Setelah cukup lama Lenovo tidak meluncurkan laptop yang menyita perhatian, akhirnya datanglah IdeaPad 100s yang ditempatkan di kelas laptop bagus harga sangat murah.

“Sangat murah,” tidak berlebihan kalau kami mengatakan itu. Dengan bandrol 2,5 jutaan rupiah, laptop ini dilengkapi fitur dan paket yang lengkap dan siap untuk mendukung pekerjaan kita. Satu kelebihan yang langsung kami tangkap dari Lenovo IdeaPad 100s adalah daya tahan baterai yang tergolong superb.

Lenovo IdeaPad 100s sejatinya merupakan lawan sepadan salah satu tipe laptop dari Asus yang juga dibekali specs mirip, daya tahan baterai setara, namun harga yang sedikit lebih mahal. Karena itulah IdeaPad 100s ini menjadi pilihan yang sangat menarik saat ini. Kita akan bahas lebih detail tentang IdeaPad 100s, apa kelemahan dan kelebihan lainnya.

Harga Lenovo IdeaPad 100s

Seperti dikatakan sebelumnya, IdeaPad 100s yang akan kita bahas yakni dengan kode 2GID, 2FID, dan 2EID dimana menggunakan layar kelas 11-Inch ini dibandrol harga 2,5 jutaan, tepatnya Rp 2.599.000. Beberapa toko memberikan potongan sekitar 100 ribu. Dengan harga yang sangat murah tsb, laptop ini sudah dilengkapi dengan OS ori bawaan, Windows 10. Nice!

Spesifikasi IdeaPad 100s

Main Hardware

IdeaPad 100s mengunakan Intel® Atom™ Z3735F Quad-Core Processor yang merupakan prosesor untuk kelas tablet dan device mobile.

Prosesor ini sebenarnya bukan barang baru karena hadir sejak 2014 namun memiliki kelebihan yang sangat berguna yakni keiritan dayanya. Intel Atom Z3735F hanya mengkonsumsi daya tidak sampai 4 watt, percayalah, itu sangat rendah untuk ukuran sebuah laptop. Clockspeed berada di kisaran 1.33 hingga 1.83 GHz. Berkat teknologi 22 nm manufacturing, selain daya yang rendah, performanya juga meningkat dibanding generasi sebelumnya, klaimnya hingga 50% lebih baik, tentu dibandingkan tipe yang setara ya, dalam hal ini Z2580 atau Z2760.

Jangan berharap terlalu tinggi pada performanya, misalnya untuk photoshop atau video editing. Memang masih memungkinkan, namun laptop ini tidak diperuntukkan untuk itu. Laptop ini lebih cocok untuk menjalankan program-program standar seperti Microsoft Office, browser, dan multimedia seperti menonton film atau mendengarkan musik. Graphics card HD Graphics Bay Trail sudah bisa mendukung aktivitas tsb dengan cukup lancar, sedangkan untuk gaming, hanya game yang ringan saja yang memungkinkan untuk dijalankan.

Laptop-2-jutaan-terbaik-Lenovo-IdeaPad-100s

Memory RAM IdeaPad 100s dibekali kapasitas 2 GB yang tentu saja berjenis LDDR. Untuk specs prosesor dan peruntukkan laptop ini, rasanya 2 GB sudah cukup.

Kapasitas storage IdeaPad 100s relatif kecil namun relatif standar di kelas laptop mobile. IdeaPad 100s menggunakan 32 GB eMMC yang tentu akan sangat terbatas jika kita ingin menyimpan data foto, video, apalagi film. Namun untuk menyimpan dokumen dan data-data yang bersifat penting, sisa storage masih sangat mencukupi. Solusi untuk storage yang kecil adalah penggunakan kartu memory dan flash disk. Jika koneksi internet Anda selalu ready, online storage juga bisa dijadikan solusi yang sangat memudahkan.

Layar 11 Inch

Ukuran yang digunakan adalah 11.6″ jenis LED Glossy dan resolusi HD 1366 x 768. Tidak ada yang terlalu istimewa di sini, fitur ini sudah mencukupi. Dan dengan ukuran layar ini, bobot dan dimensinya sangat ramah ketika kita masukkan dalam tas kita.

