Smartphone Android LG terkenal karena build quality yang baik meski spesifikasinya tidak setinggi Lenovo namun relatif masih lebih tinggi dari Samsung dengan harga yang setara. Untuk Anda yang belum begitu mengenal LG, perusahaan ini berasal dari Korea Selatan seperti halnya Samsung.

LG-L20-pictPerusahaan LG didirikan pertama kali pada tahun 1947 atau 9 tahun setelah perusahaan Samsung didirikan. LG dipercaya untuk membuat Android Nexus dari Google yang tahun lalu diluncurkan yakni LG Google Nexus 5. Dengan dipercayanya LG membuat Android resmi google, tentunya soal kualitas sudah sangat dipercaya.

Untuk Anda yang ingin merasakan bagaimana kualitas smartphone LG namun memiliki budget terbatas, kali ini Panduan Membeli berikan ulasan HP Android murah dari LG dengan harga di bawah 1 juta. Smartphone ini diluncurkan di tahun 2014 sehingga masih cukup baru di pasaran.

LG L20

Harga LG L20: Rp 799.000,-

LG L20 adalah pilihan termurah dari seluruh jajaran Android LG, meski berharga murah, spesifikasi yang digunakan masih sangat layak untuk penggunaan harian. Berikut spesifikasi LG L20.

LG-L20-Android-LG-Murah

Layar: LG L20 menggunakan layar berukuran 3″ resolusi 240 x 320 piksel capacitive touchscreen 16 juta warna. Tidak ada yang bisa dibanggakan pada layarnya jika membandingkan dengan smartphone Android lokal, namun untuk digunakan browsing informasi dengan opera mini, menonton video youtube dengan app, memainkan musik atau video dari fitur multimedia, chatting dengan aplikasi whatsapp dan semacamnya, layar 3′ ini masih sangat mencukupi, apalagi jika Anda baru pertama kali memiliki smartphone layar sentuh. Dengan layar 3″ tsb, LG L20 memiliki dimensi 105.6 x 64.5 x 13 mm.

LG-L20-jack-portHardware dan OS: LG L20 dibekali prosesor Dual-core 1 GHz Cortex A-7 Mediatek MT6572M, GPU Mali-400, 512 MB RAM, 4 GB internal storage dengan dukungan slot microSD hingga 32 GB, serta baterai Li-Ion 1540 mAh. Meski dibandrol di bawah 1 juta, LG L20 sudah menggunakan Android OS KitKat sehingga menjadikan ponsel ini salah satu ponsel Android KitKat termurah di pasaran.

Network dan Data: LG L20 menggunakan jaringan GSM (Dual) 3G HSDPA 14.4 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, EDGE, dan GPRS. Untuk fitur konektivitas juga tersedia WiFi b/g/n, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.0 with A2DP, dan tentu saja microUSB 2.0. Dengan fitur-fitur tsb, bisa dipastikan Anda tidak perlu kesulitan untuk browsing internet cepat, atau bertukar data dengan device lain.

Kamera: Meski bukan fitur unggulan, LG L20 tentunya dilengkapi dengan kamera di bagian belakang untuk mengabadikan moment-moment Anda. Kamera LG L20 beresolusi 2 MP dengan perekaman video 480p. LG L20 belum dilengkapi kamera depan yang memang sangat dimaklumi jika melihat harganya. Meksi hanya 2 MP, hasil fotonya sudah cukup untuk bisa dinikmati sendiri dan teman-teman social media, terutama pengambilan gambar di luar ruangan atau yang memiliki cukup cahaya.

lg-l20-portFitur Lain: Seperti smartphone Android lainnya, LG L20 juga dibekali kemampuan untuk memutar file MP4, MP3, dan file umum lainnya, sehingga Anda bisa menikmati koleksi lagu favorit Anda, atau menonton video lucu dari internet. LG L20 juga bisa menampilkan file dokumen. Selain itu, masih ada fitur FM Radio untuk hiburan, Voice memo, organizer, GPS, dll.

Verdict: LG L20 memiliki kelebihan pada harganya yang terjangkau namun sudah menggunakan spesifikasi yang mencukupi untuk kebutuhan harian terutama untuk para beginner. Kelemahan LG L20 tentunya sangat relatif, misalnya tidak ada kamera bagian depan, kamera belakang tanpa LED flash dan autofocus, layar termasuk kecil dengan resolusi rendah, dll. Terlepas dari kelemahan tsb, LG L20 sangat layak dimiliki dengan fitur lain yang cukup lengkap di kelasnya. Semoga membantu.

LEAVE A REPLY