Membeli printer adalah salah satu bentuk investasi pada uang Anda. Dengan memiliki printer pribadi, Anda bisa menghemat banyak rupiah karena bisa lebih irit secara keseluruhan. Tentunya ini berlaku untuk Anda yang relatif sering memiliki kebutuhan “nge-print” dokumen, foto, atau scan data-data dan koleksi foto.

Untungnya, banyak tersedia printer berkualitas di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau. Beberapa pilihan bahkan sudah dilengkapi dengan cartridge atau tinta dalam paket penjualan. Anda bisa memilih untuk isi ulang dengan cara inject tinta, atau yang lebih baik langsung mengganti cartridge dengan yang baru. Kedua pilihan isi ulang dapat Anda kondisikan sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Saat ini, tersedia printer dari merk yang sangat kita kenal dengan bandrol harga hanya 400 ribu bahkan lebih murah. Tak perlu khawatir dengan kualitas produk karena sudah banyak yang membuktikan ketangguhan printer dari merk terkenal meski harganya sangat terjangkau. Penulis sendiri pernah merasakan keawetan printer murah harga 500 ribuan hingga bertahun-tahun tanpa ada masalah berarti.

Di halaman ini PMC sajikan beberapa pilihan printer harga terjangkau mulai 400 ribuan hingga 600 ribuan saja. Tentunya Anda masih bisa memilih printer dengan harga lebih mahal yang relatif lebih baik bahkan hingga puluhan juta jika memang dibutuhkan untuk skala penggunaan tertentu.

1. HP Deskjet 1010

HP Deskjet 1010 Printer Inkjet termurah

Harga baru: Rp 425.000 (Harga diskon bisa di bawah 400 ribu)

Jangan terkecoh dengan harga murah di bawah 500 ribu. Printer Inkjet dari perusahaan raksasa Amerika ini sama sekali tak bisa diremehkan untuk meng-handle urusan printing Anda. Untuk mencetak dokumen tugas sekolah, paper kampus, bahkan pekerjaan kantor skala kecil tidak akan memberatkan HP Deskjet 1010. Bahkan printer ini juga bisa mencetak gambar, foto, atau dokumen berwarna. Kecepatan print baik hitam putih ataupun berwarna printer ini sudah lebih dari cukup untuk pengguna kelas consumer. Ukuran kertas maksimal untuk HP Deskjet 1010 adalah standar A4. Printer ini dapat berjalan pada OS Windows 8, 7, Vista, bahkan XP.

2. HP Deskjet 1510 All-in-One

HP Deskjet 1510 All-in-One Printer Murah

Harga baru: Rp 630.000,- (Harga diskon bisa di bawah 600 ribu rupiah)

Sedikit lebih mahal, Anda bisa mendapatkan printer murah jenis Inkjet dengan fitur tambahan scan dan copy. Bagi yang memiliki kebutuhan scanning dokumen atau bahkan foto, setidaknya Anda bisa memanfaatkan kemampuan scan HP Deskjet 1510 All-in-One. Kemampuannya pun sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan dasar kebanyakan pengguna pada umumnya. Kualitas scan pun cukup baik di kelasnya dengan dpi 1200.

HP Deskjet Ink Advantage 1515 All-in-One

HP Deskjet Ink Advantage 1515 All-in-One Printer dengan Scan dan Copy Murah

Seri lebih tinggi ini memiliki sedikit kelebihan dibanding seri di atas. Harganya pun hanya berbeda sekitar 50 – 80 ribuan rupiah. Printer ini memiliki kelebihan pada penggunaan tinta yang relatif lebih irit serta kecepatan yang sedikit lebih baik.

3. OKI B2200

OKI B2200 Printer Laserjet Termurah

Harga baru: Rp 650.000,- (Harga diskon bisa di bawah 600 ribu)

Printer ini merupakan salah satu printer laser termurah di pasaran saat ini. Kualitas hasil print-nya sudah dibuktikan berkualitas. Dibandingkan printer Inkjet, printer laser memiliki kelebihan pada kecepatan yang relatif lebih baik serta pengeluaran untuk tinta/toner yang relatif lebih irit secara keseluruhan. Namun printer ini merupakan printer mono yang artinya Anda hanya bisa mencetak hitam putih tanpa warna lainnya. Cocok untuk Anda yang lebih sering print dokumen biasa tanpa warna.

