Anda mencari smartphone Android bermerk yang kredibel? Maka pilihan dari LG adalah salah satunya. Konsumen LG sangat jarang mengeluh tentang adanya problem pada smartphone yang mereka gunakan, tak aneh karena LG bukan merk “kemarin.”

Meski tidak terlalu agresif seperti Samsung atau Lenovo, LG memiliki cukup banyak pilihan untuk kita. Yang terbaru adalah si seri flagship, LG G5 meski yang resmi di Indonesia masih yang versi terjangkau dengan chipset lebih rendah. Di beberapa portal jualan, ada juga yang menjual versi flagshipnya.

Smartphone LG terbaru lainnya adalah seri K, menggantikan seri L yang sudah digunakan sejak beberapa tahun lalu. Ada beberapa seri K yang dirilis resmi di awal-awal tahun 2016 namun yang masuk Indonesia saat ini baru ada 3 tipe.

LG K4 sebagai yang termurah dibandrol Rp 1.399.000, LG K8 berada di posisi tengah dengan harga Rp 2.099.000, dan K10 yang berharga Rp 2.699.000. Tipe lainnya ada K5 dan K7 yang belum ada kabar apakah masuk Indonesia atau tidak. Selain seri K, LG juga punya seri X untuk menyasar kelas menengah.

Harga termurah di pasaran; LG K4 mulai 1,3 jt, LG K8 mulai dari 1,99 jt, sedangkan K10 masih cukup jarang unitnya. Lihat Harga HP LG Terbaru

Spesifikasi LG K4

LG K4 sebagai yang termurah menggunakan layar 4.5 inch resolusi 480 x 854 piksel jenis IPS LCD dan berbobot total 120 g. K4 sudah dibekali jaringan 4G LTE namun masih menggunakan OS Android Lollipop. Chipset yang digunakan adalah chipset “sejuta umat” MediaTek MT6735 1.0 GHz dengan besar RAM 1 GB dan storage internal 8 GB. Tentu ada slot microSD untuk ekspansi storage hingga 32 GB.

Harga LG K4

Kameranya tersedia resolusi 5 MP di bagian belakang dengan LED Flash dan autofocus serta kemampuan rekam video hingga HD [email protected] Kamera depannya menggunakan resolusi 2 MP. Fitur konektivitas relatif standar termasuk WiFi b/g/n, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.1, GPS, FM Radio, dan microUSB v2.0. Penopang dayanya dipercayakan pada baterai Li-Ion kapasiatas 1940 mAh.

Spesifikasi LG K8

LG K8 sebagai tipe lebih tinggi menggunakan layar ukuran 5.0 inch resolusi HD 720 x 1280 piksel jenis IPS LCD. Bobotnya 157 g.

Harga LG K8

Dengan Chipset MediaTek MT6735, Clockspeed K8 lebih tinggi yakni 1.3 GHz dengan GPU Mali-720. OS yang digunakan sudah Android versi Marshmallow. RAM tentu lebih besar kapasitasnya dibanding sang adik yakni 1.5 GB. Storage 8 GB juga ditemani slot microSD hingga 32 GB. LTE, WiFi, DLNA, Bluetooth, FM Radio, GPS, dan microUSB tentunya tersedia. Sayang kapasitas baterainya hanya sedikit lebih besar dibanding K4 yakni 2125 mAh.

Fitur kamera tersedia cukup lumayan dengan resolusi 8 MP di belakang dan 5 MP di depan. Kamera utamanya tentu dilengkapi autofocus dan Flash namun bisa merekam lebih baik hingga Full HD [email protected] Kamera depan bisa merekam hingga HD 720p. Memang resolusi tsb biasa saja jika dibandingkan pilihan merk Chinese seperti Meizu dan Xiaomi, namun untuk LG, nampaknya sampai titik itu standarnya.

Spesifikasi K10

Dengan harga di atas 2,5 juta rupiah, LG K10 menggunakan layar 5.3 inch HD 720 x 1280 piksel namun sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3. Android yang digunakan masih belum jelas apakah yang masuk Indonesia versi Lollipop atau Marshmallow.

Harga LG K10

Chipset yang digunakan lebih tinggi yakni MediaTek MT6753 yang merupakan prosesor Octa-core. Kapasitas RAM masih belum jelas, apakah 1,5/2 GB. Begitu juga fitur kameranya. Yang jelas, baterai yang digunakan berkapasitas 2300 mAh.

K10 hadir satu bulan sebelum K4 dan K8 sehingga beberapa fiturnya justru lebih rendah untuk beberapa seri. Strategi LG yang selalu membuat beberapa versi dengan perbedaan cukup jauh kadang membuat PMC frustasi. Terutama karena info official dari LG pun relatif minim.

 

Jika melihat seluruh line-up smartphone LG, ada satu yang masuk daftar recommend to buy, sisanya relatif biasa, sulit untuk merekomendasikan namun sulit juga untuk bilang tidak. Satu yang sangat layak untuk dipertimbangkan adalah seri Stylus. Ada LG Stylus 2 yang berharga 3,3 jutaan, atau yang lebih terjangkau ada LG G4 Stylus yang meluncur tahun lalu, bandrolnya saat ini sudah di kisaran 2,4 juta rupiah. Untuk LG G5, juga masuk daftar recommended namun khusus yang versi Snapdragon 820. Untuk yang menggunakan Snapdragon 652, harganya masih terlalu tinggi meski kalau soal fitur sebenarnya setara dengan kelas flagship.

Untuk LG K series, untuk Anda yang mencari smartphone ideal alias tidak neko-neko, ya, cukup recommended. Desain luar tampak unik dan berkelas, perbandingan antara harga dan specs pun tergolong berimbang.

SHARE

LEAVE A REPLY