Samsung Z2? Loh, kok gak pakai “Galaxy”, ini smartphone atau apa ya?

Samsung Z2 termasuk smartphone, namun bukan smartphone Android guys, OS yang digunakan adalah Tizen. Di India, ponsel ini sudah sangat populer. Harga murah dengan fitur lengkap adalah kelebihan Samsung Z2. Masyarakat Indonesia akhirnya akan ikut merasakan smartphone super murah Samsung ini. Tapi nanti dulu, sebelum anda memutuskan untuk beli atau engga, kita bahas sedikit spesifikasi dan fitur Samsung Z2 dulu ya, apakah smartphone ini layak dibeli atau tidak.

Dari iklan Samsung Z2 yang tayang di YouTube, sepertinya Samsung ingin menyasar pengguna handphone “jadul” di Indonesia yang jumlahnya masih sangat banyak. Padahal belum lama ini Microsoft meluncurkan Nokia 216 yang sebenarnya masih tergolong jadul namun dilengkapi beberapa fitur masa kini.

Harga Samsung Z2

Samsung sudah mengumumkan bahwa Samsung Z2 akan meluncur di Indonesia akhir pekan minggu ini dengan harga Rp 899.000. Fitur yang menjadi unggulan smartphone 900 ribu ini antara lain dukungan 4G LTE yang kabarnya sudah mendukung semua operator di Indonesia. Selain itu, fitur lain yang menarik adalah dual camera 5 MP di belakang dan VGA di depan. Tizen OS memang relatif baru meski sudah dikembangkan sejak lama. Aplikasi yang tersedia di Tizen Store sudah ribuan sehingga kita tak perlu khawatir tidak bisa menggunakan WhatsApp misalnya di smartphone ini. Aplikasi “wajib” smartphone pun kabarnya sudah terinstall di ponsel murah ini.

Spesifikasi Samsung Z2

harga-samsung-z2

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Samsung Z2, mari kita simak spesifikasi apa saja yang digunakan.

Layar, Body, dan OS

Zenfone Z2 menggunakan layar dengan ukuran compact yakni 4 inch resolusi 480 x 800 piksel berjenis TFT. Dengan bobot sekitar 127 gram dan desain yang ergonomis, Samsung Z2 akan sangat nyaman digunakan hanya dengan satu tangan. Tizen OS yang digunakan adalah racikan samsung dan sudah dilengkapi berbagai fitur yang memberikan kemudahan. Aplikasi penting sudah terinstal sehingga kita tak perlu download.

spesifikasi-samsung-z2

Tizen OS didesain agar mudah digunakan bahkan oleh pengguna smartphone baru sekalipun. Smart Interface menjamin fitur-fiturnya bisa mudah dioperasikan.

Performa Hardware

Meski harganya murah, Samsung Z2 dibekali prosesor (Spreadtrum) Quad-core 1.5 GHz, GPU Mali-400MP2, RAM 1 GB, dan storage 8 GB. Sebelum men-judge RAM terlalu kecil, ingat sekali lagi bahwa ponsel ini bukanlah ponsel Android. Dalam laman resminya, Samsung Z2 tampak sudah terinstal game Aspalt Nitro yang relatif berat. Artinya performa Samsung Z2 kemungkinan tergolong tangguh. Untuk penyimpanan data lebih besar, slot microSD tersedia. Kebutuhan dayanya ditopang baterai kapasitas 1500 mAh.

Dual Camera

fitur-samsung-z2

Di belakang, terdapat kamera 5MP yang dibekali juga dengan LED Flash serta bisa merekam video hingga resolusi HD 720p. Kamera depannya menggunakan resolusi 0.3MP atau VGA. Untuk ponsel harga di bawah 1 juta, fitur tsb sudah cukup lumayan.

Fitur Lainnya

Fitur Samsung Z2 lainnya tergolong lengkap seperti bagaimana smartphone seharusnya, termasuk tersedianya WiFi, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.0, GPS, FM Radio, dan koneksi microUSB v2.0 (kabarnya sudah USB OTG support).

samsung-z2

Dari spesifikasi yang dimiliki Samsung Z2, ponsel ini cukup recommended terutama karena tidak adanya rival setara di kelas ini. Desain keren, performa tangguh, dan fitur yang cukup lengkap, tentunya bisa menggoda pengguna ponsel lawas agar bisa segera hijrah ke teknologi baru, seperti di iklan Samsung Z2 ini. Muka masa gini, HP masa gitu?

Untuk spesifikasi yang lebih pasti, baiknya kita tunggu beberapa hari lagi untuk peluncuran resmi Samsung Z2 di Indonesia.

SHARE

LEAVE A REPLY