Smartphone flagship berarti smartphone andalan dari satu vendor, biasanya memiliki harga termahal dengan spesifikasi terbaik.

Xiaomi Mi 4, adalah flagship phone di tahun 2014. Jadi, di tahun 2016, Xiaomi Mi 4 bisa kita panggil mantan flagship karena sudah digantikan Mi 5 dan tidak lama lagi Mi 6. Jangan ada yang baper karena inget mantan ya!

Berapa sih harga Xiaomi Mi4 di 2016 ini?

Saat awal meluncur dulu, harga Mi 4 berkisar di angka 4 jutaan, menjadi flagship terjangkau jika dibandingkan pilihan flagship dari vendor lain seperti Galaxy S5 dan LG G3.

harga-dan-spesifikasi-xiaomi-mi-4Di bulan Oktober 2016, kita bisa mendapatkan Xiaomi Mi 4 dengan harga mulai 1.5 – 1.6 jutaan rupiah. Ya, harganya setara dengan smartphone android kelas pemula dari vendor lain. Tapi harga tsb adalah harga distributor non resmi, garansi juga bukan garansi resmi Xiaomi.

Alasan Membeli Xiaomi Mi 4 di Tahun 2016?

Oke, yang saya tebak, anda sedang mencari smartphone keren namun dengan harga terjangkau. Daripada beli smartphone terbaru namun kelas low-end, anda berpikir untuk mencari mantan flagship. Tapi anda masih ragu? Berikut alasan kenapa membeli Xiaomi Mi 4.

Kelebihan Xiaomi Mi 4, 2016

Desain keren!

kekurangan-xiaomi-mi-4

Frame sudah berbahan metal, solid dan mewah. Pilihan di pasaran saat ini sepertinya hanya ada warna putih. Tampilannya sangat berkesan mahal karena memang Mi4 tadinya pun HP mahal.

Performa Tangguh!

Meskipun sudah berumur 2 tahun di pasaran, namun performanya masih sebanding dengan smartphone android harga 3-4 jutaan saat ini. Dengan chipset kelas flagship, Snapdragon 801, Adreno 330, RAM 3 GB, dan storage 16 GB, pengujian dengan benchmark AnTuTu 6.2 menghasilkan score 51 ribu. Sedikit lebih baik dibanding Galaxy J7 2016 yang berharga 3,5 juta.

performa-gaming-xiaomi-mi4

Untuk gaming, performa Adreno 330 juga tergolong masih tangguh. Untuk bermain Aspalt 8 misalnya, game bisa dirender sangat baik tanpa lag.

Sayangnya, Mi4 tidak dibekali slot microSD, di pasaran juga hanya ada pilihan storage 16 GB. Untuk RAM, ada versi 2 GB dan 3 GB. Yang 3 GB, dari pengalaman saya, merupakan versi WCDMA atau 3G, sedangkan yang 2 GB, sudah 4G LTE. Tapi anda perlu memastikan kepada penjual, ada juga versi 3 GB yang sudah mendukung 4G LTE, dan yang RAM 2 GB bisa jadi belum 4G.

harga-xiaomi-mi-4

Dari 16 GB, kapasitas penyimpanan data yang bisa digunakan sekitar 10-12 GB. Masih cukup besar untuk saya pribadi, namun bagi pengguna lainnya, mungkin terasa kurang. Solusinya, bisa sering-sering memindahkan data ke laptop, atau menggunakan USB OTG untuk flashdisk.

Kamera Ciamik!

Dikarenakan Mi4 merupakan HP flagship, kameranya tergolong berkualitas. Dengan 13 MP di belakang dan 8 MP di depan, hasil fotonya tergolong memuaskan. Hal ini karena penggunaan sensor berkualitas Exmor RS dan aperture yang lebar, f/1.8 di belakang dan juga depannya. Berkat aperture lebar itu juga, mengambil foto di kondisi kurang cahaya bisa tetap memuaskan.

xiaomi-mi4-contoh-hasil-foto-2016
Diambil di pagi hari waktu main ke desa

Masih kurang wow? Kamera utamanya bisa merekam video resolusi 4K loh! Ini menjadikan Xiaomi Mi 4 sebagai smartphone termurah dengan kemampuan rekam video high resolution, 4K! Tersedia juga mode timelapse dan video slow-motion, sudah seperti HP mahal kan?!

UI Simpel dan Cepat

miui-xiaomi-mi4

Fitur UI (setelah diupdate ke MIUI 7) tergolong simpel, fungsional, dan sangat cepat. Jarang sekali ditemukan lag atau crash. Fitur-fitur UI juga tergolong lengkap termasuk ada Guest mode, hidden folder with lock, hidden gallery with lock, dsb.

Kelemahan Xiaomi Mi 4

Bukan tanpa kelemahan, berikut hal-hal yang mungkin perlu anda pertimbangkan.

Tanpa microSD slot: Misalnya anda ingin merekam video 4K, tentu akan cepat memakan storage. Kelemahan ini akan cukup terasa untuk anda yang suka rekam video saja, dan para maniak gaming 3D yang size-nya bisa hingga 1 GB lebih.

Kemampuan focus makro kamera: Untuk foto makro, Mi4 agak kesulitan. Namun saat sudah mendapatkan focus akurat, hasil foto akan tampak keren, terutama karena background yang nge-blur berkat aperture lebar.

Layar belum ada lapisan anti-gores: Kalau tidak ingin layar cepet lecet atau tergores, mungkin ada baiknya segera pasangkan screen guard langsung setelah membuka box Mi4.

kelebihan-xiaomi-mi-4

Output speaker kurang memuaskan: Bukan terlalu masalah karena masih bisa menggunakan speaker eksternal ataupun earphone. Dikarenakan lobang speaker berada di bawah atau samping frame, outputnya biasa saja.

Terkadang agak panas: Terutama jika digunakan untuk aktivitas internet terus menerus, atau gaming berat, lebih-lebih sambil charging. Untungnya, kemampuan charging 2A tergolong cepat. Baterai seringnya awet, namun kadang-kadang cepat habis.

Overall, Xiaomi Mi4 sangat memuaskan untuk kategori smartphone harga 1.5 jutaan rupiah. Apa yang diberikan setara dengan smartphone dengan harga 2x lipat bahkan lebih. Yang perlu diperhatikan saat membeli Xiaomi Mi4 adalah versinya, ada yang WCDMA, ada yang sudah 4G LTE. Happy hunting!

SHARE

LEAVE A REPLY