Anda tak mau direpotkan dengan fitur yang complicated di DSLR dan Mirrorless tapi Anda ingin hasil foto yang Anda dapatkan berkualitas tinggi, kini kamera compact atau kamera point-and-shot dapat melakukan itu.

Semakin canggih fitur dan kemampuan kamera pocket membuat kita tak perlu direpotkan jika hanya sekedar ingin mengambil foto-foto dan video untuk keperluan pribadi, bahkan untuk penggunaan komersial sekalipun.

Sensor yang digunakan pada kamera pocket yang semakin besar membuat hasil gambar semakin tajam dan jernih. Ditambah fitur untuk memaksimalkan hasil foto, Anda bisa mendapatkan foto yang memuaskan. Dan inilah 3 + 1 kamera pocket/ compact/ saku/ point-and-shot, terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Sony Cyber-shot RX100 IV

Kamera-Pocket-Terbaik-Sony-Cyber-shot-RX100

Sensor besar 1″ serta fitur lengkap yang dimiliki salah satu kamera compact termahal ini menjamin hasil foto yang superb. Versi terakhir bahkan sudah bisa merekam video dalam resolusi UHD atau 4K. You want small but powerful camera, this is it. 

Alright.. Harganya memang gak ramah untuk kantong semua orang, karena itu, alternatif yang masih satu tipe, ada versi-versi sebelumnya yang juga tak kalah dahsyat. Harganya pun sudah lebih murah.

Jika RX100 IV harus ditebus dengan harga hampir 15 juta rupiah, maka Sony Cyber-shot RX100 III bisa Anda bawa pulang dengan uang 10 jutaan saja, atau Sony Cyber-shot RX100 II yang kini sudah berada di kisaran harga 7 jutaan.

Sony Cyber-shot RX100 (gen awal) bahkan dijual dengan harga hanya hampir 5 juta rupiah dan masih menjadi salah satu pilihan kamera saku terbaik saat ini.

2. Canon PowerShot G Series

Kamera-Compact-Terbaik-Canon-PowerShot-G-Series

Ada beberapa tipe kamera Prosumer PowerShot G series ini. Semakin baru dan semakin mahal mudahnya semakin bagus spesifikasinya. Meski kamera ini termasuk ke kelas prosumer, namun banyak yang masih menganggap kamera ini tetap kamera saku karena dimensi yang compact. Harga PowerShot G series bervariasi. Mulai dari 4 jutaan, hingga 9 jutaan pun tersedia.

3. FujiFilm X100 Series

FujiFilm-X100T

Sama seperti Sony RX series, FujiFilm X100S dan X100T juga dijual dengan harga yang “serius”. Anda bisa menebus dua tipe kamera compact terbaik FujiFilm ini dengan harga 12 jutaan dan 14 jutaan. Not for everybody. Tapi yang Anda dapatkan bisa sebanding dengan harga tsb. Desain body yang classic berkelas, serta hasil foto yang menakjubkan bisa diberikan oleh duo X100 series ini.

Sony Cyber-shot W810/830

“I have no much money bro!!”

It’s okay… PMC punya satu pilihan yang sangat menarik. Salah satu compact camera murah terbaik adalah Cyber-shot W810 dan W830. Anda bisa mendapatkan kamera ini dengan harga 1,2 hingga 1,5 jutaan rupiah. Terjangkau bukan?! Jauh jika dibandingkan 3 pilihan sebelumnya.

Kamera-Pocket-terbaik-Harga-Murah-Sony-CyberShot-W830

Meski harganya cuma 1 jutaan, hasil foto duo camera ini patut diacungi jempol. Hasil fotonya tajam, warnanya sangat kaya, serta detail yang menakjubkan untuk kamera di kelas harga 1 jutaan. Fitur-fitur kamera ini juga cukup lengkap dan sangat membantu, contohnya seperti Steady Shot untuk mendapatkan video yang tidak blur karena tidak stabil.

Itulah 3 + 1 kamera compact terbaik tahun 2015, Anda bisa memilih sesuai dengan budget Anda. Untuk kamera compact terbaik harga 2 dan 3 jutaan mungkin akan PMC bahas lain waktu. Semoga berguna dan selamat memilih kamera terbaik untuk Anda.

SHARE

4 COMMENTS

  1. selamat malem, 🙂
    mau nanya. menurut abang, misal nih kalo diminta pendapat. .. antara Canon 160 sama Sony W830. abang pilih mana? jujur. saya bingung. selisih harganya 500k. padahal ketika saya liat spesifikasinya, bersaing banget. thanks untuk masukannya.
    salam
    Rin 🙂

    • Compact camera dan Mirrorless keduanya merupakan jenis kamera digital. Bedanya, compact camera lebih terbatas fitur dan kemampuannya, pun tak bisa ganti lensa. Mirrorless bisa ganti lensa, kemampuannya mendekati, sama, bahkan lebih baik dari DSLR (tergantung tipe dan kelas).

LEAVE A REPLY