Lenovo saat ini memiliki seri laptop dengan spesifikasi kelas atas yang ditujukan bagi pengguna yang menyukai multimedia serius khususnya gaming. Tidak seperti laptop Lenovo seri lainnya, seri Y selalu memiliki desain yang lebih menarik dengan sudut tajam dan beberapa aksen yang berkesan agresif. Soal spesifikasi, Y series selalu dibekali komponen kelas atas sehingga dapat meng-handle komputasi kelas berat baik itu untuk designing, video editing, science software, dan sebagainya. Kali ini kita akan sedikit mengulas laptop gaming Lenovo teratas yang beredar di Indonesia yakni dengan seri Y50-70 993.

Harga Lenovo IdeaPad Y50-70 993

Harga Lenovo IdeaPad Y50-70Laptop ini dibandrol Rp 14.999.000,- atau 15 juta rupiah dengan standar OS original Windows 8.1. Rival yang memiliki spesifikasi dan harga setara termasuk Asus N series dan G series. Dengan bandrol 15 juta rupiah, laptop ini memang bukan untuk semua kalangan, namun bagi penggemar game antusias, harga yang dibandrol cukup sepadan dengan spesifikasi yang diusung.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad Y50-70 993

Lenovo memiliki beberapa versi Y50 ini yang ditentukan berdasarkan market yang dituju. Untuk versi yang dijual di Indonesia ini, spesifikasi yang diusung memang bukan yang terbaik, namun bukan pula yang terendah.

Spesifikasi Utama IdeaPad Y50-70 993

  • 4th Gen Intel® Core™ i7-4710HQ (2.50GHz 1600MHz 6MB)Spesifikasi Lenovo IdeaPad Y50-70
  • Windows 8.1 64-bit
  • NVIDIA® GTX-860M 4GB
  • 15.6″ FHD (1920 x 1080) display
  • 2.4 Kg
  • Backlit AccuType® keyboard
  • 720p Camera
  • 1 TB HDD 5400 RPM SATA
  • JBL® speakers with Dolby® Advanced Audio V2
  • Bluetooth® 4.0
  • WiFi: Intel® Dual Band Wireless-AC 3160
  • Port and Slot: 2 x USB 3.0, 1 x USB 2.0, Audio Combo Jack, HDMI-out, 4-in-1 card reader, RJ45, SPDIF

Desain dan Layar

Laptop Gaming BagusLenovo IdeaPad Y50-70 kini tampak lebih menarik dibanding Y500 yang digantikannya, bukan itu saja, bobotnya kini hanya 2.4 Kg alias turun dari 2.9 Kg di versi sebelumnya. Laptop ini memiliki 3 aksen warna yaitu hitam, abu, dan merah. Tanpa melihat seri dan spesifikasinya, Y50 tampak seperti laptop gaming tangguh berkat desain tajam dan agresifnya.

Layar yang digunakan pada versi ini adalah ukuran 15.6 inci resolusi Full HD 1080p. Berdasarkan pengetesan, layar Y50 bukanlah yang terbaik. Layar Y50 menggunakan jenis TN Panel dengan contrast yang tidak begitu memuaskan serta brightness yang relatif lebih rendah dari rivalnya. Saat digunakan di dalam ruangan, layar Y50 tentu masih sangat nyaman untuk menonton film ataupun gming, namun tidak begitu ketika di luar ruangan atau ketika brightness diturunkan 8/10. Reproduksi warna layar Y50 pun tidak cocok untuk para profesional bidang graphics sehingga mungkin Anda perlu membeli monitor eksternal jika ingin mendapatkan color yang lebih akurat. Sudut pandang layar Y50 pun lebih terbatas karena belum menggunakan IPS Panel.

Prosesor

Kelemahan Lenovo IdeaPad Y50-70Kelemahan pada layarnya tidak terjadi pada hardware laptop ini. Prosesor yang digunakan Y50 merupakan prosesor kelas atas dari gen Intel haswell. Adalah Intel Core i7-4710HQ yang memiliki 4 inti prosesor atau Quad-core 8 threads dengan clockspeed 2.5 hingga 3.5 GHz dengan turbo boost serta besar cache hingga 6 MB. Prosesor ini akan sangat lancar untuk menjalankan gaming terberat sekalipun, atau digunakan untuk multitasking atau software yang membutuhkan hardware kelas atas.

