Oppo F1s hadir setelah F1 Plus yang sebelumnya didahului oleh Oppo F1. Smartphone Oppo seri F1 ini mengusung tagline yang sangat jelas; “Selfie Expert” karena fitur yang diunggulkan adalah kamera depan.

Saya bukan fans Oppo, tapi tentu kami harus subjektif dalam mengulas smartphone. Karena itu, di halaman ini, saya akan mengulas kelebihan Oppo F1s yang bisa menjadi alasan Anda membeli smartphone yang harganya hampir 4 juta rupiah ini. Selain itu, kekurangan Oppo F1s juga akan coba kami bahas agar menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli.

Sebagai perbandingan, kita bisa mengambil kakaknya F1 Plus. Namun sudah jelas sekali pemenangnya. Karena itu, dalam ulasan kelebihan & kekurangan Oppo F1s ini, kami mengambil beberapa smartphone lain sebagai perbandingan. Silahkan disimak.

kelebihan-oppo-f1s

Kelebihan & Kekurangan Spesifikasi Oppo F1s

Fitur Unggulan dan Kelebihan Oppo F1s:

  • Mudah didapat di berbagai kota. Tidak seperti rival Chinese lainnya, produk Oppo sangat mudah didapatkan di toko-toko HP bahkan di kota kecil. Jika ada satu yang saya kagum dari Oppo adalah bagaimana mereka menyampaikan pesan dan menyediakan unitnya ke konsumen, called as marketing.
  • Desain cantik. Tak sulit untuk menyukai desain Oppo F1s, terutama para wanita. Frame dan cover berbahan metal membuatnya tampil mewah. Di bagian depan, tak ada hiasan logo alias benar-benar “bersih.” Bobotnya 160g, standard untuk smartphone 5.5 inch. Pilihan warnanya termasuk Gold, Rose Gold, dan Gray yang mana juga sangat menarik untuk pengguna wanita.

spesifikasi-oppo-f1s

  • Layar 5.5 inch 720 x 1280 piksel LCD dengan 2.5D Scratch-resistant glass. Spec layarnya biasa saja, yang menjadi kelebihan Oppo F1s adalah aksen 2.5D dan lapisan yang tahan gores. Tapi biasanya pengguna ponsel di Indonesia langsung menempelkan screen guard tambahan.
  • ColorOS V3.0 berbasis Android 5.1 Lollipop. Tampilan user interface-nya sangat simpel, sekilas terlihat mengikuti konsep iOS iPhone. Namun tampilan ini bukan favorit semua orang walaupun akhirnya semua pengguna akan terbiasa.
  • Fingerprint sensor yang sangat cepat dan akurat di tombol Home. Bahkan kita bisa gak sadar ada fitur keamanan fingerprint reader karena proses yang sangat cepat. Namun tetap kita harus menekan tombol Home karena sensornya belum “always on.”
  • Prosesor Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53 dari MediaTek MT6750 dengan GPU Mali-T860MP2. Untuk menghandle urusan fotografi selfie, performanya sudah mencukupi walaupun bukan yang terbaik di kelas harga hampir 4 juta. Untuk menjalankan berbagai apss dan gaming, performanya pun bisa cukup diandalkan.
  • Memory RAM kapasitas 3 GB membuat Oppo F1s memiliki resource banyak untuk melakukan multitasking.
  • Kapasitas penyimpanan internal besar yakni 32 GB membuat kita tak perlu khawatir kehabisan storage untuk install banyak apps. Slot microSD pun tersedia jika Anda ingin menambah kapasitas penyimpanannya.

kamera-selfie-oppo-f1s

  • Dual SIM support jenis Nano SIM. Slot SIM 2 terpisah dari slot microSD sehingga kita tak perlu memilih mau pakai SIM 2 atau microSD.
  • 4G LTE Cat.6. Tentu Oppo F1s sudah mendukung jaringan 4G LTE untuk akes internet cepat bahkan F1s ini sudah siap hingga kecepatan 300 Mbps, namun tentunya ini tetap bergantung pada provider telekomunikasi dan internet di Indonesia. Dukungan 3G HSPA dan 2G EDGE/GPRS tentu juga tersedia.
  • Fitur konektivitas lain seperti WiFi a/b/g/n, GPS, Bluetooth v4.0, dan FM Radio pun ada. Sayangnya NFC tidak tersedia dan memang Oppo seringnya meniadakan fitur ini.
  • Baterai kapasitas 3,075 mAh memberikan daya tahan yang lama bahkan lebih baik dari Oppo F1 Plus. Berdasarkan pengujian, baterai Oppo F1s bisa bertahan hingga 26 jam untuk bicara (3G), hingga 10,5 jam untuk browsing internet, dan hingga 11,5 jam untuk memutar video.
  • Kamera 13 MP dengan aperture f/2.2 di belakang dilengkapi phase-detection autofocus dan LED flash. Hasil fotonya terbilang standar dan tidak sebaik F1 Plus namun sudah cukup memuaskan.

