3 Smartphone Zenfone yang diluncurkan Asus sejak awal 2014 menjadi buruan para pecinta gadget. Spesifikasi berkelas dengan harga menggoda adalah alasan kenapa Zenfone menjadi salah satu ponsel android favorit saat ini.

Ketiga seri smartphone Zenfone tersebut adalah Asus Zenfone 4, Asus Zenfone 5, dan yang akan diulas kali ini yakni Asus Zenfone 6 (A600CG).

Pilihan warna Asus Zenfone 6

Harga Asus Zenfone 6

Asus Zenfone 6 (A600CG) dibandrol dengan harga yang sangat memikat dan cukup terjangkau di kelasnya. Rp 3.099.000,- atau satu juta lebih mahal dari Asus Zenfone 5, membuat Asus Zenfone 6 relatif unggul dibanding smartphone android merk lain dengan spek setara. Di kelas harga 3 jutaan, beberapa alternatif dari merk lain di antaranya adalah Sony Xperia C, Samsung Galaxy Grand I9082, LG G Pro Lite Dual, Lenovo S930, IMO Turbo, sampai BlackBerry Q5.

Desain dan Layar Asus Zenfone 6

Desain Asus Zenfone 6Seperti namanya, Asus Zenfone 6 menggunakan layar berukuran 6″ dengan dimensi body 166.9 x 84.3 x 5.5-9.9 mm berbobot 196 gram. Material casing yang digunakan adalah plastik dengan finishing yang cukup berkelas dan detail yang elegan. Adanya bezel logam di bawah layar khas Asus juga menambah premium Asus Zenfone 6 ini dengan kilau memutar ketika terkena cahaya.

Desain Asus Zenfone 6 BelakangSeperti Zenfone 4 dan 5, ketebalan Zenfone 6 ini tidak merata melainkan tebal di tengah dan menipis ke bagian pinggir sehingga menambah kenyamanan saat menggenggam. Untuk warna yang tersedia pun sedikit berbeda dengan seri di bawahnya, Asus Zenfone 6 ditawarkan dalam warna yang lebih berkesan premium yakni Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, dan Champagne Gold.

Layar 6 Inci Asus Zenfone 6 merupakan layar sentuh kapasitif dengan IPS technology beresolusi 720 x 1280 px, 245 ppi ppi, 16 juta warna. Layar Asus Zenfone 6 juga menggunakan teknologi ‘direct bonding’ atau One Glass Solution yakni menggabungkan LCD dengan panel sentuh sehingga ketika jari menyentuh panel akan tampak langsung menempel pada layar yang mengeluarkan gambar. Asus juga menyediakan fitur Splendid pada Asus Zenfone 6 ini untuk mengatur warna, saturasi, dan lainnya.

Hardware and Software

Spesifikasi Hardware Asus Zenfone 6Asus Zenfone 6 seperti khas Zenfone menggunakan prosesor Atom Dual-core Z2580 2 GHz dengan fitur hyper threading sehingga performanya menyamai prosesor quad-core yang digunakan ponsel kelas atas dari merk lainnya.

Untuk handle urusan grafis, Asus Zenfone 6 menggunakan GPU PowerVR SGX544MP2 yang juga powerful. RAM 2 GB pun terhitung besar untuk harga Asus Zenfone 6 yang hanya 3 jutaan. Sedangkan internal storage dibekali dengan 8 GB yang available untuk pengguna sekitar 4 GB. Tambahan storage bisa dengan menambahkan microSD hingga 64 GB dan tentu saja penyimpanan cloud.

Sebagai penopang daya, Asus Zenfone 6 mempercayakan pada baterai berkapasitas 3230 mAh Li-Po.

Asus Zenfone 6

Sistem operasi yang digunakan Asus Zenfone 6 adalah Android Jelly Bean v4.3 yang juga dapat diupgrade menjadi Android KitKat. Seperti Zenfone lainnya, Zenfone 6 juga dibekali Zen UI dengan fitur khas What’s Next dan Do it Later. Selain itu Asus juga membekali fitur multitasking sehingga dapat membagi layar menjadi dua bagian dengan dua aplikasi berjalan bersamaan.

Asus Zenfone 6 Dual SIMJaringan dan Data

Fitur koneksi Asus Zenfone 6 termasuk lengkap kecuali LTE dan NFC yang merupakan fitur ‘mahal’ pada smartphone.

Asus Zenfone 6 menggunakan Dual SIM yang keduanya dapat digunakan pada jaringan 3G. Akses internet dapat menggunakan jaringan HSDPA, HSUPA, EDGE, GPRS, dan tentu saja WiFi b/g/n, WiFi Direct, dan WiFi Hotspot. Transfer data antar device tersedia bluetooth v4.0 dengan A2DP & EDR dan microUSB v2.0.

Kamera Asus Zenfone 6

Kamera Asus Zenfone 6Dengan harga 3 jutaan, kamera yang dimiliki Asus Zenfone 6 sangat impresif setara ponsel flagship. Mulai dari resolusi 13MP dengan fitur autofocus, Geo-tagging, touchfocus, face detection, f/2.0, dan fitur andalan zenfone, Pixel Master.

Keunggulan kamera Asus Zenfone 6 dengan pixel master ini adalah dapat menangkap gambar dengan kualitas tetap terjaga pada kondisi cahaya rendah. Ketika menggunakan fitur ini, gambar yang akan ditangkap hanya berukuran 3 MP namun dengan kualitas yang tetap terjaga meski diambil dalam kondisi cahaya yang kurang mendukung.

Kamera Asus Zenfone 6 Pixel Master

Untuk merekam gambar bergerak, kamera utama Asus Zenfone 6 dapat menghasilkan video dalam resolusi full HD 1080p 30 fps. Sedangkan untuk kebutuhan videochat dan (mungkin) foto selfie, Asus Zenfone 6 dilengkapi kamera depan 2 MP.

Kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 6 (A600CG)

Dengan harga 3 jutaan, apa yang dimiliki Asus Zenfone 6 sudah melebihi ekspektasi, layar besar berkualitas, desain cantik, hingga fitur kamera yang keren. Kelemahan Asus Zenfone 6 bisa dengan mudah tertutup oleh kelebihannya.

Kelebihan Asus Zenfone 6:

  • Layar besar IPS One Glass Solution
  • Kamera 13 MP dengan Pixel Master
  • Baterai besar
  • Intel Atom Dual-core irit daya namun berperforma layaknya quad-core
  • Fitur koneksi cukup lengkap
  • Harga terjangkau berbanding speknya

Kekurangan Asus Zenfone 6:

  • Layar belum full HD mungkin akan disayangkan beberapa pengguna
  • Tanpa LTE dan NFC meski masih sangat bisa dimaklumi melihat harganya

Galeri Asus Zenfone 6 (A600CG)

Data: Asus.com – Asus Zenfone 6 (A600CG).

LEAVE A REPLY