Graphics Card

GPU yang on board pada prosesor di atas adalah HD Graphics 4600 yang akan berjalan ketika laptop tidak digunakan untuk graphics yang berat. Berkat teknologi optimus pada dedicated graphics card, laptop akan secara otomatis switch GPU untuk menghemat penggunaan daya baterai. Jika laptop harus menjalankan program graphics yang berat serta gaming modern, dedicated graphics card lah yang akan digunakan. Meski harga Y50 berkisar 15 juta rupiah, Y50 telah menggunakan graphics card yang terbilang tangguh yaitu NVIDIA GeForce GTX 860M 4 GB.

GeForce GTX 860M bisa menjalankan hampir semua game yang tersedia saat ini meski beberapa game yang sangat berat hanya bisa dijalankan dengan setting medium seperti Assassin’s Creed unity, dan Ryse: Son of Rome. Gaming populer kebanyakan tentunya lancar dijalankan pada setting high hingga ultra pada game yang tidak terlalu berat.

RAM/ Memory

Dalam penjualan standar, Y50-70 ini dibekali RAM sebesar 8 GB. Besar RAM ini tentunya sudah sangat cukup untuk menjalankan game dan multitasking. Namun jika Anda menginginkan RAM lebih besar seperti misalnya untuk video editing yang lebih leluasa, Anda juga bisa upgrade RAM, tersedia dua slot soDIMM untuk berjalan pada dual channel.

Speaker

Kelebihan Lenovo IdeaPad Y50-70Y50 dibekali dual speaker dari JBL serta dilengkapi juga dengan satu subwoofer di bagian bawah. Kualitas suara Y50 sangat baik dibandingkan dengan banyak laptop dengan harga setara. Dengan Dolby Digital Software, Anda juga dapat merubah pengaturan audio lebih mudah untuk menghasilkan suara yang lebih baik sesuai dengan selera masing-masing.

Daya Tahan Baterai

Berkat fitur optimus pada GPU, Y50 memiliki battery life lebih baik dibanding Y500 dan Y510. Pengujian dengan kondisi idle min brightness, Y50 dapat bertahan hingga 8 jam 17 menit, sedangkan untuk browsing dengan WiFi, dapat bertahan sekitar 4 jam 20 menit, ketika digunakan untuk aplikasi berat max load dan full brightness, Y50 hanya bertahan selama 1 jam 28 menit, hal ini juga termasuk ketika digunakan untuk gaming modern.

Touchpad dan Keyboard

Lenovo IdeaPad Y50-70Anda dapat mengatur fitur touchpad dengan software Synaptics ClickPad V1.1. Tombol klik berada di bagian bawah yang menyatu dengan are touchpad, kemungkinan pergeseran kursor saat klik bisa terjadi. Sedangkan untuk keyboard, Y50 menggunakan jenis Accutype dan memiliki bahan yang cukup smooth, serta memiliki dua level backlight merah sehingga bisa tetap nyaman digunakan di ruangan gelap.

Verdict

Lenovo IdeaPad Y50-70 yang termasuk dari seri IdeaPad memang terkenal selalu dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau. Laptop ini pun menjadi salah satu dari sedikit pilihan laptop dengan layar 15 inci dan gpu GeForce GTX 860M dengan harga 15 juta, pun ditambah dengan model yang keren serta fitur yang lengkap. Jika Anda mencari laptop gaming tangguh dengan harga 15 jutaan, Lenovo IdeaPad Y50-70 adalah pilihan yang sangat menarik untuk dipertimbangkan.

Kelebihan dan Kelemahan Lenovo IdeaPad Y50-70

Fitur Lenovo IdeaPad Y50-70

Kelebihan Lenovo IdeaPad Y50-70: 

  • Prosesor kelas atas
  • Graphics card tangguh
  • Model case menarik
  • Layar FHD
  • Bobot relatif ringan di kelasnya
  • Speaker berkualitas
  • Material finishing cukup berkelas
  • Daya tahan baterai relatif lama dibanding rival sekelasnya

Kekurangan Lenovo IdeaPad Y50-70

  • Contras dan reproduksi warna pada layarnya di bawah kebanyakan  rivalnya
  • HDD dengan kecepatan standar
  • Baterai cepat habis untuk max load dan max brightness
  • Backlight hanya merah yang mungkin kurang cocok untuk selera sebagian orang


Terms: laptop gaming lenovo, Laptop lenovo Gaming, harga lenovo y50, harga Lenovo Ideapad Y50, Lenovo gaming, laptop game lenovo, harga lenovo y50 2015, harga laptop gaming lenovo, harga laptop lenovo y50, lenovo gaming laptop

4 COMMENTS

  1. Gan laptop saya Lenovo y50 pingin nambah Ram, terus kan Ram nya lenovo y50 DDRL jadi harus beli yang DDR3L juga atau gimana? kalo bisa ram nya merk apa juga yang cocok ty gan

LEAVE A REPLY