Jika Anda mencari laptop harga 10 jutaan yang sudah dibekali spesifikasi kelas atas dan kelengkapan fitur dan value for money yang tinggi, mungkin inilah laptop yang tepat untuk Anda.

Menjadi salah satu laptop terlaris adalah satu bukti pertama bahwa laptop ini diminati dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat kita. Apa saja kelebihan yang dimiliki HP Pavilion 14-N233TX serta harga dan perbandingan dengan laptop lain, simak ulasan HP Pavilion 14-N233TX berikut.

Harga HP Pavilion 14-N233TX

Review-HP-Pavilion-14-N233TXLaptop kelas menengah-atas ini dibandrol dengan harga mulai dari 9,5 juta hingga hampir 10 juta. Dengan harga 9,5 jutaan, laptop ini sudah dibekali juga dengan OS Windows 8.1 64 bit original sebagai standar. Sebagai informasi harga OS Windows 8.1 ori berkisar mulai dari 1,5 jutaan. Sehingga jika kita menghitung nilai laptop dikurangi harga OS Windows, maka akan berada di angka kisaran 8 jutaan. Memang perhitungan ini tidak tepat 100% namun cukup untuk menggambarkan biaya yang akan Anda keluarkan. Harga OS Windows OEM tentunya berbeda dengan OS Windows yang dijual retail, tapi soal fitur dan kelengkapan bisa dikatakan sama saja.

Spesifikasi HP Pavilion 14-N233TX

Dibekali spesifikasi kelas atas, laptop ini siap untuk digunakan untuk komputasi yang sedikit lebih berat seperti editing, designing, gaming, dsb. Memang bukan tanpa kekurangan, beberapa komponen laptop ini berada di bawah beberapa pilihan lainnya.

PROSESOR

HP-Pavilion-14-N233TXMenggunakan Intel Core i7-4500U Dual-core Hyper Threading 1.8 – 3 GHz 4 MB Cache. Seperti kode namanya, prosesor ini merupakan Ultra Low Voltage (ULV) atau irit daya. Jika dibandingkan dengan prosesor Intel Non ULV, performa i7-4500U sebenarnya tidak terlalu impresif karena tidak terlalu jauh lebih tinggi dari i3 NON ULV Ivy bridge, dan di bawah i5-4300M Haswell yang merupakan prosesor i5 NON ULV paling banyak digunakan saat ini. Bahkan dibandingkan dengan i5-3230M Ivy Bridge pun performa i7-4500U masih lebih rendah.

Meski performanya tidak terlalu impresif dibanding intel Non ULV, namun Anda tak perlu khawatir karena jika dibandingkan dengan prosesor Intel Haswell ULV, i5-4500U tentunya memiliki performa yang sepadan dengan levelnya, i7. Kekurangan pada performanya memberikan kelebihan pada keiritan daya. Hal ini adalah yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli laptop, pilihannya performa yang baik atau performa memadai dan irit daya, ULV or Non ULV.

GRAPHICS CARD

HP-Pavilion-14-N233TX-PreviewMove to another sector, graphics card laptop ini menggunakan on board graphic card dan NVIDIA. On Board graphics card pada prosesor i7-4500U adalah Intel HD Graphics 4400 dimana memiliki performa yang lebih dari cukup untuk menjalankan fitur multimedia dan grafik yang tak terlalu serius. Bahkan beberapa game modern sudah bisa dijalankan dengan lancar di HD Graphics 4400.

Jika Anda membutuhkan performa graphics card yang lebih superior untuk gaming, design, dsb, laptop ini juga sudah dibekali NVIDIA GeForce GT 740M 2 GB yang sudah terkenal tangguh di kelasnya.

RAM

Untuk laptop harga 10 juta, RAM yang disematkan pada laptop ini adalah 4 GB, relatif kecil meski sudah lebih dari cukup menjalankan multitasking harian. Untuk gaming, design, video editing, dan program berat lainnya, Anda bisa upgrade RAM sesuai kebutuhan.

LAYAR

Layar yang digunakan adalah ukuran 14 inci dengan resolusi standar WXGA 1366 x 768 px HD Brightview LED backlit.

HDD/ DRIVE

Untuk penyimpanan data, dokumen, foto, video, lagu, film, dsb, laptop ini menggunakan HDD berkapasitas besar 1 TB atau sekitar 1000 GB. tentunya Anda tidak perlu khawatir kekurangan tempat penyimpanan. Read/ write keping CD/ DVD juga sudah disediakan DVD RW Drive internal.

FITUR LAINNYA

Laptop ini dibekali fitur-fitur standar laptop termasuk WiFi, Bluetooth, Camera, Card Reader, USB 3.0, HDMI, Dual Speaker with DTS technology, 4-cell battery, Windows 8.1.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN

Spesifikasi-HP-Pavilion-14-N233TXKelebihan HP Pavilion 14-N233TX: Sudah dibekali OS Windows 8.1 ori, spesifikasi kelas mid-high end, graphics card dedicated.

Kelemahan/ Kekurangan HP Pavilion 14-N233TX: Performa prosesor tidak setangguh versi non ULV, Bobot masih menyentuh 2 Kg.

VERDICT: Jika Anda membutuhkan laptop ideal dengan performa prosesor yang baik dan salah satu tertinggi dari versi ULV, sudah dibekali windows original, dan graphics card tangguh, laptop ini layak untuk dipertimbangkan. Namun jika anda membutuhkan laptop dengan performa yang lebih tinggi, baik itu prosesor, graphics card, atau keduanya, masih ada pilihan lainnya yang lebih baik meski tidak dibekali windows ori sebagai standar.

ALTERNATIF: Di rentang harga 7 – 10 juta, ada pilihan menarik dari Asus yakni X450JF-WX023D dengan prosesor i7-4700HQ Quad-core dengan graphics card lebih baik dan bandrol 6,5 juta rupiah. Sedangkan untuk graphics lebih baik, ada pilihan dari HP yakni Pavilion 14-v041TX dengan graphics card NVIDIA GeForce GT 840M namun dengan prosesor i5 ULV berharga 7,5 juta. Sayangnya kedua pilihan alternatif tsb belum disertakan OS ori sehingga Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membeli OS Windows ori.

LEAVE A REPLY