Sebelumnya, smartphone dengan baterai besar dikuasai oleh Lenovo berkat seri P-nya. Namun kini tidak lagi karena Asus sudah memiliki seri Zenfone Max yang dibekali baterai jumbo serta bandrol harga yang relatif terjangkau.

Adalah Asus Zenfone Max dengan kode ZC550KL yang kini sudah tersedia di toko-toko dan bisa didapatkan dengan harga Rp 2.599.000 saja. Namun sebelum Anda memutuskan untuk meminang smartphone ini, ada baiknya Anda ketahui dulu apa saja yang menarik dan apa kelemahan yang dimiliki smartphone ini.

Desain dan Layar

Zenfone Max menggunakan layar 5.5 inch dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel jenis IPS. Layar tsb juga sudah dilapisi dengan protector Corning Gorilla Glass 4. Meski sebagian menganggap resolusi layar Zenfone Max terlalu rendah, namun menurut kami hal ini justru menjadi kelebihan untuk menghemat baterai serta menyeimbangkan dengan komponen utamanya mengingat smartphone ini masih dibekali hardware kelas menengah ke bawah.

OS yang digunakan adalah Android Lollipop dengan ZenUI khas Zenfone yang dilengkapi banyak fitur-fitur untuk memudahkan.

Desain Zenfone Max dari depan masih mirip dengan Zenfone series lainnya namun di bagian belakang terlihat agak berbeda berkat penggunaan finishing cover yang bertekstur seperti kulit. Tekstur tsb akan menambah kenyamanan ketika digenggam karena memiliki grip yang baik. Ukuran besar memaksa kita untuk menggunakan smartphone ini dengan dua tangan untuk sebagian besar aktivitas. Cover belakangnya bisa dilepas namun baterai terlihat tertanam sehingga tidak bisa langsung dicopot dengan mudah. Kami menamakan desain ini dengan sebutan Semi Unibody. Cover bisa dibuka hanya untuk mengakses slot kartu SIM dan microSD.

Spesifikasi-Asus-Zenfone-Max

Dengan dimensi 156 x 77.5 x 10.6 mm, Zenfone Max berbobot 202 g. Bobot yang sudah tergolong berat di kelasnya.

Hardware Biasa

Zenfone series sangat melekat dengan prosesor Intel namun tidak untuk Zenfone Max. Smartphone ini menggunakan chipset dari Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor Quad-core clockspeed 1.2 GHz dan GPU Adreno 306. Kapasitas RAM-nya sebesar 2 GB dengan internal storage 16 GB. Dengan komposisi tsb, performa yang dihasilkan sudah cukup untuk kebanyakan pengguna meski terbilang sangat biasa untuk saat ini. Hasil pengujian dengan benchmark AnTuTu, Zenfone Max mendapat score sekitar 25 ribu, cukup lumayan.

Network & Konektivitas

Zenfone Max dibekali dua slot SIM dan keduanya mendukung jaringan 4G LTE namun tentu yang bisa digunakan hanya satu dalam satu waktu alias tidak bisa berbarengan. Pengaturan SIM tersedia dan relatif mudah digunakan. Fitur konektivitas relatif standar seperti tersedianya WiFi, WiFi Tethering, Bluetooth, micro USB port, dan juga mendukung USB OTG. Fitur infrared dan NFC yang tidak terlalu dibutuhkan bagi banyak pengguna pun tidak tersedia.

Kamera 13 MP dengan Laser Autofocus

Zenfone Max mewarisi tipe-tipe Zenfone series lainnya dimana menggunakan kamera yang dilengkapi banyak fitur. Mengusung teknologi yang dinamakan PixelMaster 2.0, kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan aperture cukup lebar f/2.0. Laser Autofocus yang tersedia bisa menambah keakuratan bidikan serta mempercepat mengambil gambar yang tajam. Untuk membantu mengambil foto di kondisi gelap, tersedia Dual Tone LED Flash. Dengan aperture yang diusung serta fitur yang melengkapi kamera Zenfone Max, tanpa bantuan lampu kilat pun kita masih bisa mengambil gambar di kondisi kurang cahaya dengan hasil lebih terang. Perekaman video bisa dilakukan hingga resolusi FullHD 1080p 30fps.

Asus-Zenfone-Max

Efek serta mode yang dibenamkan pada fitur kameranya tergolong lengkap bahkan Anda bisa mengatur beberapa setting sesuai selera untuk mendapatkan foto yang paling sesuai dengan harapan, terutama bagi photography enthusiast. Kamera depannya menggunakan resolusi 5 MP yang dibekali beberapa efek serta memiliki sudut pengambilan yang luas. Aperture kamera depannya juga selebar kamera utama yakni f/2.0.

Baterai Max

Berjenis Li-Polymer, kapasitas 5000 mAh terbilang sangat besar meski Zenfone Max bukan satu-satunya pemain di kategori ini. Namun dengan bandrol 2,5 jutaan, Zenfone Max tetap sangat menarik jika Anda tidak suka membawa power bank ketika bepergian. Untuk mengoptimalkan penggunaan baterai, Asus juga menyediakan fitur Power Saving dan Super Saving yang bisa Anda aktifkan sesuai kebutuhan.

Berdasar klaim dari Asus, Zenfone Max memiliki daya tahan baterai yang menurut kami terbilang impresif. Zenfone Max dapat digunakan untuk telpon selama 37.1 jam, browsing web hingga 32.5 jam, memutar video hingga 22.6 jam, dan hingga 79.7 jam untuk memutar musik. Tentu daya tahan baterai akan berbeda-beda tergantung penggunaan masing-masing. Namun jika klaim Asus tsb mendekati kondisi penggunaan normal, maka smartphone ini masuk dalam jajaran smartphone dengan daya tahan baterai terbaik saat ini.

Harga-Asus-Zenfone-Max

Jika Anda memiliki lebih dari satu smartphone, Zenfone Max ini juga memungkinkan untuk menjadi sumber daya alias power bank dengan kabel USB OTG-nya. Dalam kondisi tertentu, kadang kita sangat membutuhkan fitur transfer daya antar smartphone ini.

KESIMPULAN

Dengan spesifikasi dan fitur yang diusung serta menimbang beberapa faktor, Asus Zenfone Max tergolong sangat menarik dan worth to buy. Meski performa hardware-nya biasa, namun berkat fitur kamera, baterai besar, layar lega, serta beberapa fitur menarik lainnya, menjadikan smartphone ini memiliki value for money yang baik.

Kelebihan Asus Zenfone Max:

  • Layar lega dan berkualitas
  • Desain menarik meski agak sedikit membosankan
  • Fitur kamera cukup oke di kelasnya
  • Performa cukup memadai
  • Kapasitas baterai jumbo

Kekurangan/ Kelemahan Zenfone Max:

  • Baterai non-removable
  • Performa biasa saja menimbang banyak rival yang lebih bertenaga
  • Material body belum metal
  • Bobot relatif berat
SHARE

LEAVE A REPLY