencolok antara Liquid Z330 dengan Z320 adalah pada jaringan internet dimana Z330 sudah mencukung 4G LTE untuk koneksi internet kecepatan tinggi, juga resolusi kamera depan yang lebih tinggi untuk mengambil foto selfie lebih baik lagi yakni 5 MP. Z330 juga mendukung Dual SIM.

Acer Liquid Z330, HP Android LTE 1 jutaan

Untuk perfoma hardware, Z330 sedikit lebih baik dibanding Z320 berkat clockspeed prosesor yang lebih cepat yakni 1.1 GHz dengan jenis chipset yang sama. Begitu juga dengan RAM, kapasitas penyimpanan, kapasitas baterai, dan fitur lainnya, Z330 masih relatif sama dengan Z320.

Saat ini, jaringan 4G LTE sudah sangat luas coverage-nya terutama di Jakarta dan sekitarnya. Apalagi provider telekomunikasi masih sering memberikan promo bonus kuota 4G. Jika Anda benar-benar membutuhkan jaringan 4G LTE untuk internet, juga kamera selfie lebih baik, maka Z330 bisa jadi merupakan pilihan yang cocok. Perbedaan harga sayangnya relatif cukup banyak.

Harga Acer Liquid Z330 berkisar di angka Rp 1.199.000 atau perbedaannya sekitar 350 ribu rupiah. Jika Anda memiliki budget di bawah 1 juta dan tidak terlalu membutuhkan 4G LTE ataupun kamera selfie resolusi lebih tinggi, PMC merekomendasikan Z320 sebagai pilihan yang menarik.

3. Acer Liquid Z520

Smartphone ini sudah berumur sekitar 1 tahun. Dengan harga yang tidak berbeda dibanding Z330, smartphone ini menawarkan layar besar 5.0″ sebagai unggulannya. Performa dari chipset MediaTek Quad-core 1.3 GHz juga sudah mencukupi untuk berbagai macam aktivitas.

Sayangnya, Z520 belum dibekali 4G LTE, meskipun kamera utamanya lebih baik dari pilihan sebelumnya yakni resolusi 8 MP. Adapun kelemahan lain yang dimiliki Z520 antara lain OS yang masih menggunakan Android KitKat, layar masih resolusi 854 x 480, serta jenis layar yang belum IPS.

Spesifikasi dan fitur Z520 termasuk; SoC MediaTek MT6582 Quad-core 1.3 GHz, GPU Mali-400MP2, 1 GB RAM, 8 GB Internal storage, microSD up to 32 GB, 8 MP back camera with autofocus and LED flash, 2 MP front camera, WiFi, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.0, GPS, FM Radio, microUSB, dan 2000 mAh Li-Po Battery

4. Acer Liquid Z520 Plus

Spesifikasi dan fitur Z520 Plus sama persis dengan Z520 biasa kecuali pada kapasitas RAM dan storage yang lebih besar yakni 2 GB RAM dan 16 GB Internal storage. Meski sepele, nyatanya perbedaan kapasitas RAM akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran kita saat menjalankan banyak aplikasi, apalagi untuk multitasking. Storage yang lebih besar juga membuat kita tak perlu khawatir kekurangan data untuk menginstall aplikasi atau menyimpan data tanpa perlu menambah kartu microSD.

Harga Z520 Plus 200 ribu lebih mahal dibanding Z520 yang berharga Rp 1.199.000. Menurut keterangan iklan dari Acer, ada promo bonus Active Flip Case dan Extra Battery Cover senilai 200 ribu. Tentu PMC “mewajibkan” Anda mencari penjual yang memberikan bonus tsb ya 🙂 Itu pun jika Anda memang tertarik untuk membeli Liquid Z520 Plus ini.

Di kelas 1 jutaan, pemainnya sudah cukup banyak. Alternatif menarik yang bisa Anda pertimbangkan antara lain Samsung Galaxy J1 Mini, Galaxy J1 Ace, Lenovo A1000 dan A2010, Infinix Hot 3, LG K4, Asus Zenfone Go 4.5, dan beberapa pilihan dari vendor lokal.

SHARE

LEAVE A REPLY