Makin ke sini, saya semakin suka pada gaya Asus menamai dan membuat konsep kelas smartphone mereka. Gampang buat dibagi-bagi dan dingat, gampang untuk dipilih sesuai kebutuhan paling penting.

Misalnya, kalau butuh baterai besar, bisa ambil Zenfone 3 Max, kalau mau yang ideal, bisa ambil Zenfone 3 standar, dan bagi yang mau fitur kamera utama berkualitas dan bekerja sangat cepat namun harga terjangkau, ada Zenfone 3 Laser yang sebentar lagi akan kita bahas kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Asus Zenfone 3 Laser yang pertama tentu terlihat dari namanya, Laser untuk kamera utama. Tapi, apa kelebihan lainnya yang bisa meyakinkan Anda untuk membawa pulang smartphone harga 3 jutaan ini? Apa juga kelemahan dan kekurangan Asus Zenfone 3 Laser sehingga kita perlu melihat alternatif dari rivalnya? Berikut ulasannya.

kelebihan-dan-kekurangan-asus-zenfone-3-laser

Kelebihan & Kekurangan Spesifikasi Zenfone 3 Laser (ZC551KL)

Fitur Unggulan dan Kelebihan Zenfone 3 Laser:

  • Desain cakep banget. Ini gak lebay sih, menurut kami desain luarnya lebih cantik, kalem, dan sangat enak dipandang. Material case berbahan metal atau logam yang proses akhirnya menggunakan hyperfine sand-blasting untuk memoles permukaannya. Pilihan warnanya ada Glacier Silver dan Sand Gold yang menurut kami terlihat berkelas sekali.
  • Bobotnya 150 gram dengan ketebalan body 7.9 mm. Bobot ini sedikit lebih ringan dibanding rival kuatnya; Vivo V5 dan Oppo F1s, namun tidak terlalu signifikan.
  • Layar IPS 5.5-inch Full HD 1080 x 1920 piksel. Di sini, Zenfone 3 Laser unggul dibanding dua rivalnya yang asal China. Layarnya juga sudah menggunakan 2.5D Glass sehingga tampilannya sangat ergonomis dan nyaman dalam genggaman. Tidak ketinggalan, brightness hingga 500 nits dan lapisan Corning Gorilla Glass 3.
  • Fingerprint yang sangat cepat. Selain untuk membuka kunci dalam waktu 0.3 detik saja, panelnya juga bisa berfungsi untuk membuka kamera selfie dan mengambil gambar. Dan akses cepat aplikasi lainnya pun bisa dilakukan hingga 5 apps.
  • Performa memadai untuk berbagai apps. Berbekal Chipset Qualcomm Snapdragon 430 dengan CPU Octa-core 1.4 GHz, GPU Adreno 505, performanya bisa diandalkan untuk berbagai aplikasi.
  • Memory yang digunakan berkapasitas besar, hingga 4 GB RAM, dan internal storage 32 GB. Angka tsb berdasarkan data resmi Asus karena di negara lain, ada versi Zenfone 3 Laser dengan specs berbeda.
  • Slot microSD card hingga 128 GB. Untuk menyimpan banyak foto dan video tentu kita membutuhkan tambahan kapasitas besar dan itu bisa dimungkinkan di ponsel ini.

