Beberapa bulan ke depan, sepertinya kita akan disuguhi beberapa smartphone kelas menengah-atas dengan fitur kamera selfie yang setingkat lebih baik. Meskipun kamera selfie berkualitas sudah dihadirkan sejak beberapa tahun lalu oleh beberapa vendor termasuk Oppo, HTC, dan Sony, namun nampaknya tren kamera selfie kualitas tinggi waktu itu belum sepopuler saat ini.

Lihatlah Oppo F1, F1s, dan F1 Plus, smartphone tsb difokuskan untuk penggemar selfie berkualitas berkat resolusi sangat tinggi dan fitur beautify yang lebih canggih. Kemudian ada Vivo V5 yang membawa resolusi kamera depan bahkan lebih tinggi lagi dengan resolusi 20 MP.

Namun ponsel-ponsel pintar di atas bukanlah untuk kelas flagship alias masih kelas menengah premium. Berbeda dengan OnePlus 3T yang baru diluncurkan, smartphone flagship killer ini merupakan seri teratas dari vendor asal China tsb.

harga-oneplus-3tHarga OnePlus 3T masih tergolong murah jika dibandingkan dengan spesifikasi dan fitur yang diusung. Harganya mulai dari 5,7 jutaan rupiah untuk versi 64 GB storage, dan 6,2 jutaan untuk versi 128 GB. Sayangnya, meski harga OnePlus 3T tergolong sangat terjangkau di kelasnya, namun di Indonesia kita agak kesulitan mendapatkan unitnya. Mudah-mudahan tahun depan ada perusahaan yang berbaik hati untuk bekerja sama memasukkan ponsel ini secara resmi ke Indonesia. Semoga saja.

OnePlus 3T dibekali hardware utama kelas tertinggi. Ponsel yang menggunakan OxygenOS berbasis Android Marshmallow ini dibekali chipset Snapdragon 821 dimana merupakan chipset terbaik saat ini dari Qualcomm. Prosesornya terdiri dari 4 inti atau quad-core dengan clockspeed 2×2.35 GHz dan 2×1.6 GHz. Adreno 530 sudah terbukti merupakan GPU yang sangat tangguh menjalankan berbagai 3D games modern. Kapasitas RAM 6 GB jenis LPDDR4 pun mendukung kinerja hardware semakin maksimal. Tersedia dua pilihan kapasitas penyimpanan berjenis UFS 2.0 yang juga digunakan oleh Galaxy S6, 64 dan 128 GB.

spesifikasi-oneplus-3t

Layarnya sendiri menggunakan jenis layar yang mereka sebut Optic AMOLED dengan ukuran 5.5 inch resolusi 1080 x 1920 piksel atau sekitar 401 ppi pixel density. Layar tersebut dilapisi lapisan kuat Corning Gorilla Glass 4. Tampilan layar AMOLED tentunya akan terlihat lebih menakjubkan dan lebih jelas ketika digunakan di bawah terik matahari berkat brightness dan contrast yang tinggi.

Lalu kita kembali ke fitur yang paling diunggulkan, kamera utama OnePlus 3T menggunakan resolusi 16 MP dari sensor Sony IMX 298. Dilengkapi juga dengan fitur-fitur yang kekinian khas ponsel kelas atas termasuk phase detection autofocus, OIS (Optical Image Stabilization), EIS (Electric IS), dan LED Flash tentunya. Lensa dengan bukaan aperture f/2.0 tersebut bisa mengambil foto dalam format RAW serta mampu merekam video hingga resolusi 4K dan Slow motion pada 720p@120fps. Lensa kamera belakangnya dilindungi oleh Sapphire Crystal lens cover yang terbukti sangat kuat.

kelebihan-oneplus-3t

Kamera depannya pun tidak kalah, dengan resolusi yang sama 16 MP dan aperture f/2.0, sensor yang digunakan adalah Samsung 3P8SP. Kamera untuk selfie/ grouphy ini dibekali juga dengan fitur phase detection autofocus, membuat hasil fotonya akan jauh lebih berkualitas dan kreatif dibanding kamera fixed-focus seperti kebanyakan smartphone saat ini. Untuk rekam videonya sendiri masih mengandalkan resolusi maksimum 1080p@30fps. Pengambilan video juga bisa lebih stabil berkat fitur EIS yang juga disertakan untuk kamera selfie-nya.

Fitur lainnya tentu tergolong lengkap termasuk kelengkapan sensor; Fingerprint, Hall sensor, Accelerometor, Gyroscope, Proximity, Ambient light, dan Electronic Compass. Kemudian dilengkapi juga dengan USB Type C, WiFi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, NFC, dan GPS.

oneplus-3t-hp-android-dengan-kamera-selfie-terbaik

Dengan performa hardware kelas atas, tentu kebutuhan dayanya akan sangat dibutuhkan bisa bertahan lebih lama, dan OnePlus pun menaikkan kapasitas baterai 3T menjadi 3400 mAh (non-removable). Baterai ini didukung dengan fitur pengisian daya super cepat hingga 4A, 5V. Pengisian selama 30 menit diklaim bisa bertahan menjalankan smartphone untuk seharian.

Secara keseluruhan, OnePlus 3T merupakan smartphone flagship terjangkau yang sangat memikat. Kelemahan smartphone ini hanya satu, kesulitan untuk mendapatkan unit resminya di Indonesia. Kita tunggu saja beberapa pekan dan bulan ke depan, bisa jadi smartphone ini akan masuk Indonesia secara resmi di 2017. Kalau tidak masuk juga, mungkin kita harus cari sendiri atau beli dari distributor tidak resmi.

LEAVE A REPLY