Lama sekali kami tidak mengulas laptop, padahal sebelumnya kami lebih suka membahas tentang laptop dan komputer ketimbang smartphone. Tapi zaman berubah, pengguna laptop untuk mengakses informasi sudah turun drastis, namun tetap saja, laptop belum bisa 100% digantikan smartphone ataupun tablet.

Laptop adalah keharusan untuk dimiliki. Tidak peduli ada berapa smartphone yang dimiliki, seberapa update gadget, laptop tetap harus ada. Untuk produktivitas yang lebih serius, laptop sudah menjadi barang wajib.

Nah, untuk memulai kembali bahasan laptop di PMC, kami ingin mengulas satu laptop yang menurut kami cukup istimewa berkat harga yang terjangkau namun spesifikasinya sudah sangat baik. Ini adalah salah satu pilihan laptop Core i5 terbaik harga 7 jutaan untuk grafis dan gaming.

pilihan-warna-acer-aspire-e5-475g

Harga Acer Aspire E5-475G

Di pasaran mungkin Anda akan menemukan banyak jenis laptop ini. Dalam bahasan kali ini, kita fokus ke Acer Aspire E5-475G yang menggunakan Intel Core i5 dan GeForce 940MX.

Harga Acer Aspire E5-475G tanpa windows OS berkisar di angka Rp 7.199.000. Sedangkan untuk versi dengan Windows 10 OS, harganya 800 ribu rupiah lebih mahal.

harga-acer-aspire-e5-475g

Yang perlu diperhatikan adalah tipe prosesor, ada yang masih menggunakan Core i5-6200U, ada yang sudah menggunakan gen terbaru, i5-7200U. Harganya setara, kedua prosesor tsb sebenarnya memiliki performa yang tidak terlalu jauh bedanya namun jelasnya jika Anda bisa menemukan yang menggunakan Core i5-7200U, ambil yang ini.

Spesifikasi Acer Aspire E5-475G

LAYAR

Layar laptop ini menggunakan standar ukuran 14 inci resolusi 1366 x 768 piksel berjenis LED backlit. Meski tergolong biasa, namun layar tsb sudah mencukupi untuk berbagai aktivitas komputasi. Jika tidak cukup, mungkin penggunaan monitor eksternal bisa dipertimbangkan.

kelebihan-acer-aspire-e5-475g

Layar laptop ini juga dilengkapi teknologi yang dinamakan Acer Bluelight Shield TM yang berguna untuk membantu agar mata kita tidak cepat lelah saat menatap layar dengan waktu yang lama.

PROSESOR

Prosesor yang digunakan adalah Intel Core i5-6200U dengan clockspeed 2.3 GHz hingga 2.8 GHz. Prosesor ini berbasis Skylake architecture dan meluncur sejak akhir tahun 2015.

Graphics on board pada prosesor tsb adalah HD Graphics 520 yang memiliki performa sangat baik dan mencukupi untuk multimedia. Jika dibandingkan GeForce, performanya berada di level yang mirip dengan GeForce 820M. Banyak jenis gaming yang mampu dijalankan oleh graphics card ini, namun tentu untuk gaming laptop ini punya yang lebih tangguh.

spesifikasi-acer-aspire-e5-475g

Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan laptop ini yang sudah menggunakan Intel Core i5-7200U yang merupakan salah satu dari jajaran Kaby Lake architecture. Dengan clockspeed 2.5-3.1 GHz, performanya jelas lebih baik dibandingkan i5-6200U.

Graphics on board pada prosesor ini juga sudah HD Graphics 620 yang tentunya memiliki performa lebih baik.

GRAPHICS CARD

Selain graphics card on board, laptop ini juga dibekali graphics dedicated dari nVidia. Tersedia GeForce 940MX 2 GB yang tergolong bertenaga seperti 940M dan sanggup menjalankan berbagai game modern terbaru. Dengan graphics card mandiri dan prosesor yang cukup tangguh, laptop ini cocok untuk digunakan mengolah data besar, desain, dan editing semi-pro.

Beberapa game yang masih dimungkinkan untuk dimainkan di Acer Aspire E5-475G antara lain Watch Dogs 2 2016, Call of Duty Infinite Warfare, Titanfall 2, Battlefield 1, FIFA 17, dll.

RAM

Dalam kondisi standar, kapasitas RAM yang disematkan adalah 4GB DDR4. Kita tentunya masih bisa upgrade jika memang dibutuhkan. Tersedia dua slot keping RAM yang bisa menampung hingga kapasitas 32 GB.

STORAGE

Versi termurah laptop ini menggunakan HDD biasa dengan kapasitas 500GB atau 1TB, tergantung tipe. Ada tipe lain yang sudah menggunakan SSD meski kapasitasnya tentu lebih kecil. Jika diinginkan, kita juga bisa upgrade HDD ke SSD sesuai kebutuhan.

acer-aspire-e5-475g-laptop-gaming-7-jutaan-terbaik

Optical Drive DVD juga masih disediakan di laptop ini, untuk pecinta gaming, fitur ini masih sangat penting, begitu juga yang suka back-up data ke kepingan DVD ataupun instal berbagai program secara offline.

UI

Tersedia beberapa slot dan port termasuk 3 USB port (USB 3.0 dan 2.0), HDMI, LAN Network, dan SD card reader.

acer-aspire-e5-475g-putih

Tersedia juga Bluetooth serta WiFi hingga WLAN 802.11 ac yang tentunya jauh lebih cepat dibanding WiFi b/g/n. Fitur MIMO juga tersedia untuk membantu mempercepat koneksi internet melalui WiFi tsb.

BATERAI

Daya tahan baterai yang diklaim Acer untuk laptop ini adalah hingga 8 jam waktu stand-by, jujur kami bingung membaca data dari halaman resmi mereka. Kapasitas baterainya sendiri sebesar 2800 mAh 4-cell. Dengan CPU yang cukup irit (15 watt), daya tahan laptop ini jelasnya akan cukup irit walaupun belum bisa melawan banyak notebook 12 inch dengan prosesor yang lebih irit. USB power untuk charging device seperti smartphone pun tersedia, aktif meski laptop dalam kondisi mati.

BODY

Dimensi laptop ini tidak ada yang istimewa karena terlihat bulky dan beratnya 2,1 Kg.

KESIMPULAN

Kelebihan Acer Aspire E5-475G adalah pada performa yang tergolong tangguh di kelasnya, terutama graphics card dedicated GeForce 940MX yang paling bertenaga dibanding laptop-laptop lain di kelas harga 6-7 jutaan. Jika Anda membutuhkan laptop yang tangguh performanya baik itu untuk mengolah data besar, desain, editing, atau gaming, laptop ini sangat bisa dipertimbangkan. Jika Core i5 dirasa kurang, masih ada versi dengan Core i7.

LEAVE A REPLY