Ponsel Android Nokia meskipun baru memiliki tipe yang terbatas bahkan dengan OS Android yang masih rasa Windows, ternyata cukup menyita perhatian kaum gadget seluruh dunia. Penasaran mungkin menjadi faktor nomor satu, apakah ponsel Android Nokia dibandrol harga murah dengan spesifikasi yang bagus, atau sebaliknya, atau biasa saja?!

Nokia XL adalah Nokia Android dengan harga terjangkau dengan layar lebar, melengkapi Nokia X sebagai versi lebih murahnya. Berapa harga Nokia XL?

Harga Nokia XL

Harga Nokia XLNokia Xl diluncurkan dengan bandrol yang sangat menarik yakni Rp 1.999.000,- atau 2 Juta rupiah. Di rentang harga 2 Jutaan ini terdapat pilihan alternatif lain diantaranya Samsung Galaxy Ace 3, Galaxy Core, HTC Desire 300, LG L70, Lenovo A859, dan IMO Raptor. Pilihan dari HTC, LG dan Samsung menawarkan spek yang relatif tidak jauh berbeda, sedangkan dari Lenovo dan IMO terlihat perbedaan kelas hardware yang cukup jauh karena dua alternatif ini dibekali prosesor Quad-core. Nokia juga memberikan penawaran khusus untuk Nokia XL dengan harga mulai dari Rp 1.849.000,-

Desain Nokia XL

Tak bisa dipungkiri, desain Nokia XL yang mengikuti khas dari ponsel premium Nokia tampak elegan, berkelas, dan terlihat sangat solid. Cover belakang menggunakan material polikarbonat yang diberi finishing doff. 190 gram adalah bobot yang cukup berat di kelas layar 5″, namun hal ini juga membuatnya mantap saat digenggam. Untuk Anda yang suka dengan warna cerah pun dapat bersuka hati karena cover belakang Nokia XL dapat diganti dengan mudah, dalam penjualan tersedia 6 macam pilihan warna yakni Hijau, Hitam, Jingga, Biru Sian, Kuning, dan Putih.
Harga Nokia XL
Layar Nokia XL

Ponsel Android 2 Jutaan ini menggunakan layar berukuran 5-inci dengan IPS LCD untuk memberikan sudut pandang luas. Resolusi yang dibawanya terbilang standar saja yakni 480 x 800 px atau sekitar 187 ppi pixel density. Layar ini juga dilengkapi fitur double tab untuk mengaktifkan ponsel dari kondisi terkunci. Fitur Glance Screen juga bermanfaat untuk menampilkan info waktu dan notif dengan daya sangat rendah ketika kondisi terkunci.

Hardware dan OS

Spesifikasi perangkat keras Nokia XL sangat mirip dengan Nokia X kecuali baterai dan memory RAM. Mulai dari Prosesor Dual-core 1 GHz Cortex A5 Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play, Adreno 203 GPU, 768 MB RAM, 4 GB Internal storage, slot microSD hingga 32 GB, dan Li-Ion 2000 mAh.

OS Nokia XL menggunakan Android Jelly Bean v.4.1 namun dengan UI Nokia X Platform 1.0. Sebenarnya tampilan UI Nokia X tidak jelek tapi Anda butuh sedikit adaptasi untuk membiasakan. Fitur menu, notif, dan fastlane memberikan kemudahan bagi penggunanya. Untuk download aplikasi dapat melalui Nokia Store atau dengan install manual file APK.
Spesifikasi Nokia-XL-Dual-SIM
Network dan Data

Nokia XL menggunakan jaringan GSM dengan kemampuan Dual SIM. Untuk akses internet menggunakan jaringan 3G HSDPA 7.2 Mbps dan HSUPA 5.76 Mbps, EDGE dan GPRS, serta WiFi tentunya. Bluetooth v3.0 dan microUSB tersedia untuk transfer data antar device.

Kamera Nokia XL

Nokia XL dibekali fitur kamera yang lebih baik dari adiknya Nokia X. Dimulai dari kamera belakang resolusi 5 MP dengan fitur Autofocus, LED Flash, Panorama, Face Detection, dan rekam video 864 x 480 30fps. Sedangkan untuk kebutuhan video chat atau berfoto Selfie, Nokia XL dilengkapi kamera depan resolusi 2 MP dan rekam video HD 1280 x 720. Melihat hasil kamera para pengguna, gambar yang dihasilkan cukup bagus, tajam, dan minim noise.

KESIMPULAN

Jika Anda mengharapkan spesifikasi yang tinggi pada ponsel ini, nampaknya Anda akan sedikit kecewa karena rival dari Lenovo dan IMO memberikan spek yang lebih baik. Namun jika Anda merindukan build quality khas Nokia yang baik, desain elegan, dan tampilan serta kustomisasi yang tidak seperti Android kebanyakan, maka Nokia XL cocok untuk Anda, apalagi harganya pun bersahabat dengan kantong.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia XL

– Kelebihan Nokia XL: Desain dan build quality bagus, harga termasuk terjangkau bahkan dibanding semua rival dari merk lainnya, fitur cukup lengkap.

– Kekurangan Nokia XL: Spesifikasi biasa saja dan tergolong kelas low-end namun dibandingkan beberapa rivalnya masih setara, RAM kurang besar.



Terms: hp nokia layar lebar, nokia android layar lebar

LEAVE A REPLY