Smartphone Lenovo saat ini populer dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Di rentang harga 1 jutaan, belum banyak rival lain yang dibekali spesifikasi bagus dan dengan OS Android KitKat, Lenovo hadir dengan seri terbarunya, A328. Jika dibandingkan dengan banyak merk Android Smartphone lain, harga Lenovo terbilang sangat terjangkau dan berkompetisi langsung dengan merk-merk lokal dimana sama-sama menyajikan spesifikasi lebih tinggi dibanding kelas harganya. Nama Lenovo yang sudah sangat terkenal dengan produk komputernya tentu memberikan keuntungan sendiri bagi perusahaan asal China ini.

Spesifikasi Lenovo A328Lenovo A328 hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone Android pemula. Meski kelas entry-level, nyatanya Lenovo A328 sudah menggunakan Android OS versi KitKat dan layar yang cukup lebar. Prosesor yang digunakan serta besar RAM pun sudah sangat cukup untuk aktivitas komputasi mobile pada umumnya seperti browsing, chatting, dll. Meski banyak kelebihan, Lenovo A328 pun tak luput dari kelemahan-kelemahan khas smartphone entry-level dan kali ini kita akan mengulas Lenovo A328 untuk Anda.

Harga Lenovo A328

Sebelum membahas spesifikasi yang diusung Lenovo A328, berapa sih harga Lenovo A328 saat ini?

Lenovo A328 dibandrol dengan harga yang tak jauh dari 1 jutaan tepatnya Rp 1.350.000,- atau lebih mahal 300 ribu rupiah dari sang kakak yang memiliki layar lebih besar dan kamera lebih baik, Lenovo A536. Pada rentang harga ini, tak banyak rival lain yang mengusung spesifikasi setara, pilihan terberat tentu saja datang dari merk-merk lokal seperti IMO Raptor, Advan Star S5M, dan Evercoss A7Z Zeus. Sedangkan dari merk Korea dan China lainnya, ada LG L60 Dual dan Oppo Joy.

Spesifikasi Lenovo A328

Lenovo A328 dibekali fitur dan spesifikasi utama antara lain; OS Android KitKat v4.4.2, Layar 4.5 Inci 480 x 854 piksel 218 ppi, Dual SIM GSM, HSDPA, Quad-core MTK6582 1.3 GHz Cortex-A7 Processor, GPU Mali-400MP2, 1 GB RAM, 4 GB Internal Storage, microSD, 5 MP Rear Camera fixed focus with LED flash, 2 MP Front Camera, WiFi, Bluetooth, microUSB, dan 2000 mAh Battery.

Desain Lenovo A328

Lenovo A328 SpesifikasiSmartphone ini tampak seperti ponsel Android pada umumnya dengan bagian depan terdapat layar, front camera, dan 3 tombol kapasitif di bagian bawah layar. Bahan luar Lenovo A328 bermaterial plastik yang cukup licin namun Lenovo melengkapi paket penjualan dengan case bahan karet sehingga bisa memberikan grip lebih baik. Di bagian atas terdapat port USB dan jack audio, sedangkan tombol power dan volume terletak di bagian kiri ponsel sehingga pengoperasian menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Di bagian belakang terdapat kamera, LED flash, dan speaker. Lenovo A328 memiliki dimensi 132 x 68.5 x 11 mm dengan bobot sekitar 140 gram.

Layar dan OS Lenovo A328

Fitur Lenovo A328Sebagai komponen yang paling sering diakses, layar ponsel ini berukuran 4.5 inci dan resolusi 480 x 854 piksel dengan kerapatan 218 ppi jenis TN. Layar ini memang tidak sebaik layar IPS namun sudah cukup nyaman untuk aktivitas komputasi mobile. Dengan Android OS KitKat, Lenovo A328 juga menggunakan Lenovo Launcher. Tampilan menu yang dihilangkan membuat shortcut berada di halaman homescreen beserta widget-nya.

Hardware Lenovo A328

Untuk memberikan performa cukup untuk kebutuhan standar smartphone, Lenovo A328 dibekali prosesor Quad-core dari Mediatek dengan clockspeed 1.3 GHz. Urusan grafik di-handle oleh GPU yang cukup baik di kelasnya yakni Mali-400MP2. Dengan RAM 1 GB, menjalankan aplikasi akan lebih leluasa tanpa khawatir kehabisan memory. Besar memory ini relatif besar di kelas 1 jutaan. Penyimpanan data tersedia 4 GB yang tersisa setengahnya setelah terpakai oleh sistem dan jika kurang masih ada slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 32 GB. Baterai yang digunakan berkapasitas 2000 mAh dimana merupakan standar di kelas layar 4.5 inci. Dari komponen-komponen di atas, hasil pengujian benchmark AnTuTu menghasilkan score 18.239, not bad.

Network dan Konektivitas

Lenovo A328 HargaLenovo A328 berjalan pada jaringan GSM dan dapat menampung dua kartu SIM. Akses internet broadband tersedia jaringan 3G HSPA+ meski hanya untuk satu kartu saja. Selain 3G tentu tersedia juga EDGE dan GPRS pada jaringan 2G untuk Anda yang berada di luar jaringan 3G. Fitur konektivitas lainnya tersedia WiFi b/g/n, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.0 with A2DP, dan microUSB. FM Radio pun tersedia untuk menambah fitur hiburan Lenovo A328. Fitur penunjuk arah atau navigasi tersedia pada ponsel ini berkat adanya A-GPS.

Kamera Lenovo A328

Untuk mengabadikan moment, Lenovo A328 dibekali dua kamera di bagian depan dan belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 5 MP dengan LED flash namun tanpa autofocus. Sedangkan kamera untuk selfie menggunakan resolusi 2 MP. Hasil kameranya memang termasuk standar entry-level namun cukup untuk sekedar mengambil foto sehari-hari ataupun selfie.

Kelebihan dan Kelemahan Lenovo A328

Kelebihan: Prosesor quad-core, layar lebar, harga terjangkau, fitur cukup lengkap

Kelemahan: Kamera tanpa autofocus

Verdict: Jika Anda mencari smartphone layar 4.5 inci dengan performa yang cukup untuk aktivitas komputasi mobile standar, Lenovo A328 cukup menarik untuk dipertimbangkan. Di kelas harga 1 jutaan, tidak banyak yang bisa diharapkan dari smartphone merk luar. Apa yang ditawarkan Lenovo A328 masih tergolong sangat baik dibanding rival dengan harga setara. Sedangkan jika Anda mengharapkan durabilitas yang lebih baik serta fitur yang juga mencukupi, LG L60 bisa dipertimbangkan.



Terms: android 300 ribuan layar lebar 2015

LEAVE A REPLY