Setelah mengalami penurunan dalam penjualan beberapa tahun terakhir, BlackBerry akhirnya melakukan strategi yang cukup kontroversial. BlackBerry yang kita tau memiliki OS sendiri, biasa disebut BlackBerry OS, hanya soal menunggu waktu, BlackBerry akan meluncurkan smartphone pertamanya yang menggunakan OS Android.

Apa saja informasi yang menjadi rumor tentang Blackberry Priv, simak beberapa rumor dan fakta yang PMC kumpulkan berikut.

Harga BlackBerry Priv

BlackBerry-Terbaru-2015---2016

Smartphone BlackBerry Android ini dibekali spesifikasi dan fitur kelas atas. Ditambah dengan curved edge screen, harga Priv pastinya masuk ke kelas high-end. Bocoran harga BlackBerry Priv datang dari China dimana konon smartphone ini akan dibandrol di kisaran harga $630 atau kalau dirupiahkan menggunakan kurs 13 ribu, maka harga di Indonesia akan berkisar di Rp 8.190.000,- atau 8 jutaan.

Spesifikasi dan Fitur BlackBerry Priv

Seperti kita lihat dari foto-foto yang tersebar, BlackBerry Priv menggunakan desain sliding dengan tombol qwerty fisik yang menyimpan fitur fungsional. Sisi layarnya yang curved tampak seperti seri Galaxy Edge.

Hands-On-BlackBerry-Priv

Layar: Priv dikonfirmasi menggunakan layar ukuran 5.4 Inches dimana termasuk besar bahkan jika dibandingkan flagship Android smartphone yang ada saat ini. Layar 5.4 Inches tsb menggunakan resolusi QHD 1440 x 2560 piksel dengan pixel density bekisar di 544 ppi. Berdasarkan first impression, layar priv ini menyajikan tampilan yang sangat tajam, seperti seharusnya sebuah flagship.

OS: Saat ini, Priv confirmed menggunakan Android OS versi Lollipop 5.1.1. menurut kami cukup besar kemungkinan nantinya akan segera tersedia update ke Marshmallow setelah diluncurkan. Fitur yang dibenamkan yang utama adalah fitur security untuk menjamin privasi pengguna Priv aman dari tangan-tangan jahil.

Hardware: BlackBerry Priv menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 808 seperti yang digunakan LG G4 dan beberapa smartphone Android flagship lainnya. CPU memiliki 6 core (Hexa-core) dengan Dual-core berkecepatan 1.8 GHz Cortex A57 dan Quad-core 1.44 GHz Cortex A53. GPU yang digunakan adalah Adreno 418.

Mengikuti CPU kelas high-end, RAM smartphone ini berkapasitas 3 GB serta internal storage 32 GB yang masih bisa diekspansi menggunakan microSD.

Fitur kamera BlackBerry Priv cukup berkelas meski berdasarkan pengujian autofocus-nya tidak secepat Galaxy Note5. Di body belakang konon tersedia kamera 18 MP dengan OIS, Autofocus dan tentu saja LED Flash. Sedangkan di depan resolusi kamera selfie-nya pun cukup tinggi, 5 MP. Update; Kamera depan Priv kabarnya menggunakan resolusi 2 MP.

Fitur-fitur lainnya relatif standar smartphone termasuk di dalamnya koneksi WiFi, Bluetooth v4.1, GPS, microUSB, dll. Belum ada konfirmasi apakah dibekali NFC atau tidak.

Penyedia daya konon BlackBerry Priv ini dibekali baterai kapasitas besar yakni 3410 mAh. Ini merupakan berita baik mengingat banyak smartphone flagship yang cenderung ‘pelit’ untuk memberikan kapasitas baterai yang besar.

Bagi yang merindukan handphone sliding, BlackBerry Priv akan menjadi satu-satunya yang sangat memikat untuk dimiliki. Bukan hanya keyboard qwerty fisik namun spesifikasi dan fitur handal membuat smartphone ini almost perfect. Smartphone ini juga konon akan menentukan jalan Blackberry ke depan, apakah akan meneruskan untuk memproduksi smartphone, atau hanya akan fokus di pengembangan software saja.

PMC have a good feeling about BlackBerry Priv anyway. Pre-Registration sudah dibuka, kita tunggu kehadirannya di Indonesia yang kami yakin akan mulai di awal tahun depan. Semoga bisa lebih cepat.

Update: Untuk pasar beberapa negara tertentu, BlackBerry Priv akan mulai dikirimkan ke konsumen pada pertengahan November 2015.

Video promo BlackBerry Priv hari ini meluncur, simak videonya berikut.

Source, Source Images: Reddit.

SHARE

LEAVE A REPLY