Saat ini peminat laptop semakin berkurang dengan populernya tablet PC yang memiliki kepraktisan lebih baik. Sayangnya, tablet belum bisa menggantikan fungsi laptop untuk mengerjakan sesuatu yang lebih serius, mengerjakan tugas sekolah, kampus, atau pekerjaan kantor. Fungsi laptop nampaknya masih tetap dibutuhkan oleh banyak orang, namun kepraktisan tablet pun sangat berguna untuk kemudahan, akhirnya lahirlah sebuah Laptop Hybrid yaitu penggabungan fungsi tablet layar sentuh dan laptop standar.

HP Pavilion x360 easy readingJika kita lihat beberapa tahun ke belakang, sebenarnya laptop hybrid bukanlah hal yang sama sekali baru. Untuk informasi, sejak lahirnya OS XP yakni di tahun 2000an, salah satu fiturnya adalah fungsi tablet yakni menyentuh layar komputer untuk menjalankan fungsi Windows. Namun sayangnya harga laptop dengan layar sentuh saat itu masih sangat mahal. Semakin berkembangnya teknologi dan tuntutan pengguna, kini bukan hanya laptop layar sentuh namun sudah lahir laptop hybrid dimana laptop dapat digunakan seperti layaknya laptop atau bisa juga digunakan seperti layaknya tablet dengan engsel layar fleksibel hingga 360 derajat, ada juga yang layarnya bisa dipisahkan dari docking keyboardnya.

Saat ini Anda bisa mendapatkan laptop hybrid mulai dari 5 juta saja, itupun sudah termasuk standar Windows 8.1 original dalam penjualan. Untuk Anda yang memiliki budget lebih, tentu ada juga pilihan laptop hybrid mahal dengan harga 20 jutaan. Kali ini kita akan mengulas salah satu laptop hybrid termurah di pasaran saat ini dan merupakan bestselling laptop.

HP Pavilion x360

HP Pavilion x360 layar fleksibelAdalah laptop hybrid dari HP dengan nama Pavilion x360 yang dibandrol dengan harga terjangkau namun dengan spesifikasi dan fitur yang cukup baik.

Harga HP Pavilion x360 sangat terjangkau yakni Rp 4.899.000,-. Saingan terdekatnya adalah Asus Transformer Book T100TA yang berbandrol Rp 4.999.000,-. Meski HP Pavilion x360 berharga lebih murah, faktanya HP Pavilion x360 dibekali beberapa spesifikasi yang relatif lebih baik.

Preview Spesifikasi HP Pavilion x360

HP Pavilion x360 laptop Hybrid MurahLAYAR: Dimulai dari layar, HP Pavilion x360 dibekali ukuran 11.6″, sedangkan rivalnya menggunakan ukuran 10″. Layar HP Pavilion x360 berjenis LED backlit Touchscreen dengan resolusi WXGA 1366 x 768 px. Layar ini bisa Anda fungsikan selayaknya tablet pada umumnya.

PROCESSORHP Pavilion x360 menggunakan prosesor dari Intel Celeron N2830 2.16 – 2.41 GHz 1 MB Cache Dual-core. Prosesor ini merupakan prosesor irit daya dengan performa yang mencukupi untuk kebutuhan standar seperti program office, browsing internet, menjelajah koleksi foto, menonton film, dan editing kelas ringan hingga menengah. Pada sektor ini, rivalnya yakni Asus T100TA lebih unggul dengan Intel Atom N3740 dan N3775.

HP Pavilion x360 fungsi laptopGRAPHICS CARD: GPU/ VGA laptop hybrid murah ini menggunakan HD Graphics (Bay Trail), performanya memang di bawah HD Graphics Sandy Bridge namun untuk urusan graphics kebutuhan standar sudah sangat mencukupi bahkan beberapa game modern tertentu masih bisa dijalankan lancar oleh graphics card ini pada setting tertentu.

RAM: Meski harganya relatif terjangkau, memory/ RAM laptop hybrid ini sudah dibekali 4 GB sehingga Anda tak perlu khawatir kekurangan resource memory saat melakukan aktivitas multitasking.

HDD: Untuk penyimpanan data, HP Pavilion x360 menggunakan hard disk kapasitas 500 GB tanpa tambahan memory untuk cache, sedangkan rivalnya dibekali juga dengan eMMC 32 GB. Namun hal ini tidak terlalu bermasalah karena HP Pavilion x360 selalu menyatu dengan seluruh bagian laptop, tidak seperti rivalnya yang bisa dilepas dari docking sehingga memerlukan dua komponen tertentu.

HP Pavilion x360 Fungsi tabletFitur dan Spesifikasi HP Pavilion x360 Lainnya: Beats Audio Speakers, WiFi, Bluetooth, Camera, 97% Keyboard, Touchpad, USB 3.0, USB 2.0, HDMI, 1.4 Kg. Windows 8.1.

Kelebihan HP Pavilion x360: Harga terjangkau, layar ideal, fitur cukup lengkap, Windows Ori.

Kekurangan HP Pavilion x360: Performa prosesor terbatas pada aktivitas komputasi ringan-menengah.

Secara keseluruhan, HP Pavilion x360 sangat layak untuk dibeli dan dimiliki.



Terms: laptop hybrid murah, laptop hybrid murah berkualitas, tablet hybrid murah, tablet hybrid murah berkualitas, notebook hybrid murah, laptop tablet murah, Laptop hybrid termurah, harga laptop hybrid, harga hp pavilion x360, harga laptop hybrid murah

1 COMMENT

LEAVE A REPLY