Smartphone atau ponsel pintar saat ini menjadi sebuah standar sebuah ponsel atau handphone. Beberapa operating system yang populer saat ini termasuk Android OS milik Google, iOS dari Apple, Windows Mobile OS buatan Microsoft, dan Tizen OS yang dikembangkan bersama berbasis Linux.

Belum lama ini portal berita ponsel yang sering kita kunjungi; GSMArena merilis daftar smartphone terbaik untuk dibeli di akhir tahun 2016 ini. Namun tentu tidak semuanya tersedia di Indonesia. Karena itu, sebagai tambahan, PMC ingin mengulas daftar HP terbaik tsb sesuai pendapat kami.

Penggolongan smartphone sesuai harga di bawah ini adalah mengikuti harga Euro di Inggris. Sebagian besar cocok dengan kondisi harga di Indonesia, sebagian lainnya tidak. Akan kami bahas sedikit di bawah. Berikut daftarnya;

HP Terbaik 2016
Aduu logo Tizen keren amat ya…. All trademark(ed) by their respective owners.

Pilihan smartphone terbaik untuk dibeli di bawah ini tidak diurutkan alias urut secara acak. Dan ingat, ini versi GSMArena.

HP Terbaik Harga 1 Jutaan:

  1. Meizu m3s
  2. LG K4
  3. Huawei Y5II
  4. Samsung Z3 (Tizen OS)
hp-android-terbaik-harga-1-jutaan
Huawei Y5II

Di Indonesia, harga Meizu m3s tidak semurah di luar. Sedangkan untuk Samsung Z3, juga belum masuk Indonesia secara resmi, ada Samsung Z2 yang harganya cuma 900 ribu rupiah dan sudah dibekali hardware cukup tangguh dan 4G LTE. Sedangkan LG K4 dan Huawei Y5II memiliki specs hardware sekelas meski harganya beda sekitar 200 ribuan. Perbedaan harga tsb tentu saja karena fitur-fitur Y5II sedikit lebih baik termasuk pada layar, kamera, dan baterainya.

HP Terbaik Harga 2 Jutaan:

  1. Lumia 550
  2. Moto G4
  3. Moto G4 Play
  4. LG X Screen
  5. Xiaomi Mi 4c
  6. Huawei Honor 5c
  7. Xiaomi Redmi 3s
  8. LeEco Le 2
  9. Asus Zenfone 3 Max (Dirubah dari versi asli: ZC550KL)
HP Android terbaik 2 jutaan
Zenfone 3 Max

Dari daftar di atas, mari kita ambil yang bisa kita beli di Indonesia dengan mudah; ada LG X Screen harga 2.8 juta, Mi 4c harga 1.4-1.9 jutaan,  Redmi 3s harga 1.8 jutaan, dan Zenfone Max harga 2.1 jutaan. Menurut kami, spesifikasi terbaik dimiliki oleh Xiaomi Mi 4c (Redmi 3s juga), dan Zenfone Max. Menimbang ponsel Redmi di Indonesia umumnya adalah versi distributor (kecuali beberapa tipe), PMC rekomendasikan Zenfone Max dengan quad-core CPU, RAM 2 GB, dan baterai 4100 mAh. Tapi jika Anda mau sedikit abu-abu, Mi 4c dibekali Snapdragon 808 yang powerful meski sayangnya ponsel ini tak dibekali slot microSD, karena itu baiknya pilih yang versi 32 GB storage harga mulai 1,9 jutaan.

HP/ Smartphone Terbaik Harga 3-4 Jutaan:

  1. Samsung Galaxy A5 2016
  2. Sony Xperia M5
  3. Xiaomi Mi 5
  4. LG X Cam
  5. LG Nexus 5X
  6. Xiaomi Redmi Note 4
  7. Huawei Honor 5X
  8. Huawei Mate S
  9. LeEco Le Pro3
  10. LeEco Le Max 2
  11. Xiaomi Mi Max
  12. Sony Xperia XA Dual
  13. ZTE Axon 7 Mini
samsung-galaxy-a5-2016-hp-android-4-jutaan-terbaik
Galaxy A5 2016

Yang bisa mudah dibeli di Indonesia antara lain; Galaxy A5 2016 harga 4.2 jutaan, Xiaomi Mi 5 harga mulai dari 3.6 jutaan, LG X Cam harga 3.6 juta, Redmi Note 4 harga 2.6 jutaan, Mate S harga mulai 6 jutaan, dan Mi Max harga 2.6 jutaan. Xperia XA juga masih bisa dicari di bursa-bursa jualan seperti Toped atau BL. Di rentang harga ini, hampir semua pilihan smartphone yang ada, masuk kategori recommended. Galaxy A5 2016 sangat berkualitas meski performanya bukan yang terbaik. Xiaomi Mi 5 jelas merupakan flagship sehingga specs dan fiturnya teratas dibanding lainnya. Sementara itu, pilihan lainnya juga sangat menarik dengan kelebihan masing-masing.

