Dibandingkan adiknya, Lenovo Vibe K5, versi Plus ini mungkin lebih ideal meski harganya lebih tinggi. Dibandrol harga 2 jutaan, spesifikasi Lenovo K5 Plus sudah masuk kelas menengah awal. Layar lebar resolusi Full HD, prosesor bertenaga, fitur relatif lengkap, serta dukungan pada penggunaan VR membuat smartphone android ini menarik untuk kita pertimbangkan.

Di pasaran, masih sulit untuk menemukan Lenovo K5 Plus ini, bahkan bisa dikatakan belum bisa didapatkan unitnya. Namun Lazada nampaknya sudah siap untuk menjual smartphone dengan value for money yang sangat baik ini. Menurut keterangan promo di Lazada (Lihat di sini), akan ada bonus kacamata VR (virtual reality) saat nanti dijual secara flash sale. Bundling dengan Smartfren 4G LTE, juga akan ada bonus kuota data 16 GB serta pulsa 50 rb.

Harga Lenovo K5 Plus di Lazada hanya Rp 2.249.000 dengan 2 pilihan warna, abu-abu dan gold. Dengan harga yang 2 jutaan tsb, apakah Lenovo K5 Plus layak dibeli?

Di rentang harga 2,2 jutaan, alternatif terkuat Vibe K5 Plus antara lain; Redmi 3s, ZTE Blade A711, Galaxy J3, LG K8, dan beberapa pilihan lainnya.

Spesifikasi Lenovo K5 Plus

Secara singkat bisa dikatakan bahwa Lenovo Vibe K5 Plus adalah paket komplit android phone yang ekonomis. Apa yang dibutuhkan dari sebuah smartphone android, K5 Plus bisa menyajikannya.

Layar dan body

Vibe K5 Plus menggunakan layar ukuran 5.0 inches resolusi FHD 1080 x 1920 piksel berjenis IPS dan mendukung 5-point multi-touch. Brightness hingga 450 nits tentu lebih dari cukup untuk memuaskan mata kita melihat tampilan yang cerah. Begitu juga kerapatan piksel sekitar 441 ppi sudah sangat cukup untuk menikmati sajian detail ketika kita gunakan untuk melihat foto, video, ataupun browsing internet. Jika dibandingkan banyak rivalnya, resolusi FHD pada Vibe K5 Plus ini bisa menjadi kelebihan yang tak dimiliki sebagian besar rival.

Harga-Lenovo-K5-Plus

Lenovo Vibe K5 Plus yang ditawarkan dengan pilihan warna grey, silver dan gold ini memiliki dimensi 142 x 71 mm serta ketebalan 8.2 mm. Bobotnya hanya 142 gram dimana cukup ringan di kelasnya. Ini berkat material yang lebih ringan namun tetap menjaga kekuatannya.

Android yang digunakan masih versi Lollipop. Masih ada kemungkinan nantinya akan mendapatkan upgrade ke Marshmallow meskipun belum ada jaminan pasti untuk ini dan sebaiknya jangan terlalu berharap akan ada update mengingat smartphone ini masuk kelas low-end.

Performa yang memadai

K5 Plus menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 616 dimana merupakan chipset kelas mid-low yang cukup bertenaga. Menjalankan berbagai macam aplikasi bukan masalah untuk chipset ini. CPU yang digunakan memiliki jumlah inti 8 (Octa-core) dengan clockspeed 1.5 GHz dan 1.2 GHz. GPU Adreno 405 tentunya bisa diandalkan untuk memproses graphics pada fitur multimedia atau gaming. Digabung dengan RAM sebesar 2 GB, performanya sudah sangat mencukupi untuk aktivitas harian. Kapasitas penyimpanan yang 16 GB bisa ditamabah dengan mudah berkat dukungan slot microSD hingga 32 GB.

Kelebihan-Lenovo-K5-Plus

Untuk menopang dayanya, K5 Plus dibekali baterai kapasitas 2750 mAh jenis Li-Ion. Baterai ini bisa dilepas atau diganti (removable). Jika melihat spesifikasi utama K5 Plus, memang bukan yang terbaik di kelas 2 jutaan, bahkan ada yang berharga lebih murah dibekali specs yang lebih baik, misalnya Infinix Hot 3, namun secara keseluruhan, K5 Plus masih memiliki banyak keunggulan dibanding rival lainnya.

