Lenovo seri P adalah seri yang mengunggulkan baterai besar sebagai andalannya. Selain itu desain Lenovo seri P juga terlihat seragam dengan kesan simpel namun serius dan elegan. Sebagian orang memang kurang suka desain yang terlalu biasa, tapi sebagian lainnya justru mencari desain yang seperti ini.

Lenovo Vibe P1m adalah salah satu pilihan dari seri P yang diposisikan di kelas harga 2 jutaan atau termasuk kelas entry-level. Smartphone ini tidak neko-neko seperti misalnya Redmi 3. Performanya standar, fitur kamera standar, yang membuatnya menarik adalah baterai dan desain yang menurut kami cukup oke.

Harga Lenovo Vibe P1m

Saat ini, Lenovo P1m bisa dijumpai di pasaran dengan harga termurah Rp 1.880.000 atau sekitar 1,9 jutaan hingga 2 juta rupiah. Rival terkurat di rentang harga ini tentu saja ada Redmi 3, Xperia E4 Dual, Galaxy J2, Zenfone 2 Laser, dan ZTE Blade A711. Alternatif lainnya masih ada cukup banyak seperti Meizu M2 Note, Infinix Note 2, dan Advan i5A. Dibandingkan para komeptitornya tsb, sekali lagi yang diunggulkan P1m adalah baterai yang lebih gambot. Selebihnya simak spesifikasinya berikut.

Spesifikasi Lenovo P1m

Desain dan Layar

Lenovo Vibe P1m memiliki desain body yang cenderung sederhana namun berkesan cukup mewah. Di bagian samping body juga dilapisi bahan metal. Meski baterainya tidak bisa dilepas dengan mudah, namun cover belakang bisa dibuka untuk mengakses slot kartu SIM dan microSD. Finisihing cover belakangnya juga menggunakan plastik polycarbonate doff sehingga memberikan grip yang cukup baik. Tidak sulit untuk menyukai desain Vibe P1m pada pandangan pertama, terutama jika Anda pria. P1m memiliki dimensi body 141 x 71.8 x 9.3 mm dan bobot yang masih relatif ringan, 148 g. Menurut Lenovo, P1m ini menggunakan nano coating di bagian depan yang bisa menjaga smartphone ini dari percikan air. Ketika tidak sengaja ketumpahan bahan cair, atau basah karena rembesan hujan, yang jelas P1m bisa bertahan lebih baik dibanding kompetitornya.

Harga Lenovo Vibe P1m

P1m menggunakan layar ukuran 5.0 Inch jenis IPS resolusi HD 720 x 1280 piksel yang menghasilkan kerapatan 294 ppi. Dengan specs layar tsb, tampilan layarnya sudah lebih dari cukup untuk menampilkan konten multimedia dengan baik. Multitouch layarnyajuga mendukung hingga 5 jari. OS yang digunakan adalah Android Lollipop.

Hardware

Di sektor ini, P1m menawarkan specs yang sederhana, tidak setangguh beberapa rivalnya namun juga tidak terlalu buruk. Lenovo Vibe P1m dibekali chipset Mediatek MT6735P dengan CPU Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-T720MP2. Kapasitas RAMnya sebesar 2 GB dengan internal storage 16 GB bisa ditambah menggunakan kartu microSD hingga 32 GB.

Lenovo Vibe P1m Spesifikasi

Hasil pengujian dengan benchmark AnTuTu, Vibe P1m mendapat score yang biasa saja, berkisar di 20 ribuan. Beberapa rival yang menggunakan octa-core processor, hasil score mereka rata-rata di atas 30 ribu. Setidaknya rival terdekat yang sama-sama quad-core pun bisa mendapat score 24-25 ribuan.

Meski di atas kertas tampak inferior, bukan berarti Vibe P1m tidak bisa menjalankan apps dan gaming dengan lancar. Untuk berbagai macam apps, smartphone ini sudah bisa diandalkan meski tidak secepat octa-core.

Network & Connectivity

Lenovo Vibe p1m tentu sudah mendukng jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat. P1m juga bisa menampung dua kartu SIM. Sedangkan fitur konektivitasnya relatif standar termasuk di dalamnya ada WiFi, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.1, GPS, FM Radio, microUSB dan USB OTG.

Harga Lenovo Vibe P1m

Baterai

Lenovo Vibe P1m didesain agar bisa bertahan seharian untuk berbagai aktivitas komputasi mobile. Seperti kita tau, banyak smartphone yang cepat kehabisan baterai meski baru kita pakai setengah hari. Dengan P1m, kita bisa lebih nyaman karena tidak perlu cepat-cepat recharge sebelum HP kita benar-benar kahabisan daya. Kapasitas 3900 mAh pada P1m mendekati kapasitas rivalnya, Redmi 3. Dengan kapasitas tsb, Vibe P1m memiliki waktu Talktime 2G hingga 36 jam, dan waktu Talktime 3G/4G hingga 16 jam, daya tahan baterai tsb hampir 2x lipat dibanding kebanyakan rival yang menggunakan baterai kapasitas 2000an mAh. P1m ini juga sudah dibekali fitur Quick Charging untuk mengisi baterai lebih cepat. Fitur tambahan khas smartphone berbaterai besar yaitu kemampuan mengisi daya smartphone lain dengan USB OTG pun tersedia di Vibe P1m.

Bagian samping Lenovo Vibe P1m

Kamera

Lenovo Vibe P1m dilengkapi fitur kamera resolusi 8 MP di bagian belakang yang dilengkapi LED flash dan autofocus, serta 5 MP di bagian depan yang bisa digunakan untuk foto selfie ataupun video chat.

KESIMPULAN

Seri P dari Lenovo menawarkan daya tahan baterai lebih baik dan Vibe P1m tidak terkecuali. Daya tahan baterainya 2x kali lipat dibanding kebanyakan smartphone dengan kapasitas baterai standar. Fitur lainnya cukup baik meski bukan yang terbaik di kelasnya. Dari apa yang dimiliki P1m, kami bisa cukup yakin untuk merekomendasikan smartphone ini bagi yang mencari smartphone berbaterai besar. Jika Anda butuh performa lebih, Anda bisa pertimbangkan juga Redmi 3 atau Zenfone Max.

Kelemahan P1m mungkin terletak pada performa yang tergolong biasa saja untuk saat ini. Tentu sudah cukup untuk kebanyakan aktivitas, namun kalau bisa lebih tangguh, itu akan semakin menarik. Demikian ulasan singkat Lenovo Vibe P1m, semoga berguna dan selamat memilih.

SHARE

LEAVE A REPLY