4. Canon Pixma iP2770

CANON PIXMA iP2770 printer murah berkualitas

Harga baru: Rp 671.000 (Harga diskon bisa 600 ribuan)

Pilihan printer murah dari Canon dengan hasil printing berkualitas. Printer Inkjet ini dapat mencetak halaman hitam putih dan bisa juga halaman dengan warna. Beberapa fitur atau kelebihan yang dimiliki printer ini antara lain kemampuan untuk printing foto tanpa border (borderless) dan teknologi Print Head Fine yang membantu menghasilkan kualitas printing yang lebih baik.

5. Canon Pixma E400

CANON PIXMA E400 Printer dengan Scan dan Copy Termuah dari Canon

Harga baru: Rp 800.000,-

Pilihan printer dengan scan dan copy dari Canon ini memiliki fitur seperti pilihan dari HP sebelumnya. Kecepatan yang cukup baik untuk kelas printer multifungsi di bawah 1 juta, hasil print dan scan cukup berkualitas, serta brand yang terkenal dengan hasil cetak warna yang cemerlang, bisa menjadi alasan Anda untuk memilih printer ini.

Itulah 5 pilihan printer termurah di pasaran dengan kualitas yang tak bisa diremehkan. Untuk mengurus kebutuhan printing kelas consumer di rumah, baik itu untuk tugas sekolah, paper, dan pekerjaan kantor bisa diatasi. Semua pilihan di atas mampu menampung ukuran kertas hingga standar A4, termasuk ukuran Legal dan lainnya. Selain membeli printer, Anda juga perlu menghitung pengeluaran membeli cartridge jika tidak disertakan dalam penjualan, atau untuk mengganti cartridge yang sudah habis. Tentunya ada pilihan isi ulang cartridge dengan tinta inject (suntik) meski tidak terlalu disarankan karena hasil printing yang lebih rendah serta lebih merepotkan. Semua printer di atas memiliki garansi distributor rata-rata 1 tahun. Jika pemakaiannya tidak sembrono, relatif jarang terjadi kerusakan printer di tahun-tahun awal.

Semoga pilihan printer murah berkualitas di atas bisa membantu Anda menemukan yang paling cocok. Selamat berbelanja 🙂

SHARE

26 COMMENTS

  1. Printer murah kan biasanya cartridge-nya yang mahal. Semoga di hargaprintermurah.com bisa menyediakan yang tinta atau tonernya juga murah. Untuk printer laser, ternyata sekarang ada yang di bawah 1 juta juga lho, bermerek lagi.

    • Kalau yang pake aplikasi (biasanya harus versi premium biar gak ada watermark), ambil contoh, StarPrint app, merk HP dan Canon di atas Support print lewat android device. Device/tablet tentunya harus dukung USB OTG.

      Kalo yang ngeprint langsung tanpa bantuan laptop atau aplikasi ketiga, lebih baik cari yang udah support wifi/wireless, jauh lebih mudah, tapi tetep harus install aplikasi official, merk HP recommended.

      Kalau menggunakan cloud printing dengan bantuan laptop/pc yang terhubung ke internet, bisa juga, tapi jadi gak penting lagi karena lebih nyaman langsung lewat pc.

  2. Saya pnya usaha sampingan agen travel…..sy butuh printer yg cocok utk cetak :…struk pln..struk tiket .. struk pjs ..dll..
    Cocok nya printer merk apa ? Hrg nya bbrp ?cara perawatannya mudah
    Mengingat sy hanya ibu rt……..
    Terimakasih….

    • untuk cetak struk begitu, printer harusnya yang memang didesain untuk begitu, harga ideal mulai 2 jutaan (yang lebih murah ada tapi merk kurang kredibel). Tapi karena harus untuk ngeprint tiket juga, sebaiknya minimal cari yang printer laser. merk HP cukup direkomendasikan.

      Kalau pakai printer inkjet, hasil print akan mudah luntur kalau basah, itu kenapa mesti yang printer laser. Selain itu printer laser juga lebih cepat dan biasanya lebih awet.

      Ada dua pilihan juga, laser mono atau berwarna, ini disesuaikan saja, apakah hasil print harus berwarna atau tidak, harga yang mono (hitam/putih) lebih murah.

      Harga tentu kembali ke budget, mulai 1 jutaan sudah ada, bahkan di bawah 1 juta. yang lebih mahal lebih bagus, idealnya mulai 2 jutaan. Baiknya dateng saja ke toko printer, atau ke agen travel, lihat printer apa yang mereka gunakan.

LEAVE A REPLY