Mencari laptop harga 2 jutaan saat ini sudah lebih susah dari beberapa tahun yang lalu. Hal ini karena banyak perusahaan yang sudah fokus pada smartphone yang lebih prospektif. Namun untuk Anda yang sedang mencari laptop murah 2 jutaan tak perlu khawatir karena setidaknya ada 2 merk yang masih memproduksi laptop layar kecil dengan harga terjangkau.

Kenapa Harus Beli Laptop?

Lenovo IdeaPad E10 Series - Laptop Murah 2 Jutaan Banyak pengamat tekno yang mengatakan bahwa era laptop akan segera digantikan oleh smartphone, artinya banyak pengguna yang akan beralih dari laptop ke smartphone atau phablet. Apalagi saat ini dukungan docking keyboard eksternal sangat mudah didapatkan dengan harga yang tak terlalu mahal, sehingga produktivitas tetap terjaga. Namun bagi sebagian orang, smartphone, phablet, bahkan tablet 10″ sekalipun belum bisa menggantikan fungsi laptop sebagai device untuk mengetik dan menyelesaikan tugas sekolah dan kantor. Investasi pada laptop tidak akan rugi untuk 3-5 tahun ke depan.

Satu dari sedikit pilihan laptop kecil dengan harga terjangkau adalah Lenovo IdeaPad E10. Laptop ini menggunakan layar dengan kelas netbook, sehingga cukup pantas jika Lenovo IdeaPad E10 juga dimasukkan dalam kategori netbook meski tidak tepat sepenuhnya.

Harga Lenovo IdeaPad E10 Series

Dari beberapa toko, harga termurah untuk laptop kecil ini berkisar di Rp 2.699.000,- dengan standar tanpa OS alias DOS.

Jika Anda memiliki budget lebih dari 3 juta, sebaiknya pertimbangkan laptop dengan layar 11.6″ untuk kenyamanan saat mengetik yang lebih baik, atau kalau perlu pilih laptop layar 14″ dengan harga mulai 3.5 jutaan.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad E10 Series

Lenovo IdeaPad E10 Series - Notebook Murah 2 JutaanProsesor: Ada dua tipe prosesor yang digunakan yakni Intel® Celeron® Processor N2815 (1860 – 2133 MHz, 1M Cache)  dan N2830 (2160 – 2410 MHz, 1M Cache). N2830 memiliki performa lebih baik yang dipakai pada IdeaPad E10 terbaru (E10 125). Kedua prosesor tsb memiliki performa yang jelas lebih baik dari prosesor Intel Atom.

Graphics Card: GPU on board pada prosesor di atas sudah mendukung DirectX 11 dengan performa di bawah HD Graphics 4000. Untuk urusan grafis foto, menyetel film, atau memainkan beberapa games yang agak lawas, graphics card ini masih mencukupi.

RAM: Standar RAM/ memory laptop murah ini sudah 2 GB sehingga tak perlu khawatir kekurangan cadangan memory untuk menjalankan multitasking. Anda dapat upgrade dengan mengganti RAM bawaan karena slot yang tersedia hanya satu.

Layar: Dibekali 10.1″ LED, resolusinya sudah WXGA atau 1366 x 768, tampilan yang dihasilkan tentu lebih baik dari layar 10″ netbook tahun-tahun lalu.

Hard Disk: Untuk penyimpanan data, laptop kecil ini dibekali HDD kapasitas 320GB. Dengan kapasitas tsb Anda tidak akan kekurangan tempat untuk menyimpan ribuan lagu, foto, dan beberapa film. Jika kurang pun Anda masih bisa menggunakan hard disk eksternal bukan.

Baterai: 3-cell battery dipercaya untuk menopang daya laptop ini. Meski kecil, namun daya tahan laptop ini cukup lama berkat komponen yang irit daya.

Lenovo IdeaPad E10 Series - Netbook Murah 2 JutaanFitur lain: Seperti notebook kebanyakan, Lenovo IdeaPad E10 juga dibekali fitur-fitur seperti WiFi, Bluetooth, kamera, 1 USB 3.0, 1 USB 2.0, HDMI, card reader, dan speaker stereo.

Bobot: Laptop 10″ ini berbobot 1.4 Kg, tidak ringan namun juga tidak terlalu berat di kelasnya.

Kesimpulan: Lenovo IdeaPad E10 adalah pilihan untuk Anda yang membutuhkan laptop layar 10 inci dan harga yang ramah kantong.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo IdeaPad E10

Kelebihan Lenovo IdeaPad E10: Desain menarik, fitur cukup lengkap, harga di bawah 3 juta.

Kekurangan Lenovo IdeaPad E10: Masih belum dibekali OS Windows  sebagai standar penjualan.

Catatan: Foto-foto di atas merupakan E10 seri terbaru. Pilihan lain E10 bisa saja memiliki desain yang berbeda.

Lihat juga: Pilihan laptop Intel Core i3 termurah.

LEAVE A REPLY