HP/ Smartphone Terbaik Harga 4-5 Jutaan:

  1. OnePlus 3
  2. Huawei Nexus 6P
  3. Xiaomi Mi 5s Plus
  4. Sony Xperia XA Ultra
  5. LG G4
  6. Asus Zenfone 3 ZE552KL
  7. Samsung Galaxy S6
  8. Xiaomi Mi 5s
  9. Lenovo ZUK Z2 Pro
  10. Huawei Honor 8
HP terbaik harga 5 jutaan
LG G4

Yang bisa kita dapatkan di Tanah Air; OnePlus 3 harga 6 jutaan (agak sulit sih yang ini), Mi 5s Plus harga 5-6 juta tergantung versi storage (distributor), LG G4 harga 5.5 jutaan, Zenfone 3 ZE552KL harga 4.9 juta, dan Galaxy S6 harga mulai 6 jutaan. Pilihan lainnya pun sebenarnya ada saja yang jual meski merupakan produk distributor, tapi kami tidak bisa merekomendasikan. Sebagai warga negara yang baik, kami hanya bisa merekomendasikan Asus Zenfone 3 ZE552KL karena yang beredar rata-rata adalah produk resmi. Atau jika bisa menemukan LG G4 resmi, spesifikasinya juga masih sangat oke.

HP/ Smartphone Terbaik Harga 6 Jutaan:

  1. LG G5
  2. Huawei P9
  3. Sony Xperia X
  4. Sony Xperia Z5 Compact
  5. Apple iPhone SE
  6. ZTE Axon 7
  7. Samsung Galaxy A9 2016
  8. Huawei Mate 8
HP Android terbaik harga 6 jutaan
Huawei P9

Yang hadir secara resmi di Indonesia antara lain LG G5 (SE) harga 6.9 juta, Huawei P9 yang masih pre-order harga 7 juta kembalian 1rb rupiah, dan Galaxy A9 Pro harga 6.5 juta, juga kembalian seribu 😀

Pilihan lain bisa dicari juga di Indonesia, tapi kami tidak yakin merupakan garansi resmi, namun garansi internasional biasanya tetap ada. Xperia X misalnya, dijual mulai 6.7 jutaan, lalu ada iPhone SE harga mulai 5.8 juta versi 16 GB/ 7 jutaan versi 64 GB, dan Mate 8 harga mulai 7 jutaan.

Meskipun misalnya semua pilihan di atas hadir secara resmi, kami tetap merekomendasikan 3 pilihan terbaik menurut kami yakni LG G5 SE, Huawei P9, dan Galaxy A9 Pro. Ketiganya sudah memberikan paket lenagkap sebuah smartphone semi-flagship, oh ya, yang LG G5 itu beneran flagship hanya versi yang lebih murah. Uhm… kami juga suka iPhone SE.

HP/ Smartphone Terbaik Harga di Atas 7 Juta:

  1. Samsung Galaxy S7
  2. Apple iPhone 7
  3. Samsung Galaxy S7 Edge
  4. Apple iPhone 7 Plus
  5. Google Pixel XL
  6. LG V20
  7. HTC 10
  8. Google Pixel
  9. Motorola Moto Z
  10. Sony Xperia XZ
HP Flagship terbaik
Galaxy S7 Edge

Di kelas flagship, persaingan smartphone bukan lagi soal spesifikasi semata namun soal paket lengkap sebuah smartphone teratas dari pabrikan. Rata-rata smartphone harga di atas 7 juta sudah mengusung spesifikasi terbaik.

Dari pilihan yang disebut oleh GSMArena, pilihan terpopuler yakni Galaxy S7 series tentunya sangat mudah didapatkan di Indonesia. Harga Galaxy S7 standar berada di kisaran 8.5 juta rupiah, sedangkan versi Edge mencapai 9.8 juta.

Hingga saat ini, harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di Indonesia masih abu-abu karena masuk lewat distributor non-resmi. Bagaimana versi resminya, baru-baru ini Apple baru saja mendapatkan sertifikasi dan lolos syarat TKDN sehingga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak lama lagi akan tersedia secara resmi di Indonesia. Harga yang beredar saat ini sekitar 10.5 juta untuk iPhone 7 32 GB, dan 13 jutaan untuk iPhone 7 Plus 32 GB.

HP flagship mahal terbaik
iPhone 7/ 7 Plus Jet Black

LG V20 juga baru masuk Indonesia dan sudah dibuka penjualan secara pr-order. Harga LG V20 di Indonesia adalah Rp 9.5 juta yang artinya menghadapi Galaxy S7 Edge secara langsung. Kelebihan V20 dibanding rival lainnya adalah ketahanan body yang sangat baik bahkan sudah termasuk standar militer. Sayangnya untuk V20 belum memiliki ketahanan terhadap air, rival kuatnya; Galaxy S7 sudah.

Pilihan lainnya termasuk Google Pixel, Moto Z, HTC 10, dan Xperia XZ bisa didapatkan di Indonesia dengan harga yang juga tergolong tinggi. Harga-harga smartphone tsb rata-rata di atas 8 juta bahkan hingga 12 juta, harga di pasaran masih sangat abu-abu.

Itulah daftar smartphone terbaik dari berbagai OS dan berbagai rentang harga. Pilihan terbaik tetap kembali ke budget dan selera masing-masing. Semua pilihan di atas sudah lolos dari penyaringan pertama yakni kredibilitas vendor dan kualitas produk itu sendiri. Jadi, selama ada di daftar di atas, Anda tak akan terlalu salah pilih, mungkin salah pilih sedikit saja. :v:

LEAVE A REPLY