Kelebihan-Lenovo-IdeaPad-100s

Dimensinya berada di ukuran 292 x 202 x 17.5 mm dan bobot hanya 1 Kg. Sangat ringan untuk ukuran sebuah laptop, bahkan bobot ini tidak berbeda banyak dibanding MacBook Pro 12 Inch yang bandrolnya 7x lipat lebih mahal.

Daya Tahan Baterai

Dari semua yang ditawarkan IdeaPad 100s, selain harganya, yang paling menarik adalah daya tahan baterai yang tergolong lama. Dengan 4-cell battery, laptop ini dapat bertahan hingga 8 jam ketika digunakan web browsing dengan setting layar 150 nits, atau sekitar 50 – 70 %. Tentu penggunaan berbeda menghasilkan daya tahan baterai yang berbeda pula. Bahkan baterai ini bisa tahan lebih dari 8 jam jika penggunaannya relatif normal, tidak terus menerus browsing web misalnya.

Setidaknya kita tidak perlu khawatir kehabisan baterai ketika sedang mengerjakan sesuatu di taman atau cafe, atau ketika kita sekolah atau ngampus. Kita gak perlu ribet nyolok charger yang seringnya rebutan dengan teman kita. haha.

Fitur Network dan Konektivitas

Lenovo IdeaPad 100s disebut lengkap fitur mobile-nya (di sales letter-nya). menurut kami sebenarnya biasa saja, seperti seharusnya sebuah laptop.

Fitur yang dimasukkan termasuk WiFi b/g/n, Bluetooth 4.0, USB port, microSD card slot, dan HDMI-Out, itu saja. Ya memang itu saja yang dibutuhkan. Port USB-nya adalah USB 2.0 sebanyak 2 buah. Sedangkan audio jack-nya menggunakan jenis Combo (audio/mic).

Review-Specs-Lenovo-IdeaPad-100s

Fitur lain yang juga wajib adalah webcam, dan IdeaPad 100s dibekali kamera resolusi 0.3 MP atau VGA dengan dual microphone. Resolusi tsb tentunya relatif rendah, namun tidak lantas menjadi kelemahan karena banyak laptop yang lebih mahal pun masih menggunakan resolusi tsb. Seandainya bisa lebih tinggi, HD misalnya, tentu lebih baik. Tapi dengan harga 2 jutaan? Tidak tau diri kalau kita meminta berlebihan 😀

Output audio-nya dipercayakan pada dual speaker stereo dengan dukungan teknologi Dolby® Advanced Audio™ Certification. Dolby Audio biasanya meningkatkan power audio. Untuk output yang lebih baik, tentu penggunaan earphone atau headphone lebih direkomendasikan.

Lenovo-IdeaPad-100s-Pilihan-warna

So, itulah Lenovo IdeaPad 100s, laptop harga 2 jutaan dengan paket yang lengkap. Kalau Anda memiliki budget terbatas untuk laptop, laptop ini sangat direkomendasikan. Tapi kalau Anda butuh performa lebih baik, sebaiknya tambahkan budget dan pertimbangkan pilihan lainnya. Misalnya HP 14-ac153TU atau yang lebih baik lagi.

Kelemahan Lenovo IdeaPad 100s

Selain kelebihan yang dimiliki seperti bobot ringan, daya tahan baterai yang baik, harga murah, dan sudah sepaket dengan Windows 10, kelemahan laptop ini adalah pada performa hardware yang sangat terbatas. Kalau hanya digunakan untuk program-program standar, tidak akan menjadi masalah. Tapi kalau Anda ingin melakukan hal yang lebih berat, performanya kurang tangguh.

Kekurangan-Lenovo-IdeaPad-100s

Selain itu, Lenovo IdeaPad 100s juga bukan laptop standar sehingga storage internal hanya 32 GB. Ini menjadi kelebihan karena harga menjadi murah, bobot menjadi ringan, dan jauh lebih irit daya dibanding hard disk biasa, tapi juga akan cukup merepotkan jika kita harus menyimpan banyak foto/video. Kekurangan yang relatif juga adalah tidak adanya slot security (kensington lock), fitur ini lebih banyak yang tidak memanfaatkan.

Overall, laptop ini sudah sangat mencukupi untuk target yang dituju yakni pengguna yang tidak neko-neko ketika menggunakan laptop. Harga 2,5 juta rupiah, worth it!

SHARE

LEAVE A REPLY