Lenovo P70 belum lama ini tersedia di pasaran dunia termasuk Indonesia. Jika Anda mencari informasi tentang Lenovo P70 dengan kelebihan dan kelemahannya, berikut ulasan P70 yang dikumpulkan dari berbagai sumber termasuk pemakai langsung yang sudah mendapatkan unit Lenovo P70.

Lenovo P70 hadir membawa paket yang lengkap mulai dari performa hardware yang masuk kelas atas, fitur-fitur multimedia yang sangat memadai, koneksi super cepat 4G LTE, dengan membawa baterai yang besar di atas rata-rata. Dengan kelebihan-kelebihan Lenovo P70 tsb, harga yang dibandrol tergolong sangat terjangkau. Bagaimana dengan kekurangannya?

Foto-depan-Lenovo-P70Lenovo P70 bukan tanpa kekurangan, di kelas harga 2 jutaan yang tidak jauh dari angka 3 juta, material yang digunakan tentunya bukan yang terbaik namun hal ini tentunya bukan masalah utama. Hal minus lainnya adalah OS yang digunakan dimana masih menggunakan Android KitKat dan belum ada kejelasan apakah akan ada update resmi dari Lenovo. Meski Android KitKat memiliki fitur yang sudah sangat lengkap dan operasi yang sangat stabil, bagi mereka yang sedang mencari Android Lollipop mungkin hal ini bisa menjadi kekurangan.

Sebelum membahas spesifikasi Lenovo P70 secara lebih detail, beberapa pengguna mengeluhkan ketahanan baterai yang dikatakan terlalu cepat habis, apakah benar seperti itu, apakah faktornya, bagaimana hubungan dengan spesifikasi yang diusung? Simak uraian spesifikasi Lenovo P70 lebih lanjut.

Harga Lenovo P70

Lenovo-P70-Harga-dan-SpesifikasiPada salah satu retailer smartphone Tanah Air, Lenovo P70 dibandrol dengan harga Rp 2.899.000,- dan mendapatkan diskon pada periode promo (pre-order) sebesar 100 ribu rupiah sehingga Anda bisa mendapatkan Lenovo P70 dengan harga 2.8 juta rupiah.

Pada rentang harga hampir 3 juta ini, terdapat beberapa pilihan dari vendor lainnya seperti Samsung Galaxy Grand 2, Sony Xperia M2, LG G3 Stylus, Asus Zenfone 6, dan yang baru hadir Xiaomi Mi 2S. Soal spesifikasi, Lenovo P70 masih memimpin, berikut spesifikasi Lenovo P70 lengkapnya.

Ulasan Spesifikasi Lengkap Lenovo P70

Layar dan Desain

Lenovo-P70-Gambar-Atas-BawahLenovo P70 menggunakan bahasa desain yang tampak mengotak namun sudut-sudutnya masih cukup membulat sehingga diyakini masih nyaman dalam genggaman. Soal material, seperti sudah dikatakan bahwa kualitasnya tergolong biasa saja sesuai dengan kelasnya, karena itu terasa kurang fair jika menuntut material yang terlalu bagus. Lenovo P70 kabarnya hadir dengan pilihan warna Midnight Blue.

Lenovo-P70-foto-sampingLayar yang digunakan memiliki diagonal 5 inci dimana merupakan diagonal yang ideal saat ini. Untuk yang bertangan kecil pun masih sangat mungkin untuk mengoperasikan hanya dengan satu tangan. Namun tentunya sebisa mungkin menggunakan dua tangan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, misalnya jatuh karena kehilangan grip. Bobot Lenovo P70 berkisar 149 gram, termasuk standar di kelasnya dan akan terasa solid dalam genggaman, begitu juga ketebalan yang hanya 8.9 membuatnya tampak slim meski menyimpan baterai besar.

Resolusi HD 720 x 1280 piksel tentunya bukan masalah untuk kebanyakan pengguna. Melihat video ataupun foto-foto sudah terlihat tajam dengan pixels density 294 ppi. Jenis layarnya menggunakan LCD IPS sehingga memiliki sudut pandang yang luas. Multitouch layar Lenovo P70 mendukung hingga 5 jari.

Hardware Lenovo P70

Beralih ke sektor komponen dalam, Lenovo P70 menggunakan prosesor Octa-core atau inti 8 dari MediaTek MT6752 Cortex A-53 dengan clockspeed hingga 1.7 GHz. GPU yang digunakan adalah Mali-T760MP2 yang merupakan GPU kelas menenengah atas, performa untuk urusan multimedia dan gaming 3D tentunya bukan masalah untuk Lenovo P70. Tidak cukup di situ, RAM Lenovo P70 juga dibekali 2 GB sehingga pengguna akan cukup nyaman menjalankan banyak apps tanpa khawatir kehabisan memory/ resource. Kombinasi komponen tsb menghasilkan score AnTuTu hingga angka 43 ribu, tentu masuk dalam jajaran smartphone kencang.

