Samsung saat ini memiliki jajaran smartphone Android lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Beberapa seri yang belum lama diluncurkan antara lain seri Alpha yang kemudian turun ke seri A dan seri E, lalu seri J yang menempati kelas entry-level, seri yang telah lebih dulu hadir seperti seri S, Note, Grand, Core, Ace, Young, dan Star masih tetap dipertahankan.

Banyaknya seri yang dimiliki Samsung ini dapat menguntungkan konsumen karena bisa memilih seri yang paling cocok dengan kebutuhan dan tentu saja, budget. Dua seri yang 1 bulan ini menjadi smartphone terpopuler adalah Galaxy E5 dan E7 dimana menuruni seri A3, A5, dan A7 yang ternyata cukup banyak perbedaannya dibandingkan angka pada tipenya. Kali ini kita akan coba membahas khusus Galaxy E5 yang sekilas spesifikasinya tampak lebih mirip ke gabungan antara A3 dan A5.

Harga Samsung Galaxy E5

Harga-Galaxy-E5Dibandrol tidak jauh dari 3 jutaan, Galaxy E5 langsung berhadapan dengan rival yang masih seatap yakni Galaxy Grand 2 dan Galaxy A3. Tentu rival dari vendor lain pun tersedia alternatif pilihan cukup beragam.

Samsung Galaxy E5 saat ini dibandrol dengan harga Rp 3.275.000,- hingga sekitar 3.4 jutaan. Beberapa toko memberikan harga khusus dengan potongan cukup banyak sedangkan toko lainnya masih menggunakan harga ketika awal diluncurkan. Pada rentang harga tsb, alternatif dari merk lainnya antara lain Sony Xperia C3, Xperia T2 Ultra dan T3, Galaxy A3, LG G3 Beat, Oppo Mirror 3, Asus Zenfone 6, dan beberapa tipe lain dengan perbedaan harga tak jauh dari harga Galaxy E5.

Jika membandingkan dengan seluruh lini produk smartphone Galaxy, E5 masuk dalam kelas mid-level atau kelas menengah harga 3 jutaan. Bagaimana spesifikasi yang diusung, mampukah Galaxy E5 menjadi pilihan terbaik di kelas 3 jutaan?

Spesifikasi Samsung Galaxy E5

Display: Super AMOLED 5.0″ 720 x 1280 px 294 ppi
OS: Android 4.4.4 KitKat
CPU: Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 Snapdragon 410
GPU: Adreno 306
RAM: 1.5 GB
Memory: 16 GB Internal with microSD slot up to 128 GB
Network: 3G HSDPA, Dual SIM Optional
Comms: WiFi b/g/n, Hotspot, Bluetooth v4.0, microUSB v2.0, GPS, GLONASS
Rear Camera: 8 MP with autofocus and LED Flash
Front Camera: 5 MP
Battery: 2400 mAh

Samsung-Galaxy-E5-Harga

Review Samsung Galaxy E5

Design

Galaxy-A5-vs-E5
Galaxy A5 vs E5

Jika dibandingkan dengan Galaxy A3 ataupun A5, desain Galaxy E5 sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat mencolok terutama pada sudut-sudut yang jauh lebih membulat. Desain dengan sudut membulat ini sebenarnya bukan hal baru karena sejak awal Samsung merintis smartphone Android, desain yang digunakan adalah dengan sudut yang membulat. Hal ini juga merupakan salah satu kelebihan karena lebih nyaman ketika dimasukkan dalam saku ataupun ketika berada dalam genggaman. Kelemahan yang paling terlihat lebih ke rasa yang tidak se-premium seri A.

Perbedaan harga dengan Galaxy A series juga adalah karena perbedaan material yang digunakan dimana E5 tak mengikuti A3 dan A5 yang menggunakan frame metal. Meski begitu, sebenarnya tidak ada masalah berarti dengan penggunaan plastik polycarbonate untuk material utama Galaxy E5 ini.

Dengan layar 5 inci dan dimensi 141.8 x 70.3 x 7.3 mm, bobot Samsung Galaxy E5 hanya 120g berdasarkan info resmi Samsung. Dengan bobot tsb, Galaxy E5 tergolong sangat ringan, apalagi dibandingkan dengan saudara yang lebih tua, Galaxy Grand 2. Ketebalan yang hanya 7.3 mm juga memasukkan Galaxy E5 dalam daftar smartphone tipis.

Bobot yang ringan tsb dapat menjadi kelemahan sekaligus kelebihan. Kekurangan bobot ringan salah satunya adalah kurang solid ketika berada dalam genggaman, apalagi jika dioperasikan dengan dua tangan. Kelebihannya sudah jelas, menggunakan dengan satu tangan ataupun menyimpan dalam saku tidak terlalu memberatkan. Samsung Galaxy E5 tersedia dalam dua pilihan warna yakni hitam dan putih, seperti halnya Galaxy Grand series.

