Lenovo IdeaPad G40-45 adalah salah satu laptop terlaris di pasaran saat ini. Bukan tanpa alasan Lenovo IdeaPad G40-45 menjadi pilihan terbaik di kelasnya, harga terjangkau, spesifikasi yang memadai dan terbaik dibandingkan dengan pilihan laptop lain di harga yang setara adalah dua faktornya.

Lenovo IdeaPad G40-45 DID-GID SpesifikasiLenovo sejak dulu sudah sering menawarkan produk laptop dengan spesifikasi tinggi namun harga yang lebih rendah, namun kenaikan harga dolar terhadap rupiah akhirnya ikut mempengaruhi banyak harga laptop yang masuk ke Indonesia. Untungnya Lenovo dapat melakukan strategi briliant dan menggunakan komponen alternatif berharga lebih murah namun dengan performa yang setara.

Harga Lenovo IdeaPad G40-45

Harga Lenovo IdeaPad G40-45 DID-GIDLenovo IdeaPad G40-45 DID dibandrol dengan harga Rp 4.099.000,- tanpa OS, sedangkan untuk versi berstandar OS Windows 8.1 (Bing), Lenovo IdeaPad G40-45 GID dibandrol sedikit lebih mahal yakni Rp 4.399.000,-. Tentu saja yang sudah dibekali OS lebih direkomendasikan untuk Anda pilih. Alternatif laptop lainnya di rentang harga 4 jutaan silahkan lihat di ulasan Laptop 4 Jutaan Pilihan Terbaik.

Spesifikasi Lenovo IdeaPad G40-45

Lenovo IdeaPad G40-45 DID-GID laptop AMD murahSeperti dikatakan sebelumnya, Lenovo IdeaPad G40-45 adalah salah satu pilihan terbaik di rentang harga 4 juta. Spesifikasi yang diusung sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan harian seperti program office, multimedia, internet browsing, dan lain-lain.

Keterbatasan performa akan terasa ketika mulai digunakan untuk program editor yang berat seperti video editor profesional, program desain pro, dsb. Berikut adalah penjelasan spesifikasi Lenovo IdeaPad G40-45.

PROSESOR

Lenovo IdeaPad G40-45 DID-GID laptop murah tangguhLenovo IdeaPad G40-45 menggunakan prosesor AMD A6-6310 Quad-core 1.8 – 2.4 GHz 2 MB Cache. Prosesor ini didesain untuk entry-level laptop dengan teknologi 28 nm yang diluncurkan pada April 2014, memiliki 4 cores dan fitur boost clock speed. Performa AMD Quad-core A6-6310 termasuk sangat baik dibandingkan dengan harganya, yakni hampir setara dengan Intel Core i3-4010U dan Intel Pentium B960. Dibandingkan dengan prosesor AMD yang banyak digunakan pada laptop 2 tahun lalu, AMD A8-4500M misalnya, AMD A6-6310 jelas lebih baik.

GRAPHICS CARD/ VGA

Kamera Lenovo IdeaPad G40-45 DID-GIDUrusan grafik juga di-handle sangat baik oleh laptop ini, pasalnya, graphics card on board pada prosesor AMD A6-6310 yakni AMD Radeon R4 memiliki performa yang cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan rival dari Intel, performa R4 setara dengan HD Graphics 4200, R4 juga setara dengan Radeon HD 7470M. Dengan graphics card tsb, laptop ini tidak terlalu buruk untuk menjalankan games modern seperti Sims 4, GRID: Autosport, Dead Space 3, Counter-Strike: Go dan beberapa game lainnya. Untuk game sekelas Fifa 14, AMD R4 bisa menjalankan dengan lancar hingga setting high. Kegiatan menonton film atau browse galeri foto tentunya akan lebih ringan.

RAM

Spesifikasi Lenovo IdeaPad G40-45 DID-GID
Klik untuk perbesar

Lenovo IdeaPad G40-45 dibekali RAM standar 2 GB DDR 3. Dengan memory 2 GB, Anda sudah bisa menjalankan multitasking dengan lancar, namun untuk program yang lebih berat, atau gaming, Anda bisa upgrade RAM menjadi lebih besar.

LAYAR

Lenovo IdeaPad G40-45 merupakan laptop dengan layar 14 inci seperti kebanyakan laptop saat ini. Resolusinya juga standar harga murah-menengah yakni WXGA 1366 x 768 piksel.

HDD/ DRIVE

Lenovo IdeaPad G40-45 dibekali hard disk kapasitas 500 GB yang sudah sangat cukup menyimpan banyak dokumen, lagu, dan video/ film. Optical Drive DVD juga disediakan pada laptop ini untuk read atau write keping DVD/ CD.

PORT/ SLOT

Lenovo IdeaPad G40-45 DID-GID Harga

Lenovo IdeaPad G40-45 dilengkapi port dan slot standar laptop 14″ seperti 2x USB 2.0, 1x USB 3.0, HDMI, VGA, LAN, headphone/ mic, dan Card reader SD/ MMC.

BATERAI

Menggunakan baterai 4-cell menjadi salah satu kelemahan laptop ini, namun membandingkan dengan laptop dari vendor lainnya yang juga menggunakan baterai 4-cell, nampaknya sudah menjadi standar laptop saat ini.

