Jika melihat sekilas Zenfone 3 Max, seperti tidak ada yang menarik dari ponsel ini. Namun jika kita perhatikan lebih detail, mungkin inilah smartphone android ideal terbaik untuk kalian.

Halo gaes, kembali lagi di ulasan smartphone di PanduanMembeli.com. Kali ini saya ingin mereview fitur smartphone yang tidak diragukan lagi akan diminati pasar berkat harga terjangkau namun fitur yang tergolong lengkap di kelasnya. Penasaran? Mari kita jelajahi lebih lanjut.

Asus Zenfone 3 Max dirilis setelah para induknya duluan meluncur. Smartphone ini masuk dalam jajaran Zenfone 3 series, dan itu artinya, desain Zenfone 3 Max juga gak kalah keren dibanding kakak2nya.

Harga Asus Zenfone 3 Max

Oke, sebelum kita lihat lebih dalam, berapa sih yang harus kita keluarkan dari dompet. Ntar udah terlanjur kesengsem, eh, kemahalan, kan gak lucu ya kan.

harga-asus-zenfone-3-max

Harga Zenfone 3 Max cuma 2 jutaan, tepatnya saat artikel ini ditulis, Rp 2.199.000,-. Biasanya sih dalam 2-3 bulan, harganya bakal turun, dan untuk Zenfone 3 Max ini kemungkinan akan stabil di harga 1.9-2 jutaan.

Review Spesifikasi Asus Zenfone 3 Max

Nah, setelah dirasa cocok dengan budget yang kalian anggarkan, mari kita lihat lebih lanjut, seperti apa smartphone harga 2 jutaan yang bakal masuk salah satu HP Android pilihan terbaik ini?!

Performa Hardware

Zenfone 3 Max dengan kode ZC520TL (iya gue tau kalian gak suka dikodein guys), dibekali specs hardware yang kekinian banget. Memang sebagian bakal gak suka vendor chipset yang digunakan yakni Mediatek MT6737M. Chipset ini diluncurkan masih di tahun 2016 dan menggunakan teknologi produksi yang masih biasa saja, 28nm. Sebelum underestimate, baca terus gan.

Dapur pacu Zenfone 3 Max menggunakan CPU Quad-core 1.25 GHz. Kapasitas RAM-nya mencukupi dengan 2 GB dan storage 16 GB serta mendukung microSD hingga 32 GB. Graphics diproses oleh GPU Mali-T720MP2. Nah, seperti apa performa kombinasi specs tsb? Dengan benchmark AnTuTu, score yang dihasilkan Zenfone 3 Max berkisar di angka 39 ribuan. Seburuk-buruk hasil test smartphone dengan SoC MT6737, score AnTuTu akan berada di atas 30 ribu. Selain performa CPU, GPU-nya terbukti tangguh untuk manjalankan game2 3D modern. Menimbang harga yang cuma 2 jutaan dan merk Asus-nya, performa Zenfone 3 Max tergolong sangat lumayan.

Baterai Gede

Sejak ada Xiaomi Redmi 3, kapasitas baterai 4000an mAh jadi terlihat biasa. Tapi ntar dulu guys, itu Xiaomi. Ini Asus bro! Zenfone 3 Max dibekali baterai kapasitas 4130 mAh yang artinya, ponsel ini bisa bertahan seharian tanpa harus charge ulang, ya itu buat pengguna normal, kalau kalian termasuk abnormal, abaikan kelebihan Zenfone 3 Max yang ini. Sebaiknya kalian para abnormal selalu bawa charging adapter atau power bank.

Yang jelas, daya tahan baterainya bisa bertahan seharian saat kita di luar rumah meskipun digunakan untuk aktivitas berat seperti nonton video, browsing, ataupun gaming. Cocok buat yang suka nge-bigo, #eh.

Menurut klaim Asus, baterainya bisa bertahan hingga 18 jam untuk browsing internet, 20 jam waktu bicara 3G, dan hingga 30 hari standby. Itu keren sih,

kelebihan-asus-zenfone-3-max

Seperti khas-nya ponsel versi baterai gede, Zenfone 3 Max juga bisa dijadikan powerbank untuk mengisi baterai smartphone lain. Tinggal colokkan USB OTG (On the Go) dan sambungkan dengan kabel USB ke smartphone lainnya. Kabel USB OTG sudah dalam paket penjualan, berdasarkan informasi dari Asus.

Dalam kondisi darurat, kita juga disediakan mode Power Saving yang bisa memberikan daya standby hingga 36 jam dengan kapasitas baterai 10% saja. Ini sangat membantu jika kita benar-benar jauh dari sumber listrik dan ingin tetap memiliki alat komunikasi basic.

Desain dan Layar

Zenfone 3 Max kini tampil lebih stylish dibanding seri Max gen sebelumnya. Material case berbahan metal membuatnya tampak mewah, namun sedikit licin alias gripnya tidak sebaik finishing plastik rubber misalnya. Tapi toh semua smartphone sekarang licin2.