Kapasitas penyimpanan tersedia 16 GB Internal Storage yang tentunya sudah dipakai sebagian oleh system dan aplikasi bawaan. Jika kapasitas penyimpanan internal dirasa kurang, masih tersedia slot microSD yang bisa diisi hingga 32 GB.

KAMERA

Kamera-Lenovo-P70Masuk dalam kelas menengah, Lenovo P70 membakli fitur kameranya dengan spesifikasi yang cukup berkelas. Di bagian belakang terdapat kamera 13MP yang dibekali dengan fitur pelengkap Autofocus, LED Flash, Touch focus, Face detection, Panorama, serta dapat merekam video Full HD 1080p 30 fps. Di bagian depan, tersedia kamera selfie ataupun video chat dengan resolusi 5MP.

JARINGAN DAN KONEKTIVITAS

Lenovo P70 dapat menampung dua kartu SIM jenis Micro dan berjalan pada jaringan 2G, 3G, hingga 4G. Akses internet dapat dilakukan pada jaringan 2G GPRS/EDGE, 3G HSPA+, hingga 4G LTE dimana memiliki kecepatan hingga 150 Mbps Download dan 50 Mbps Upload. Fitur-fitur lain pada sektor ini antara lain WiFi b/g/n, WiFi Hotspot, Bluetooth 4.0, Radio, serta fitur GPS dengan A-GPS.

Fitur Lainnya

Lenovo P70 sudah dibekali 3 sensor termasuk Gravitation, Proximity, Light.

BATERAI

Foto-belakang-Lenovo-P70Kelebihan paling mudah dikenali dari P70 adalah kapasitas baterai yang mencapai 4000 mAh. Kapasitas ini tentunya termasuk sangat besar karena kebanyakan smartphone 5 inci lainnya hanya dibekali baterai kapasitas 2000 mAh hingga sekitar 2600 mAh.

Ketahanan baterainya diklaim dapat bertahan hingga 46 jam Talktime pada jaringan 2G, 18 jam Talktime 3G, 34 hari Standby 2G, 29 hari Standby 3G, dan 29 hari Standby 4G.

Berdasarkan klaim pengguna Lenovo P70, smartphone ini dapat bertahan untuk penggunaan normal hingga 2 hari. Setidaknya dalam sehari jika digunakan normal untuk chatting, browsing, dan menonton video, baterai akan bertahan hingga seharian. Namun tentu jika digunakan untuk gaming dimana menggunakan seluruh bagian komponen hingga level terberat tentu baterainya akan jauh lebih cepat habis.

Jika melihat strateginya, penambahan kapasitas baterai ini ditujukan agar penggunanya tetap mendapatkan daya tahan beterai yang ideal meski komponen yang digunakan termasuk rakus daya. Fitur menarik pada Lenovo P70 yang cukup unik adalah USB On-the-go Charging yang memungkinkan Anda charging smartphone/ device lain pada P70.

KESIMPULAN

Lenovo P70 dapat dengan mudah masuk dalam daftar smartphone pilihan terbaik di kelas harga 2 Jutaan hingga 3 juta rupiah. Banyak rival dari vendor lainnya pada rentang harga ini dibekali spesifikasi yang terbilang biasa. Dengan score AnTuTu hingga 43 ribuan, membuktikan bahwa P70 ini memiliki performa tangguh dan siap sedia untuk menjalankan banyak game dan aplikasi dengan lancar.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN LENOVO P70

Kelebihan Lenovo P70

  • Performa tangguh berkat prosesor Octa-core 1.7 GHz, GPU Mali T760MP2, dan RAM 2 GB
  • Daya tahan baterai lebih baik dari kebanyakan smartphone di kelasnya
  • Sudah mendukung jaringan 4G LTE
  • Dual camera dengan resolusi tinggi
  • Dual SIM Ready
  • Resolusi layar HD dimana sudah mencukupi dan standar di kelas smartphone 3 jutaan
  • Harga di bawah 3 Juta rupiah

Kelemahan/ kekurangan lenovo P70

  • Hasil kamera tidak selalu memuaskan
  • Daya tahan baterai di bawah ekspektasi kebanyakan orang
SHARE

2 COMMENTS

    • Idealnya Samsung Galaxy J5, tapi performa hardware relatif standar. Alternatif terkuatnya Asus Zenfone 2 series (ZE550ML/ZE551ML) dan pilihan dari Lenovo, ada A7000 atau P70.

LEAVE A REPLY