Display and OS

Harga-Samsung-Galaxy-E5

Inilah satu modal yang dimiliki Galaxy E5 dibandingkan dengan banyak rivalnya. Layar berjenis Super AMOLED terkenal memiliki kontras tinggi sehingga dapat menampilkan tampilan yang lebih impresif dan memungkinkan penggunaan di bawah terik matahari dengan tampilan lebih jelas. Layar Galaxy E5 memiliki ukuran diagonal 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Kerapatan piksel yang berkisar 294 ppi tentunya bukan hal buruk, apalagi dikombinasikan dengan Super AMOLED, tampilannya relatif lebih baik dibandingkan rival lainnya.

Galaxy E5 menggunakan OS Android 4.4.4 KitKat yang tentunya dilapisi dengan TouchWiz khas Samsung. Tampilannya masih mirip seperti seri Galaxy lainnya yang juga dibekali fitur-fitur pelengkap khas Galaxy. Meski tidak lengkap, Galaxy E5 dibekali fitur tambahan seperti S Planner, S Lime, Multi Window, Flipboard, Mode Privat, Smart Stay, Power Saving, dll.

Hardware

Beralih ke komponen jeroan Galaxy E5, prosesor 64-bit Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dari Snapdragon 410 dipercaya untuk menghandle semua kebutuhan performanya. GPU Adreno 306 yang digunakan pun bisa diandalkan untuk urusan grafis multimedia ataupun gaming 3D. Sedangkan RAM yang sebesar 1.5 GB, tak terlalu mengejutkan mengingat Grand 2 yang juga menggunakan RAM setara. Penggunaan untuk banyak jenis aplikasi, smartphone ini akan cukup lancar tanpa banyak kendala berarti. Hasil pengujian benchmark AnTutu, score yang didapatkan Galaxy E5 berkisar di angka 19.000, not bad.

Untuk penyimpanan data, Galaxy E5 dibekali kapasitas internal storage yang mencukupi yakni 16 GB dimana tersisa sekitar 11 GB setelah diambil untuk penggunaan sistem dan aplikasi bawaan. Jika dibutuhkan, tersedia slot microSD untuk ekspansi penyimpanan meskipun penggunaanya harus merelakan SIM kedua. Lebih detail, Galaxy E5 yang dapat menampung dua kartu SIM dan satu microSD ini hanya dibekali 2 slot, sehingga Anda harus memilih, apalah menggunakan dua kartu SIM, atau hanya satu SIM dengan microSD.

Spesifikasi-Samsung-Galaxy-E5

Akses internet broadband tersedia jaringan 3G HSPA dengan kecepatan hingga 42.2/5.76 Mbps. Untuk pengguna yang berada di luar jangkauan 3G tentunya masih dapat menggunakan jaringan 2G GPRS dan EDGE. Fitur konektivitas yang tersedia pada Galaxy E5 mencakup WiFi b/g/n, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.0, microUSB v2.o, dan WiFi Direct. Fitur premium seperti NFC belum didukung pada smartphone ini.

Untuk menopang fitur-fiturnya, Galaxy E5 dibekali beberapa sensor khas smartphone termasuk Sensor Accelerometer, Proximity, dan Hall Sensor.

Kebutuhan daya untuk semua komponen di atas dipercayakan pada baterai dengan kapasitas 2400 mAh. Baterai yang tak dapat dilepas ini menurut klaim memiliki daya tahan hingga 12 jam untuk memutar video, hingga 11 jam untuk internet menggunakan WiFi, hingga 8 jam untuk internet dengan 3G, serta hingga 16 jam untuk Talktime 3G. Dibandingkan rivalnya, Galaxy E5 memiliki daya tahan baterai yang baik.

Camera

Pada sektor ini, Galaxy E5 lebih cocok jika dibandingkan dengan Galaxy A3 yang sama-sama menggunakan kamera resolusi 8 MP di bagian belakang dan 5 MP di bagian depan. Kamera utama tsb tentunya dibekali fitur autofocus dan LED flash untuk mengambil gambar pada kondisi kurang cahaya. Selain itu, kamera utama Galaxy E5 juga mampu merekam video dengan resolusi FHD 1080p 30 fps, sedangkan kamera depan diyakini dapat merekam hingga resolusi HD 720p.

Verdict

Jika melihat spesifikasi yang diusung Galaxy E5, tampak bahwa Galaxy E5 menggunakan kelas yang setara dengan Galaxy Grand dan Galaxy A dengan beberapa perbedaan yang tak terlalu signifikan. Adapun yang paling berbeda dari ketiga seri Galaxy tsb adalah pada desain, material, dan build quality dimana masing-masing memiliki kelas berbeda. Jika Anda mencari smartphone yang IDEAL dengan brand yang tak diragukan, Samsung Galaxy E5 dapat Anda pertimbangkan.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy E5

Kelebihan Samsung Galaxy E5: Desain menarik, Layar Super AMOLED, Fitur cukup lengkap, Baterai cukup tahan lama

Kelemahan dan Kekurangan Samsung Galaxy E5: Tanpa LTE, Performa standar

Seperti dikatakan sebelumnya, Samsung Galaxy E5 merupakan smartphone ideal, tidak terlalu kurang dan tidak terlalu lebih. Cocok untuk Anda yang tidak neko-neko dalam memilih smartphone Android dan memiliki budget sekitar 3 jutaan.

SHARE

LEAVE A REPLY