Vivo V5 belum lama meluncur di Indonesia dan harganya diposisikan di kelas menengah. Fitur yang diunggulkan Vivo V5 adalah kamera depan sehingga akan cocok sekali untuk Anda pecinta selfie. Dengan tagline “Perfect Selfie”, ponsel ini secara langsung head-to-head melawan rival digjaya saat ini, Oppo F1s (lihat kelebihan & kekurangan Oppo F1s di sini).

Bahkan, harga Vivo V5 pun dibenturkan langsung ke Oppo F1s. Bagaimana dengan fitur-fitur dan spesifikasi Vivo V5 lainnya, kita akan bahan di ulasan kelebihan & kekurangan Vivo V5 berikut.

Dikarenakan rival terkuatnya di kelas ini hanya Oppo F1s, kita akan bandingkan dengan Si Selfie Expert tersebut. Rival lain yang juga menjadi pembanding adalah Samsung Galaxy J7 2016 dan LG X Cam. Berikut ulasan spesifikasi Vivo V5 berdasarkan kelebihan & kekurangan.

Harga Vivo V5 di Indonesia

Kelebihan & Kekurangan Spesifikasi Vivo V5

Fitur Unggulan dan Kelebihan Vivo V5:

  • Desain oke. Bahan material case menggunakan metal dan pilihan warnanya pun menarik. Namun jujur saja desainnya terlalu mirip dengan F1s, well, keduanya juga mirip iPhone terbaru. Soal desain memang tidak original, namun tetap saja menarik karena memang cantik. Bobotnya mirip dengan F1s, 154 g.
  • Fitur Fingerprint Sensor yang sangat cepat. Seperti F1s, performa sensor sidit jari di Vivo V5 juga sangat baik hingga kita tak perlu menunggu untuk membuka kunci.
  • Layar IPS 5.5 inch HD 720 x 1280 piksel dengan Corning Gorilla Glass. Ukuran layar besarnya membuat kita nyaman mengoperasikan ponsel ini. Teknologi IPS juga membuat sudut pandang luas. Sayang resolusinya masih HD, sama seperti F1s.
  • OS Android Marshmallow dengan UI Funtouch 2.6. Android yang masih relatif baru ini dibekali fitur-fitur yang sangat memudahkan penggunanya.

Funtouch OS Vivo-v5

  • Performa memadai berkat chipset Mediatek MT6750 dengan CPU Octa-core 1.5 GHz dan GPU Mali-T860. Menjalankan berbagai jenis Apps tentu bisa dilakukan V5 dengan mudah. Score benchmark AnTuTu Vivo V5 berada di kisaran 41 ribu.
  • Memory RAM 4 GB. Kapasitasnya sedikit lebih besar dari F1s yang beredar di Indonesia namun UI Funtouch juga mengonsumsi memory cukup besar.
  • Kapasitas penyimpanan internal 32 GB. Tak perlu khawatir kekurangan kapasitas saat instal banyak apps.
  • microSD card support. Untuk menambah kapasitas penyimpanan, kita bisa menyisipkan kartu memory meski sayangnya harus menggunakan slot bergantian dengan SIM 2 (hybrid).
  • Fitur konektivitas mencukupi. Termasuk ada WiFi, Bluetooth, GPS, FM Radio, microUSB, dan support juga USB OTG.
  • 4G LTE. Jaringan 4G V5 bisa mendukung provider-provider di Indonesia termasuk FDD dan TDD.
  • Baterai kapasitas 3000 mAh memberikan daya tahan yang cukup baik meski belum sebaik Galaxy J7 2016.
  • Kamera utama dibekali resolusi 13 MP dengan phase-detection autofocus dan LED flash. Kamera belakang ini bisa mengambil video hingga resolusi 1080p dan dilengkapi berbagai fitur pelengkap.
  • Kamera depan resolusi super tinggi; 20 MP dengan aperture f/2.0 dan rekam video hingga 1080p. Untuk melawan F1s yang dibekali kamera depan 16 MP, V5 dibekali resolusi lebih tinggi. Perbedaannya memang tidak akan terlalu signifikan namun setidaknya sedikit lebih baik. Kamera depan Vivo V5 juga dilengkapi berbagai fitur untuk membuat foto selfie lebih baik seperti Face Beauty 6.0, lalu ada Moonlight yang berfungsi memberikan cahaya saat memotret.

Kelemahan Vivo-v5

Kelemahan dan Kekurangan Vivo V5:

  • Layar biasa saja. Dengan resolusi HD, tampilannya tergolong standar. Untuk HP Chinese harga di atas 3 juta, seharusnya Vivo V5 dan Oppo F1s sudah menggunakan resolusi FHD. Rivalnya dari Korea bahkan lebih baik, ada X Cam dengan resolusi 1080p, dan Galaxy J7 2016 dengan Super AMOLED HD atau Galaxy J7 Prime resolusi FHD 1080p IPS LCD.
  • Baterai tanpa Fast Charging. Pengisian cepat hanya dimungkinkan dengan adapter 2A. Waktu pengisiannya sudah cukup baik namun jika dibekali Fast Charging akan semakin menarik.
  • Performa biasa. Sekali lagi, dengan harga di atas 3 juta dan merupakan vendor asal China, harusnya performa yang dimiliki bisa lebih baik. Bahkan Galaxy J7 2016 pun lebih tinggi performanya. Penggunaan chipset Helio X20 misalnya, akan sangat kami apresiasi.

Kekurangan Vivo V5 sangat mirip dengan Oppo F1s karena sejak awal sepertinya memang didesain untuk melawan langsung rivalnya tsb. Keduanya mengusung fitur selfie sebagai unggulan, fitur lainnya tergolong biasa. Jika Anda menginginkan foto selfie resolusi tinggi, mungkin kedua ponsel yang bersaing ketat ini bisa dipilih.

harga-vivo-v5

Harga Vivo V5

Vivo V5 dijual di Indonesia dengan harga Rp 3.499.000. Harga Vivo V5 ini lebih murah dari bandrol resmi Oppo F1s, namun banyak toko menjual F1s dengan harga yang segitu juga. Jadi soal harga, di kondisi sebanarnya bisa sangat bersaing. Tapi tidak di semua daerah dan tidak di semua toko karena sebagian besar masih menjual F1s dengan harga Rp 3.799.000 sesuai bandrol resmi.

Itulah ulasan kelebihan dan kekurangan Vivo V5 yang menurut kami sangat mirip bahkan terlalu mirip dengan Oppo F1s. Kelebihan Vivo V5 dibanding F1s tentu pada resolusi kamera depan lebih tinggi dan harga resmi lebih murah. Sedangkan untuk OS dan kemudahan mendapatkan unit, Oppo F1s relatif unggul. Semoga membantu.

LEAVE A REPLY