Saat ini, produk massal smartphone Android termahal ditempati oleh jajaran dari Samsung. Salah satunya adalah Galaxy Note 5 atau lebih tepatnya Note5, tanpa spasi.

Smartphone flagship Samsung yang belum lama diluncurkan ini sudah bisa Anda pesan di Indonesia. Berapa harga Galaxy Note5 di Indonesia?

Salah satu toko elektronik terbesar di Indonesia menjual Galaxy Note5 dengan harga Rp 9.999.000,- dan memberikan potongan sekitar 400 ribu di bulan ini untuk varian tertentu. Harga yang mendekati 10 juta rupiah ini untuk Galaxy Note5 yang 32 GB, untuk versi 64 GB tentu lebih mahal.

Samsung Galaxy Note 5 versi 64 GB dijual di Indonesia dengan harga 1 – 1,5 juta rupiah lebih mahal dibanding versi 32 GB atau sekitar Rp 11.200.000,- s/d Rp 11.500.000,-

Penambahan S-Pen, ukuran layar, dan beberapa fitur lainnya membuat Galaxy Note5 lebih mahal sekitar 2 juta rupiah dibanding Galaxy S6 yang juga sama-sama flagship dan menggunakan chipset yang sejenis.

Apakah dengan harga Samsung Galaxy Note 5 yang mencapai 10 jutaan ini worth it untuk dibeli? Untuk menjawabnya, tentu kita harus menilik spesifikasi yang diusung dan kelebihan apa yang dimiliki.

Dan Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5

  • Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors 5.7 inches 1440 x 2560 pixels (~518 ppi pixel density)
  • Corning Gorilla Glass 4
  • Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • Fingerprint sensor (PayPal certified)
  • S Pen stylus
  • Exynos 7420 Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57
  • Mali-T760MP8
  • 4 GB RAM
  • 32/64 GB Internal Storage (NO microSD slot)
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth v4.2, GPS, NFC, microUSB v2.0, USB Host
  • 16 MP, optical image stabilization, autofocus, LED flash,
  • [email protected], [email protected], optical stabilization, dual-video rec
  • 5 MP Front Camera
  • Sensors: Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
  • Non-removable Li-Po 3000 mAh battery
  • 171 g, 153.2 x 76.1 x 7.6 mm
  • GSM/ HSPA/ LTE

Harga-Samsung-Galaxy-Note-5

Well, spesifikasinya memang bisa membuat kita takjub karena sampai detik ini, Galaxy Note5 termasuk smartphone Android terbaik di dunia. Dengan harga Samsung Galaxy Note 5 yang hanya 9,5 juta rupiah dimana setara dengan rivalnya dari HTC, kita mendapatkan smartphone yang “memiliki semuanya.” But, is it true?

Apa Galaxy Note5 tidak memiliki kekurangan? Oh NOOO… Galaxy Note5 ternyata memiliki kekurangan yang cukup penting bagi banyak orang, apa saja kekurangan Galaxy Note5?

Sebelum membahas itu, kita lihat dulu kelebihan yang dimiliki Note5, okay?!

Spesifikasi-Samsung-Galaxy-Note-5

Kelebihan/ Keunggulan Samsung Galaxy Note 5

Layar Terbaik

No argue, layar Galaxy Note5 adalah yang terbaik saat ini di kelas smartphone. Gabungan layar jenis Super AMOLED dan resolusi tinggi menjadi modalnya.

Chipset Terkencang

Processor dan GPU yang dimiliki Galaxy Note5 dimana sejenis dengan yang digunakan di S6 series, merupakan chipset terbaik saat ini. Rival terdekatnya adalah Snapdragon 820 yang hingga detik ini belum tersedia di pasaran.

Very Capable Camera

Fitur kamera Note5 juga merupakan salah satu yang terbaik, memang masih bisa diperdebatkan karena beberapa rival seperti Galaxy S6, LG G4, Xperia Z5, dan iPhone 6s juga bisa dibilang unggul di sektor ini.