contoh-a

  • Di depan, tersedia kamera selfie 16 MP f/2.0. Ini sejatinya adalah fitur unggulan Oppo F1s. Fitur pelengkap seperti beautify tersedia untuk meningkatkan level kecakepan kita. Resolusi yang lebih tinggi bahkan aperture yang lebih lebar ini menghasilkan foto selfie yang sangat baik. Ketiadaan fitur autofocus seperti di Xperia XA Ultra misalnya, justru memudahkan saat mengambil foto selfie. Dari contoh foto selfie F1s, terlihat fotonya sangat detail, dan ketika digunakan di dalam ruangan, foto terlihat tetap terang berkat aperture lebar.
  • Kedua kamera baik di belakang atau pun di depan, sama-sama bisa merekam video hingga resolusi Full HD 1080p. Kualitas videonya tergolong standar di kelasnya dan sebagian besar pengguna akan dipuaskan dengan kualitasnya.

kekurangan-oppo-f1s

Kelemahan dan Kekurangan Oppo F1s

Selain beberapa kekurangan yang sudah disebutkan di atas, berikut kekurangan Oppo F1s lainnya jika dibandingkan rival sekelas, termasuk Samsung Galaxy J7 Prime dan J7 2016.

  • Layar IPS LCD biasa dengan resolusi 720 x 1280 terbilang inferior. Kakaknya F1 Plus dengan AMOLED memiliki tampilan layar yang lebih cerah dan contrast tinggi sehingga nyaman digunakan di bawah terik matahari, begitu juga Galaxy J7 2016. Sedangkan layar Oppo F1s ini sangat biasa dan tidak istimewa.
  • Performa F1s tergolong biasa saja meski sebenarnya sudah mencukupi. Dari pengujian menggunakan benchmark AnTuTu, score F1s berada di kisaran 43 ribu.
  • Belum dilengkapi fitur VOOC atau fitur pengisian baterai super cepat. Seperti kita ketahui, Oppo sangat khas dengan fitur VOOC-nya, namun Oppo F1s hanya mendukung charging melalui adapter 2A. Pengisian baterainya sudah lumayan cepat, berdasarkan pengalaman saya pribadi, charger 2A untuk baterai 3000 mAh bisa mengisi rata-rata 1% per 1 menit. Jadi untuk pengisian 100%, rata-rata waktunya sekitar 1,5 jam.

Dari kelebihan dan kekurangan Oppo F1s di atas, memang bisa diakui bahwa Oppo F1s ini diciptakan untuk pecinta selfie. Foto kamera depannya sangat memuaskan bagi sebagian besar pengguna. Kekurangan pada layar sebenarnya cukup mempengaruhi karena tentu kita ingin melihat foto selfie kita lebih baik lagi berkat layar yang lebih amazing, untuk itu, jika ada budget lebih, mungkin Oppo F1 Plus bisa dipertimbangkan. Soal performa biasa dan ketiadaan VOOC, itu kekurangan yang sangat bisa dimaklumi.

harga-oppo-f1s

Harga Oppo F1s

Oppo F1s saat ini dijual dengan bandrol harga resmi Rp 3.799.000,-. Namun ada beberapa toko yang memberikan harga khusus yang lebih murah dari angka tsb, rata-rata 3,5 jutaan, kami sarankan Anda untuk membeli di tempat yang terpercaya.

Itulah informasi spesifikasi, kekurangan dan kelebihan Oppo F1s sebagai smartphone Selfie Expert atau ahlinya selfie, mudah-mudahan bisa membantu Anda menentukan pilihan dan keputusan untuk membeli atau tidak the Oppo F1s sebagai salah satu smartphone selfie terbaik harga 3 jutaan ini.

LEAVE A REPLY