Lenovo Flex 2 adalah seri terbaru dari Flex series menggantikan Flex generasi pertama. Lenovo Flex 2 ditawarkan dalam dua versi prosesor namun di Indonesia saat ini yang terbanyak dijual adalah versi i5 dengan Graphics card dedicated GeForce.

Lenovo Flex 2 adalah sebuah device yang memiliki dua mode yakni mode sebagai laptop, dan mode (tablet dengan) stand, karena itu Lenovo Flex 2 cukup pantas dimasukkan dalam kategori Laptop Hybrid meski tidak bisa dirubah dalam mode full tablet, tidak seperti sang kakak, Lenovo Yoga series.

Harga Lenovo Flex 2

Harga Lenovo Flex 2Saat ini di banyak toko komputer hanya tersedia versi Lenovo Flex 2 i5 dengan NVIDIA GeForce GT 840M berharga Rp 8.999.000,-

Anda juga masih dapat menemukan di pasaran laptop Lenovo Flex generasi pertama dengan harga Rp 6.999.000,- (Core i3) dan Rp 4.099.000,- (Intel Celeron) untuk versi Flex 10 inci.

Harga ketiga versi Flex series tsb relatif terjangkau menimbang fitur layar touchscreen, dual mode, serta sudah dibekali Windows 8.1 Original sebagai standar penjualan. Bisa dikatakan, value for money Lenovo Flex series cukup tinggi.

Ulasan Spesifikasi Lenovo Flex 2

Desain dan Layar

Lenovo Flex 2 memiliki desain layaknya sebuah laptop 14 inci namun ketika layarnya diputar hingga 300 derajat, Lenovo Flex 2 tampak seperti sebuah tablet yang didudukkan pada sebuah stand. Dua mode ini sangat membantu memudahkan kita dalam pengoperasian berdasarkan kebutuhan aktivitas kita. Misalnya jika kita gunakan untuk mengetik dokumen yang cukup panjang, maka tentu lebih nyaman menggunakan mode laptop, sedangkan jika kita ingin browsing internet, explore galeri, atau menonton video, akan lebih nyaman menggunakan mode stand, hal ini tentu saja tetap kembali kepada kebiasaan individu.

Kelebihan dan Kelemahan Lenovo Flex 2

Yang istimewa dari Lenovo Flex 2 adalah pada spesifikasi layarnya. Menggunakan ukuran 14 inci, layar Lenovo Flex 2 juga merupakan layar multitouch hingga 10-point, dan lebih impresif lagi resolusi yang digunakan sudah Full HD 1080p. Dengan resolusi tsb, tampilan layar Lenovo Flex 2 akan tampak lebih tajam dibanding resolusi WXGA. Sayang, finishing glossy membuatnya kurang nyaman digunakan di luar ruangan yang terkena cahaya matahari.

Dengan fitur dual mode (+ 1 in theory), Lenovo Flex 2 cocok untuk dibawa bepergian seperti misalnya ke kampus, hangout di cafe, atau sekedar duduk-duduk santai di taman. Bobotnya memang tergolong tidak terlalu ringan yakni menyentuh 1.9 Kg, namun setidaknya lebih ringan dibanding laptop 14 inci kebanyakan.

Keyboard dan TouchPad

Fitur Lenovo Flex 2
Click to enlarge..

Lenovo Flex 2 menggunakan keyboard berdesain Accutype seperti pada flex dan yoga series. Anda akan cepat merasa nyaman menggunakan keyboard Lenovo Flex 2 untuk mengetik dalam waktu lama sekalipun. Tidak ketinggalan fitur keren Keyboard Backlit yang memungkinkan Anda mengetik dalam kondisi gelap. ‘keyboard yang menyala’ ini dapat Anda aktifkan dengan menekan tombol Fn + Spacebar. Touchpad yang digunakan Lenovo Flex 2 pun merupakan Multitouch Touchpad optimized for Windows 8.1, Anda dapat melakukan zooming, scrolling, dan rotating dengan lebih mudah.

Prosesor, RAM, GPU, dan HDD

Lenovo Flex 2 di beberapa negara lain ditawarkan dalam 3 versi yaitu versi i3, i5, dan i7, sedangkan versi global kemungkinan hanya i5 dan i7, di Indonesia, saat ini yang paling mudah ditemukan stoknya adalah Lenovo Flex 2 dengan prosesor Core i5.