Sebagai gambaran performa yang dimiliki Lenovo K5 Plus, hasil benchmark AnTuTu Lenovo Vibe K5 Plus mendapatkan score 35 ribuan.

Spesifikasi-Lenovo-K5-Plus

Daya tahan baterai Vibe K5 Plus berkisar 7,5 jam untuk memutar video, hampir 9 jam untuk web browsing, dan hampir 32 jam untuk talk-time yang tergolong impresif.

Kamera Vibe K5 Plus

Smartphone ini dibekali fitur kamera yang relatif kompetitif di kelasnya. Resolusi 13 MP aperture f/2.2 di bagian belakang dibekali juga dengan autofocus dan LED flash serta dukungan rekam video hingga FHD 1080p. Sedangkan di bagian depan terdapat kamera 5 MP aperture f/2.8 untuk mengambil foto atau video selfie kita.

Melihat hasil foto Vibe K5 Plus dari review yang kredibel, terlihat foto yang dihasilkan memiliki warna yang cukup akurat dan kualitas keseluruhan yang sangat baik. Detail foto ketika zoom 100% juga tergolong tajam. Di sektor ini, fitur kamera K5 Plus bisa menjadi kelebihan yang menambah daya tarik smartphone ini. Kamera selfie-nya tentu tidak sebaik kamera belakang namun secara keseluruhan sudah memuaskan di kelas 2 jutaan.

Fitur-fitur Lainnya

Vibe K5 Plus dibekali fitur-fitur lain khas sebuah smartphone android harga 2 jutaan di antaranya; Dual SIM support, 4G LTE Cat.4, 3G HSPA+, WiFi, Hotspot, Bluetooth v4.1, GPS, microUSB, dan USB OTG.

Lenovo-Vibe-K5-Plus-Samping-atas-bawah

Beberapa sensor yang tersedia termasuk Light Sensor, Orientation Sensor, Proximity Sensor, Gravitation Sensor, dan eCompass.

Fitur yang cukup spesial adalah dual speaker stereo dan didukung juga oleh Dolby Atmos. Output yang dihasilkan dari kombinasi tsb adalah suara yang lantang namun mengasikkan untuk memutar lagu atau video misalnya. Vibe K5 Plus juga dibekali fitur Lenovo SHAREit dan Lenovo SYNCit meski sepertinya pengguna di Tanah Air kita lebih banyak yang malas menggunakannya, termasuk saya.

Kelebihan & Kekurangan Lenovo Vibe K5 Plus

Kelebihan: K5 Plus dibandrol dengan harga yang tergolong terjangkau dibanding dengan spesifikasi yang diusung, apalagi ada bonus VR Glasses saat flash sale. Fitur juga tergolong berkualitas seperti hasil kamera yang cukup memuaskan, stereo speaker, daya tahan baterai lebih baik dari banyak rival, dan performa hardware yang memadai.

Kekurangan/ kelemahan: Adapun yang masih kurang dari Vibe K5 Plus jika dibanding beberapa rival terkuatnya antara lain kapasitas baterai yang masih tergolong biasa, material belum semewah rival dari Xiaomi, dan masih menggunakan Android Lollipop walaupun nampaknya sebagian besar rivalnya pun sama.

Lenovo-Vibe-K5-Plus-warna-emas-gold

Overall, Lenovo Vibe K5 Plus memiliki banyak kelebihan jika dibanding rival dengan harga setara. Meski beberapa fitur berada di bawah smartphone lain dari vendor yang terkenal dengan smartphone murahnya, namun tidak lantas menjadikan Vibe K5 inferior atau tidak bagus. Vibe K5 Plus tergolong memiliki value for money yang sangat baik dan layak untuk Anda masukkan ke daftar belanja.

Selamat berburu Vibe K5 Plus saat nanti dijual ya. Dan oh iya, kalau harga 2,2 jutaan masih terlalu mahal, tunggu saja beberapa minggu sampai harganya turun, dan jangan lupa cek portal penjual yang lain seperti bukalapak dan tokopedia.

SHARE

LEAVE A REPLY