kelebihan-zenfone-3-laser

  • Dual SIM support dan jaringan $G LTE. Kedua slot SIM mendukung jaringan 3G dan 4G namun tentu hanya bisa aktif satu kartu dalam satu waktu. Sayangnya, slot SIM 2 harus berbagi dengan microSD, jadi kita harus pilih salah satu, kartu SIM 2 atau microSD. Jaringan 4G LTE-nya sudah FDD dan TDD, cocok untuk semua rata-rata operator 4G di Indonesia.
  • Sensor lengkap di kelasnya. Selain Fingerprint sensor, Zenfone 3 Laser menyediakan sensor lainnya termasuk Accelerator, E-Compass, dan Gyroscope.
  • Fitur konektivitas cukup lengkap termasuk WiFi b/g/n, Bluetooth v4.2, GPS, FM Radio, dan microUSB. Sayangnya Asus tidak menurunkan USB Type-C pada Zenfone 3 standar untuk smartphone 3 jutaannya.
  • OS Android Marshmallow dengan ZenUI 3.0. ZenUI terkenal dengan beberapa fiturnya yang khas. Sayangnya, biasanya banyak juga aplikasi bawaannya. Tersedia ZenMotion yang akan sangat memudahkan, misalnya mengetuk layar dua kali untuk membuka, dan swipe layar untuk membuka aplikasi tertentu dengan cepat.
  • Baterai 3000 mAh. Snapdragon 430 memiliki kebutuhan daya yang tergolong irit, sehingga kapasitas baterai 3000 mAh ini akan menyediakan daya tahan yang mencukupi. Diklaim baterai tsb bisa bertahan untuk waktu bicara 3G hingga 20 jam, WiFi browsing hingga 15 jam, dan hingga 12 jam untuk memutar video.
  • Speaker lima magnet dengan teknologi ICEpower menghasilkan suara 41% lebih keras dan distorsi 12% lebih kecil. Tersedia juga mode suara sesuai konten yang diputar.
  • Kamera depan resolusi 8 MP dengan aperture lebar f/2.0. Resolusi 8 MP tentunya sudah lebih dari cukup bagi banyak pengguna. Aperture lebar tsb sangat berguna untuk membuat hasil foto selfie terlihat terang karena banyak cahaya masuk, dan proses pengambilan gambar yang lebih cepat. Mode Beautification membuat hasil foto bisa lebih terlihat cantik dengan penghilangan bercak dan noda pada wajah.
  • Kamera utama sebagai fitur unggulan Zenfone 3 Laser menggunakan resolusi standar 13 MP dengan aperture f/2.0 5P lens menggunakan sensor Sony, serta fitur autofocus yang sangat cepat. Diklaim bahwa Zenfone 3 Laser bisa mengambil fokus dalam waktu 0.03 detik saja, hal ini dimungkinkan berkat penggunaan Laser autofocus yang bisa membidik objek secara akurat.
  • Bukan itu saja, kamera belakang Zenfone 3 Laser juga dibekali 3-Axis EIS atau Electronic Image Stabilization untuk menghasilkan video yang lebih stabil tanpa blur, serta tersedianya Dual-tone LED flash. Fitur khas PixelMaster 3.0 juga tersedia di sini termasuk Resolusi Super hingga 50 MP dengan menggabungkan beberapa foto. Real-time HDR tentunya juga tersedia, fitur Time Lapse dan Slow Motion juga sudah disediakan untuk kita berkreasi.

kekurangan-zenfone-3-laser

Kelemahan dan Kekurangan Asus Zenfone 3 Laser:

  • Telat masuk Indonesia. Ponsel ini sudah ada sejak berbulan-bulan yang lalu dan baru bulan ini secara resmi masuk Tanah Air. Why oh why. Ahaa… mungkin untuk menutup akhir tahun.
  • Aplikasi bawaan di ZenUI mungkin akan kurang begitu disukai sebagian pengguna yang ingin Android “pure.”
  • Slot SIM 2 harus bergantian dengan microSD. Ini kurang asik buat pengguna yang membutuhkan keduanya.
  • Fitur konektivitas biasa dan standar. WiFi-nya belum dual-band, NFC pun tidak tersedia. Cukup masuk akal karena rivalnya pun demikian.
  • Tidak ada pilihan warna gelap seperti hitam atau abu tua, para pria mungkin banyak yang kurang cocok dengan warna silver dan gold muda. Tapi saya pribadi suka, cowok tulen kok, percaya deh.
  • Performa hardware standar untuk harga 3 jutaan. Jika dibandingkan Galaxy J7 2016 yang harganya tidak jauh berbeda, Zenfone 3 Laser jadi terlihat sangat biasa. Apalagi jika dibandingkan Xiaomi, ah sudahlah, Xiaomi jangan diikut2in.

harga-asus-zenfone-3-laser

Itu dia gaes kelebihan dan kekurangan Zenfone 3 Laser versi PMC yang tentunya sangat relatif, tergantung kebutuhan dan prioritas Anda. Overall, Zenfone 3 Laser ini tergolong menarik berkat desain yang cantik abis, performa mencukupi, serta fitur fotografi yang setingkat di atas rivalnya, lirik V5 dan F1s.

Harga Asus Zenfone 3 Laser (ZC551KL)

Sesuai banderol resmi, harga Zenfone 3 Laser ini berada di angka Rp 3.399.000 atau 3,4 juta rupiah. Saat ini Galaxy J7 2016 juga dijual di angka yang sama.

Namun rival Zenfone 3 Laser menurut kami adalah yang sudah disebutkan; Vivo V5 harga 3,5 juta dan Oppo F1s harga 3,5 – 3,8 juta rupiah. Jika kedua ponsel tsb mengusung kamera depan sebagai fitur unggulan, Zenfone 3 Laser mengusung kamera belakang tanpa mengabaikan kamera depan. Selain fitur kamera, spesifikasi ketiganya terbilang sangat bersaing, desain yang sama-sama cantik pun membuat mereka bertiga seperti saudara.

LEAVE A REPLY