FITUR LAINNYA

Lenovo IdeaPad G40-45 DID-GID laptop murah berkualitasAkses internet dapat menggunakan kabel LAN, modem, atau dengan WiFi yang menjadi fitur standar laptop ini dan laptop lain pada umumnya. Transfer data dengan device lain selain menggunakan kabel USB juga bisa menggunakan Bluetooth. Untuk Anda yang hobi video chat dengan teman Anda, atau sekedar mengambil beberapa foto selfie di laptop, fitur kamera juga sudah disediakan.

DIMENSI/ BOBOT

Seperti laptop 14′ terjangkau lainnya, bobot laptop ini mencapai 2 Kg bahkan lebih yakni 2.1 Kg. Tidak ringan namun juga tidak terlalu merepotkan jika Anda sudah terbiasa membawa laptop standar. Dimensinya 349 x 245 x 24.8 mm, tidak jauh berbeda dengan laptop lainnya.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN 

Lenovo IdeaPad G40-45 DID-GIDKelebihan: Laptop ini menggunakan hardware dengan performa baik namun tetap dibandrol dengan harga terjangkau, Lenovo IdeaPad G40-45 GID dengan OS Windows Original standar juga menambah value laptop ini. Fitur yang disertakan merupakan standar laptop pada umumnya yang termasuk lengkap.

Kelemahan: Mempertimbangkan harganya, cukup sulit menemukan kelemahan atau kekurangan laptop ini. Beberapa kekurangannya adalah baterai yang hanya 4-cell, bobot yang kurang cocok untuk bepergian atau pengguna wanita. Namun sekali lagi, kekurangan tsb tidak signifikan dibandingkan dengan harga dan kelebihan lainnya.

Verdict: Lenovo IdeaPad G40-45 is one of the best choice laptop murah berkualitas saat ini.



Terms: lenovo g40-45, spesifikasi lenovo g40-45, harga Lenovo G40-45, Lenovo IdeaPad G40-45, lenovo g40-45 spesifikasi, lenovo g40 45, LENOVO IdeaPad G40-45 GID, kelebihan dan kekurangan laptop lenovo g40-45, laptop lenovo g40-45, harga laptop lenovo g40-45

13 COMMENTS

  1. ijin nambahin gan untuk masalah grapic, r4 ini merupakan grapic integrated yang memang berada satu kelas dengan intelHD4400 bahkan nvidia 820m (kelas 3), namun letaknya berada di rangking terbawah kelas tersebut sehingga kurang rasanya untuk bermain game berat, untuk PES 14 pun sepertinya akan sedikit lag jika disetting high, sumber _http://www.notebookcheck.net/Mobile-Graphics-Cards-Benchmark-List.844.0.html

    nitip blog ane gan http://im-tah.blogspot.com/2014/11/rekomendasi-laptop-november-2014.html

    • Terlalu jauh kalo dibandingkan dengan GT 820M. R4 memang bukan untuk gaming kelas berat, tapi dibandingkan dengan rival sekelasnya, performa R4 tergolong tangguh. Fifa dan PES bisa dikatakan masih masuk game yang ga terlalu berat dan masih playable di R4.

      • Tetap tidak bagus Pak. Jika untuk game kalau sedikit saja tidak lancar, maka tidak cocok dipakai untuk game. pengguna pasti kesal. laptop ini lebih tepatnya untuk multimedia aja, kantoran. kalau mau yang kuat game, bisa yg di atasnya versi A10.

  2. namun dengan spec yang tertera diats tidak bisa menjalakan game next gen…seperti
    WATCHDOG,dead rising 3 dan far cry 4..mungkin untuk far cry mungkin bisa.namun mengunakan setting low dan akan ada kendala lagging ketika moment tertentu (seperti kebanyakan NPC atau musuh bahkan ledakan dijarak yang dekat)

  3. Bang,numpang nanya kalo ram 2gb ddr 3, mau saya upgrade jd ram 2x4gb ddr 4 masi nyambung ngga sm laptopnya??
    Trs kalo saya mau upgrade procie ,hrs amd lg atau intel juga bias??

    • Kemungkinan motherboardnya yg gak support gan. Ganti procie? mending ganti laptop gan. Terlalu susah dan kebetulan saya belum pernah lihat ada yang sukses ganti procie, karena terlalu riskan juga, udah solderan. dan ya, kalau emang beneran niat banget, harus amd lagi biar support ama mobonya. kalo intel ya gantinya intel juga.

  4. Maksimal buat upgrade ram berapa gb ya min? Soalnya saya perhatikan vramnya itu ikut nambah saat ramnya saya tambahin jadi 4gb min.tolong pencerahannya min.mau upgrade 8gb – 10 gb soalnya min

    • Kurang tau ya gan. VRAM memang nambah kalau total RAM-nya diupgrade. Yang jelas lebih dari 8 GB RAM, kemungkinan udah gak begitu signifikan itu karena keterbatasan cpu, gpu, ama mobonya. 8 GB kayaknya masih mau nerima, udah agak lupa saya soalnya, tahun 2014 kan ya ini laptop.

LEAVE A REPLY