Sebagian dari kita mungkin belum tau; ada paket internet apa saja yang dimiliki Telkomsel Flash dan juga bagaimana cara membelinya. Terkadang, website resminya tidak menampilkan info secara lengkap. Jenis paket dan ketentuan pun kadang berubah, itulah kenapa di internet banyak artikel-artikel tentang paket internet Telkomsel Flash.

Berdasarkan pengalaman beberapa tahun menggunakan Telkomsel Flash sebagai paket internet yang saya gunakan, di halaman ini akan saya coba sharing infonya untuk anda semua.

Kita hanya akan fokus di kartu Pra Bayar termasuk di dalamnya ada kartu AS, kartu simPATI, dan kartu Loop. Untuk kartu Halo, saya belum pernah coba gunakan.

Pada dasarnya, paket regular Telkomsel Flash bisa dibeli di kartu AS, simPATI, ataupun Loop. Hanya terkadang ada perbedaan kuota dan harganya, tidak terlalu banyak. Lalu apa yang membedakan tiga kartu tsb? Dari yang saya pribadi rasakan, kualitas internetnya sedikit berbeda, maksimal speed-nya juga berbeda, namun secara rata-rata, ketiganya tergolong kencang.

Apa lagi perbedaannya? 

Masing-masing jenis kartu biasanya punya paket internet promo yang berbeda. Di kartu simPATI biasa (non 4G) misalnya, terkadang ada promo paket murah 7rb untuk 500MB berlaku 1 bulan, dan paket ini tidak tersedia di kartu simPATI 4G, AS, ataupun Loop. Mungkin bisa dibeli menggunakan dialing khusus, *363*xx#, tapi agak cukup sulit menemukan 2 angka setelah 363-nya.

Paket-paket promo yang tertera di menu *363# pun seringnya berbeda antara 3 kartu Pra Bayar Telkomsel tsb. Namun paket regularnya tetap mirip bahkan sama.

Khusus untuk kartu Loop, menu paket internetnya lebih banyak. Di Loop, kuota midnight masih tersedia dengan harga yang tergolong murah. Sayangnya, saat ini Telkomsel memberlakukan ketentuan baru untuk jam midnight, dari tadinya 9 jam, menjadi 7 jam saja, dan jam 12 malam hingga 7 pagi.

Selain paket yang bisa dibeli di menu *363#, kita juga bisa membeli paket khusus yang didaftarkan oleh counter HP langsung ke nomor kita. Harga paket biasanya lebih murah dibanding menu *363# dengan bonus yang lebih banyak. Misalnya ada paket harga 100 ribu, kita mendapatkan kuota 4 GB 3G + 10 GB 4G. Jika langsung membeli di *363#, kita harus membayar sekitar 150 ribu.

Ada beberapa paket murah Telkomsel yang bisa diakses oleh kartu-kartu tertentu, harganya sangat murah, bahkan bisa 1/3 dari harga paket normal di *363#, namun paket-paket seperti ini tidak berlaku untuk semua pengguna dan sering tiba-tiba hilang. Untuk saat ini, akan saya tampilan paket regular dari masing-masing kartu.

Paket Internet Kartu simPATI (4G), 2016

kartu-simpati

Dari pengalaman saya pribadi, kartu ini cenderung memiliki speed internet yang lebih tinggi dibanding AS dan Loop. Jika kita mengakses menu *363#, akan tertera pilihan berikut;

  1. Hot Offer
  2. FLASH Regular
  3. simPATI GIGAMAX
  4. FLASH 4G-LTE
  5. Smartphone/TAU
  6. FB/MiniXpress/Gift/SosMax
  7. BB
  8. Cek status/Berhenti

Kita hanya akan fokus di menu yang paling penting.

paket-internet-kartu-simpati

Hot Offer: biasanya menampilkan paket internet Telkomsel Flash yang paling laris/hot, walaupun belum tentu cocok untuk kita, saya pribadi sepertinya belum pernah ada yang cocok dengan pilihan di nomor 1 ini.

FLASH Regular adalah paket yang paling utama dan gak neko-neko. Saat ini paket akan dibagi 2, kuota 3G, dan bonus kuota 4G dimana kuotanya sering lebih besar. Ada pilihan harian, mingguan, atau bulanan. Harganya di sini terbilang standar Telkomsel alias cukup tinggi dibanding paket promo-nya. Namun prioritas internetnya juga paling tinggi, akan sangat jarang kita menemui problem koneksi. Harga 1 GB 3G + 1 GB 4G 30 hari di sini mulai 50 ribuan, kalau di lokasi saya harganya 57500, hampir 60 ribu, hanya dapat 1 GB 3G.

simPATI GIGAMAX adalah paket yang menggabungkan kuota internet biasa dengan kuota nonton video lewat VIU/HOOQ. Saya belum pernah sama sekali beli paket ini dan saya yakin gak akan pernah, kecuali salah daftar 😀 Paket ini tidak direkomendasikan, selain karena paket internet 3G biasanya kecil, juga nantinya kalian kebanyakan nonton video, sayang waktu guys! Tapi bagi yang sudah bisa menikmati jaringan 4G, paket ini cukup recommended karena bonus kuota 4G-nya terbilang besar. Ambil contoh paket 119 ribu, maka kita akan mendapatkan 2GB 3G, 8GB 4G, 10GB kuota video VIU/HOOQ, dan bonus pulsa. Ingat ya, instruksi download VIU/HOOQ harus mengikuti ketentuan Telkomsel agar bisa digunakan kuota videonya.