Flex 2 menggunakan Intel Core i5-4210U Dual-core 1.7 – 2.7 GHz 3 MB Cache yang merupakan prosesor Intel Core 4th generation menggunakan arsitektur Haswell dan berjenis ULV atau irit daya. Prosesor ini lebih dari cukup memberikan performa untuk komputasi ringan-menengah, adanya fitur Turbo boost juga semakin meningkatkan performa i5 saat diperlukan. RAM standar Lenovo Flex 2 sudah 4 GB jenis DDR3L 1600 MHz sehingga sudah sangat cukup untuk berbagai aktivitas di laptop ini.

Kekurangan Lenovo Flex 2

Urusan grafik juga merupakan kelebihan yang ada pada Lenovo Flex 2 karena laptop ini menggunakan dedicated graphics card selain HD Graphics 4400 yang on board pada prosesor Haswell-nya. Adalah NVIDIA GeForce GT 840M 2 GB yang merupakan graphics card kelas menengah dengan performa yang terbukti tangguh. Dengan 2 GPU yang tersedia, laptop ini dapat nyaman digunakan untuk aktivitas multimedia seperti playback video, editing, bahkan menjalankan banyak modern gaming dengan setting medium-high. Sebagai catatan, graphics card GeForce hanya aktif ketika dibutuhkan dengan adanya teknologi NVIDIA optimus untuk menghemat penggunaan baterai.

Untuk penyimpanan data, versi yang dijual di Indonesia nampaknya hanya yang menggunakan hard disk kapasitas 500 GB tanpa SSD cache. Di luar sana, jenis yang digunakan adalah SSD yang dapat meningkatkan performa lebih cepat. Jika Anda membutuhkan kecepatan lebih, Anda juga bisa upgrade ke SSD oleh Anda sendiri, tidak direkomendasikan untuk pengguna pemula.

Input & Output

Kelebihan Lenovo Flex 2

Beberapa komponen untuk kebutuhan input dan output laptop ini tersedia cukup lengkap termasuk di antaranya kamera HD 720p dengan mic, 2x USB 2.0, 1x USB 3.0, Card Reader, HDMI port, Combo jack, LAN port, dan Stereo speakers with Dolby® Advanced Audio™. Fitur standar laptop yang tidak tersedia pada Lenovo Flex 2 adalah DVD RW dan port VGA, namun tak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan DVD RW eksternal dan VGA adapter jika dibutuhkan.

Connectivity

Selain port LAN, tentu Lenovo Flex 2 juga dibekali fitur network dan konektivitas nirkabel yakni WiFi b/g/n dan Bluetooth 4.0.

Baterai

Lenovo Flex 2 menggunakan baterai yang lebih kecil kapasitasnya dibanding Flex generasi awal. Dengan baterai 4-cell kapasitas 32.5 Wh, Lenovo Flex 2 dapat bertahan hingga lebih dari 5 jam untuk penggunaan browsing internet dengan WiFi atau mengetik dokumen, hingga sekitar 5 jam untuk menonton video 1080p, dan hanya 1 jam lebih jika digunakan untuk gaming. Daya tahan baterai ini tidak terlalu istimewa namun tidak terlalu buruk juga. Setidaknya, Anda bisa duduk di cafe untuk browsing selama 5 jam tanpa charging, atau menghidupkan laptop hingga dua mata kuliah.

Spesifikasi Lenovo Flex 2

KESIMPULAN

Lenovo Flex 2 adalah pilihan yang sangat menarik dengan banyak kelebihan dibanding harganya. Meski bukan untuk semua kalangan, harga 9 juta nampaknya cukup pantas untuk laptop hybrid ini. Anda dapat menghemat uang hingga lebih dari 5 juta dibanding jika membeli Lenovo Yoga series dengan spesifikasi yang mirip.

Kelebihan dan Kelemahan Lenovo Flex 2

Kelebihan Lenovo Flex 2:

  • Desain menarik, simpel dan modern
  • Mode laptop dan stand yang memudahkan
  • Layar touchscreen Full HD Resolution
  • Performa memadai untuk komputasi standar
  • Graphics card cukup tangguh
  • Keyboard dan touchpad yang nyaman
  • Speaker cukup berkualitas

Kelemahan dan Kekurangan Lenovo Flex 2

  • Layar glossy kurang nyaman digunakan di luar ruangan yang terkena cahaya matahari
  • Daya tahan baterai relatif kurang memuaskan
  • Jenis penyimpanan standar HDD

Overall, one of the most favorite laptop this year.

LEAVE A REPLY