Lenovo IdeaTab A3000 adalah salah satu tablet terlaris di pasaran saat ini. Spesifikasi tangguh, fitur lengkap, Dual SIM, dan harga yang masih masuk kategori terjangkau adalah beberapa faktor larisnya tablet ini. Jika dibandingkan dengan tablet brand kuat lainnya, IdeaTab A3000 memiliki value for money lebih tinggi dengan quad-core processor dan spec hardware lainnya.

Harga Lenovo IdeaTab A3000

Lenovo IdeaTab A3000IdeaTab A3000 dijual dengan harga mulai dari Rp 2,2 Juta sampai 2,3 Jutaan. Harga ini 1 juta lebih murah dibandingkan rival setaranya dari merk Samsung. Namun meskipun dibandrol dengan harga terjangkau, spesifikasinya sangat bisa diandalkan, berikut uraiannya.

Desain

Tablet ini menggunakan material plastik untuk cover belakangnya, dan cover ini bisa dibuka, hal ini tidak seperti tablet lain kebanyakan yang hampir tidak mungkin dibuka covernya. Untuk baterai, tetap tidak mudah untuk dilepas karena tujuannya hanya untuk memasang/ melepas kartu SIM dan microSD. Bobot IdeaTab A3000 yang 339 gram tidak terlalu berat namun juga bukan yang teringan di kelasnya. Build quality IdeaTab A3000 jika dibandingkan Tab 7″ 3 jutaan rivalnya, terasa cheap dan tidak solid.

Layar Lenovo  A3000

Dengan IPS Display 7 inci, sudut pandang layarnya luas, ketika digunakan di bawah terik matahari pun masih bisa terbaca cukup jelas berkat pengaturan contrast dan brightness yang baik. Sayang resolusinya tidak begitu istimewa karena hanya 1024 x 600, 170 ppi, seperti kebanyakan tablet harga menengah ke bawah lainnya.

Hardware Lenovo IdeaTab A3000

A3000 dibekali prosesor Quad-core dari MediaTek (MTK8125) dengan clockspeed 1.2 GHz per core. Prosesor ini bekerja bersama GPU PoweVR SGX544 dan memory RAM 1 GB. Performa keseluruhan mendekati Nvidia Tegra 3 dan ini memuaskan. Main gaming 3D pun performanya tidak mengecewakan. Untuk penyimpanan, A3000 dibekali 16 GB internal storage dan dukungan microSD untuk ekspansi. Baterai A3000 berkapasitas 3500 mAh, dalam pengujian, Lenovo IdeaTab A3000 dapat bertahan hingga 7 jam untuk browsing internet dengan WiFi dan idle hingga 9 jam 45 menit. Sedangkan untuk gaming berat full brightness, A3000 bertahan sekitar 3 jam.
Lenovo A3000 Tablet bagus murah
Kamera

Dengan kamera belakang 5 MP dan rekam video FullHD, hasil fotonya cukup baik terutama di luar ruangan, sedangkan di dalam ruangan yang kurang cahaya, detail hasil foto tidak memuaskan. Kamera depan untuk video chat tersedia dalam resolusi VGA.

Kamera Lenovo A3000Jaringan dan Data

IdeaTab A3000 menggunakan jaringan GSM dan menyediakan Dual SIM. Akses internet pun sudah tersedia 3G HSDPA atau dengan jaringan WiFi. Transfer data antar device tersedia bluetooth dan microUSB.

KESIMPULAN

Daya tarik utama Lenovo IdeaTab A3000 adalah pada spesifikasinya yang tangguh namun tetap berharga terjangkau, setidaknya jika dibandingkan dengan tablet dari Samsung. Kekurangan Lenovo IdeaTab A3000 terletak pada resolusi layar yang biasa, hasil kamera kurang memuaskan, dan build quality yang tidak sebagus Galaxy Tab. Overall, untuk Anda yang mencari tablet murah performa bagus, Lenovo IdeaTab A3000 adalah jawabannya.

Photo result by notebookcheck | Lihat juga produk Lenovo lainnya.

LEAVE A REPLY