Smartphone/TAU: Paket ini tidak bisa dinikmati semua orang, saya pribadi pernah merasakan hingga 6 kali pembelian, lalu tidak bisa lagi membeli.

Untuk paket lainnya lebih cocok untuk pengguna yang lebih khusus kebutuhannya.

Paket Internet Kartu AS, 2016

kartu-as

Harga paket internet di kartu AS seringnya lebih murah mahal dibanding simPATI, begitu juga speed yang tidak sekencang kartu simPATI. (Saya sejujurnya bingung kenapa kartu AS begitu dianaktirikan, mungkin karena kartu AS sering dikasih promo). Banyak paket yang masih recommended di kartu AS, terutama paket promo yang super murah. Kita bisa mendapatkan kuota 6 GB 3G dan 5 GB 4G dengan harga cuma 50 ribu.

paket-internet-murah-telkomsel-kartu-as

Jika kita akses menu paket internet kartu AS di *363#, menu yang tersedia sebenarnya masih sangat mirip dengan menu di kartu simPATI namun tentu ada perbedaan, penempatan paket juga berbeda. Misalnya di paket regular bulanan, kartu AS menawarkan jenis paket lebih banyak, walaupun sebenarnya gak terlalu penting menurut saya. Lalu paket AS GIGAMAX yang ditempatkan di menu nomor 1;Hot Offer.

Paket regular kartu AS kebanyakan sedikit lebih mahal dibanding simPATI, itu yang sering saya perhatikan. Karena itulah yang recommended dari kartu AS saat ini adalah paket murahnya. Biasanya diakses melalui tambahan angka *55#, namun saat artikel ini ditulis, menu paket murah kartu AS langsung tampil.

Paket Internet Kartu Loop, 2016

kartu-loop

Paket internet di kartu Loop bisa dibeli melalui akses ke *363# lalu ada dua pilihan, bisa juga langsung ke *567# untuk khusus paket Loop.

Ada beberapa paket internet kartu Loop terbaru, termasuk paket midnight 2 GB dan 5 GB dimana sebelumnya hilang dari kartu AS dan simPATI dimana membuat banyak orang “marah.”

Paket internet di kartu Loop sangat banyak, amat sangat banyak banget. Lumayan, kalau ada yang salah beli kan bisa menambah keuntungan.

Paket yang biasa saya beli di kartu Loop adalah paket regular dengan harga mulai 50 ribu (biasa Rp 62.500 di lokasi saya membeli), mendapatkan 1.2 GB di waktu normal dan 11 GB di waktu midnight, baru-baru ini ditambah bonus 1 GB 4G.

Di kartu Loop, paket yang tersedia benar-benar spesifik, ada yang harganya sangat murah, ada yang cukup murah, kalau mau yang mahal juga ada karena paket regular Telkomsel Flash juga bisa dibeli di kartu Loop. Paket regular di Loop sangat mirip dengan simPATI, itu kenapa saya sering salah ucap; simPATI Loop.

paket-internet-kartu-loop

Untuk Anda yang bingung mau beli yang mana, jelajahi saja satu persatu menu yang ada, yang recommended sebenarnya tetap paket yang paling dekat ke regular, dalam hal ini, ada di menu “Internet Loop” (*567# >> Internet). Akan terlalu panjang jika kita bahas semua menu paket yang ada di Loop.

Bagaimana Cara Membeli Paket Internet Telkomsel Flash?

Cara yang termudah adalah langsung akses ke *363#, pilih paket yang paling cocok, lalu teruskan memilih menu pembelian. Ada yang langsung terdaftar paketnya, ada yang melalui konfirmasi SMS terlebih dahulu. Yang penting, pastikan kalian sudah memiliki kuota internet melalui pengecekan di *889# sebelum menggunakan internet, dan pastikan  fitur Mobile Data pada smartphone anda dalam posisi OFF ketika tidak memiliki paket internet.

*Paket internet Telkomsel Flash sangat sering mengalami perubahan, informasi di atas juga suatu saat bisa tidak relevant lagi. Semoga membantu dan selamat berinternet ria, tapi hati-hati ya di internet!

4 COMMENTS

    • Tekan *567# di kartu Loop, pilih internet, pilih Internet Loop, lalu pilih OnLoop Holic, pilih menu aktifkan. Akan ada sms masuk, balas sesuai instruksi. Harganya kalau di Bekasi 62.500 rupiah.

LEAVE A REPLY