Ada dua pilihan ketika Anda ingin membeli kamera DSLR dengan harga murah, setidaknya cukup terjangkau. Yang pertama Anda bisa membeli DSLR dalam kondisi baru dengan memilih tipe DSLR termurah. Yang kedua Anda bisa membeli DSLR dengan kondisi second atau bekas dengan kondisi yang masih baik. Dengan budget yang sama, Anda bisa mendapatkan tipe yang berbeda. Namun jika belum terlalu mengerti tentang DSLR, pilihan membeli dalam kondisi baru merupakan pilihan yang tepat terutama bagi pemula di dunia fotografi.

Di pasaran saat ini hanya ada dua tipe kamera DSLR kondisi baru yang dijual di angka 4 jutaan, itupun merupakan seri yang sudah digantikan seri terbaru. Dua pilihan tersebut adalah Canon 1100D dan Nikon D3100. Dua produsen DSLR terkemuka dari jepang ini selalu bersaing di semua kelas, termasuk di kelas pemula ini. Baik Canon 1100D maupun D3100 sama-sama bisa diandalkan terutama untuk belajar fotografi. Ketika sudah mulai mahir, bisa naik kelas ke DSLR menengah, semi pro, bahkan kelas profesional.

Canon EOS 1100D

Canon EOS 1100DDSLR murah Canon ini menggantikan gen sebelumnya yakni EOS 1000D yang sangat laris di pasaran dan sudah diteruskan oleh seri terbaru yakni EOS 1200D.

Harga Canon EOS 1100D saat ini berkisar di angka 4,3 jutaan tepatnya RP 4.370.000,-. Perbedaan harga DSLR sangat kecil terjadi antar toko-toko besar, kecuali di daerah yang cukup jauh dari Kota Besar. Meskipun harganya hanya 4 jutaan, jika Anda memiliki pengetahuan dan skill mengambil foto yang baik termasuk pengaturan Aperture, Diafragma, Speed, Composition, serta cahaya, hasil fotonya tidak akan kalah dari hasil kamera seri di atasnya.

Nikon D3100

Nikon D3100Seri kamera DSLR termurah Nikon ini pun sudah diteruskan oleh D3200 dan D3300. Meski begitu, untuk Anda yang baru terjun di dunia fotografi serius, hasil foto D3100 termasuk yang disegani. Seperti dikatakan sebelumnya, jika Anda memiliki pengetahuan dan skill, mengambil gambar dengan D3100 akan menghasilkan karya yang amazing.

Harga Nikon D3100 saat ini mulai dari Rp 4.095.000 untuk body only, dan Rp 4.640.000 untuk versi Kit. Untuk menghemat pengeluaran, opsi membeli kamera DSLR dengan Kit Lens adalah yang terbaik. Kecuali jika Anda sudah tau lensa apa yang dibutuhkan, misalnya lensa 50mm, lensa makro, dsb.

Berdasarkan banyak review, Nikon D3100 menghasilkan foto yang lebih berkualitas namun Canon 1100D memiliki penggemar yang lebih banyak. Banyak humor tentang hal ini, kalau Anda memiliki DSLR Canon, banyak lensa yang bisa Anda pinjam dari teman Anda. Hal ini tidak salah namun juga tidak tepat 100%. Kedua kamera tsb memiliki hasil foto dengan kualitas yang sama baiknya, adapun perbedaan kualitas detail, akan hilang ditutup dengan sisi kreativitas dan ide foto itu sendiri.

Lihat ulasan DSLR lainnya di kategori Kamera DSLR. Selamat berburu kamera DSLR idaman Anda.



Terms: kamera dslr termurah saat ini, kamera dslr murah berkualitas, spesifikasi nikon dslr pengeluaran terbaik, kamera dslr paling murah, dslr murah berkualitas, kamera dslr termurah, dslr canon paling murah, harga kamera dslr canon paling murah, nikon d3100 vs canon 1200d, rekomendasi kamera dslr murah berkualitas

LEAVE A REPLY