Desain Zenfone 3 Max juga sudah unibody, artinya kita gak bisa lagi membuka cover belakang atau baterainya. Semua slot kartu SIM dan microSD (hybrid SIM 2), bisa diakses dari area samping. Desain secara keseluruhan sangat ergonomis yang membuat kita bisa nyaman menggenggam.

layar-asus-zenfone-3-max

Layar Zenfone 3 Max memiliki brightness tinggi hingga 400 nits. Ini berguna kalau kita harus mengoperasikan ponsel di bawah terik matahari. Ukuran yang digunakan adalah 5.2 inch, tergolong ideal. Dengan teknologi IPS display, resolusi yang digunakan adalah HD 720 x 1280 piksel. Mungkin resolusi tsb akan dirasakan kurang bagi sebagian orang, tapi tunggu dulu.

Layar Zenfone 3 Max menggunakan desain 2.5D sehingga ujung-ujungnya membulat dan akhirnya memberikan tampilan keren serta nyaman dalam genggaman karena ergonominya. Bezelnya cukup tipis, hanya 2.25mm dan memiliki screen-to-body ratio 75%.

Dengan ukuran layar tsb dan baterai besar, bobot Zenfone 3 Max tergolong standar yakni 148 gram dan dimensi 149.5 x 73.7 x 8.55 mm. Kita masih bisa nyaman berlama-lama menggunakan smartphone ini dengan satu tangan.

ZenUI OS 3.0

fitur-asus-zenfone-3-max

Zenfone 3 Max menggunakan OS yang berbasis Android v6.0 Marshmallow. Interface-nya lebih segar dengan fitur-fitur yang memudahkan. Beberapa fitur yang tersedia termasuk ZenMotion, ASUS Splendid, Kids Mode, PhotoCollage, MiniMovie, Google Apps, File Manager, Quick Memo, Themes, dan ZenCircle.

Fingerprint Sensor

Zenfone 3 Max benar-benar pembunuh smartphone murah berkualitas lainnya seperti Xiaomi Redmi 4 misalnya.

fingerprint-sensor-asus-zenfone-3-max

Dengan harga 2 jutaan, ponsel Asus ini juga sudah dilengkapi fitur Fingerprint sensor yang berfungsi untuk mengamankan smartphone secara efisien, cepat, dan mudah. Fitur yang sangat berguna agar ponsel kita tidak bisa diakses oleh tangan-tangan usil tanpa izin kita 😉

Selain untuk membuka kunci, sensor sidik jari ini juga bisa difungsikan sebagai shortcut atau akses cepat ke beberapa fitur dan yang terpenting adalah fitur kamera. Bahkan sekaligus mengambil gambar pun bisa menggunakan sentuhan di fingerprint, komplit dah.

Kamera PixelMaster

Seperti khas smartphone Asus, Zenfone 3 Max juga menggunakan paket lengkap fitur kamera PixelMaster. Mengambil foto bisa sangat cepat tanpa lag, HDR juga tersedia untuk mengambil foto lebih cerah. Jika ingin mengambil foto resolusi super, PixelMaster juga bisa mengambil beberapa foto dan digabungkan menjadi satu foto resolusi 52 MP. Untuk mengambil foto di kondisi kurang cahaya, tersedia mode Low Light.

warna-asus-zenfone-3-max

Kamera belakangnya menggunakan resolusi 13 MP f/2.2 dengan autofocus dan LED flash. Fitur pelengkap selain yang sudah disebutkan, ada 1080p video recording, Real Time Beautification Mode, Night Mode, Selfie Panorama, Panorama Selfie Mode, Slow Motion Mode, dan Time Lapse Mode. Kamera depannya menggunakan resolusi 5 MP dengan aperture lebih lebar, f/2.0.

Fitur-fitur lainnya

Asus memberikan bonus cloud storage 5GB berlaku seumur hidup. Juga bonus cloud storage Google Drive 100 GB berlaku 2 tahun.

pilihan-warna-asus-zenfone-3-max

Untuk mendukung fitur multimedianya, Zenfone 3 Max juga dibekali Asus SonicMaster 2.0 dengan keluaran suara lebih keras, bass lebih baik, dan distorsi lebih rendah. Fitur konektivitasnya termasuk 4G LTE, Dual SIM, WiFi b/g/n, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.0, dan microUSB 2.0. GPS tentunya juga tersedia. Untuk sensor, selain fingerprint, ada juga accelerometer, proximity, dan compass sensor.

Nah, itu dia guys fitur-fitur dan spesifikasi Asus Zenfone 3 Max yang berharga 2 jutaan. Secara keseluruhan, apa yang diberikan Asus untuk ponsel ini sudah di atas rata-rata dan bersaing dengan vendor yang terkenal karena murahnya; Xiaomi.

Kelemahan Zenfone 3 Max sangat minor seperti resolusi layar yang masih HD, atau kamera selfie yang masih 5 MP alias standar dan laser autofocus yang hilang, selebihnya oke. Jika kalian mencari smartphone harga 2 jutaan yang dibekali fitur lengkap, Zenfone 3 Max sangat layak dipertimbangkan.

LEAVE A REPLY