Daya Tahan Baterai, Lumayan

Samsung-Galaxy-Note-5-Harga

Dibanding LG G4 misalnya, Note5 masih lebih unggul di sektor daya baterai yang digunakan. Meski layarnya sangat besar, komponen kelas wahid, dan baterai yang kapasitasnya terbilang relatif kecil, daya tahan baterainya tidak terlalu mengecewakan.

S-Pen/ Stylus

Jangan lupakan fitur yang menjadi signature Note series ini. Tidak banyak kata, fitur ini benar-benar bisa bermanfaat dan sangat membantu untuk menaikkan level produktivitas pengguna Note5.

Kelebihan-dan-Kekurangan-Samsung-Galaxy-Note-5

Kekurangan/ Kelemahan Samsung Galaxy Note 5

Sekarang mari kita ulik apa yang tidak keren dari Note5 ini.

It’s Really Big

Bagi yang menginginkan smartphone ber-stylus dari Samsung dengan spec teratas, mereka harus siap dengan dimensi Note5 yang besar dan bobot cukup lumayan. Bagi sebagian pengguna yang sudah terbiasa dengan smartphone layar besar sih ga akan ada masalah.

It’s Easy to get Slippery

Samsung-Galaxy-Note-5-CaseYup, cover belakang yang menggunakan material Glass instead of Leather membuatnya lebih mudah untuk “lepas” dari genggaman, terutama jika telapak tangan kita agak sedikit licin. Hal ini bisa disiasati dengan melapisi cover belakang dengan lapisan yang ber-grip lebih baik, tapi di Indonesia, agak susah ya menemukan yang berkualitas tinggi. Lagi pula, desain yang modern dan futuristik-nya bisa hilang kalau ditutup. Samsung menyediakan case resmi though untuk Note5.

NO microSD Card Slot

Komponen kelas wahid, kamera sangat berkualitas, tapi tidak ditunjang dengan akses untuk ekspansi penyimpanan membuat banyak orang “marah” ke Samsung. Untuk Anda ketahui, video 4K akan membutuhkan ruang yang sangat besar karena size perdetik yang juga besar, begitu juga dengan size file foto di resolusi maksimal 16MP.

Kabarnya Samsung belum bisa menemukan solusi untuk masalah perbedaan kecepatan antara teknologi internal storage dengan microSD. Jika Anda benar-benar membutuhkan kapasitas besar, bisa memilih versi 64 GB.

Pilihan-Warna-Samsung-Galaxy-Note5
Pilihan warna

NO Replaceable Battery

Untuk yang ini, masih bisa diperdebatkan karena sebagian memang membenci desain unibody, sebagian lainnya tidak begitu masalah dengan tidak adanya akses untuk melepas dan mengganti baterai.

Baterai Terlalu Kecil untuk Ukuran Body-nya

Seriously… 3000 mAh sudah bisa didapatkan di smartphone layar 5 inci. Kenapa tidak mengorbankan sedikit material dan desain untuk bisa menyisipkan baterai yang lebih besar. Ah, sudahlah… Samsung sepertinya belum mau mendengarkan banyak pendapat pengguna smartphone-nya.

Overall… Samsung Galaxy Note 5 ini masih amat sangat layak untuk dimiliki. Yah.. meskipun banyak orang yang “pindah ke lain hati” karena kelemahan yang dimiliki Note5. Bagaimana dengan Anda?

IMGs & Data: Samsung official

2 COMMENTS

  1. Wah, emang top markotop kalo liah kelebihannya, sayang gak ada slot micro SD nya. Kalo kekurangan-kekurangan yang lain sih gak terlalu masalah, mungkin 2 yang penting slot micro SD dan Baterai… Harganya menggigit juga nih gan, ingin hati memeluk gunung apa daya gunungnya lari

LEAVE A REPLY