Action cam baik di dunia maupun indonesia, memiliki penggemar yang cukup besar. Beberapa tahun terakhir penggunaan action cam di Tanah Air terlihat sangat cepat berkembang.

Pemain di segmen hobby ini cukup banyak, sang pionir ada GoPro, kemudian ada juga pilihan dari Sony, Sena, Xiaomi, Brica, dan banyak lagi merk-merk murah lainnya. Sebagai informasi, kamera GoPro terbaru saat ini dibandrol mulai Rp 5 jutaan, cukup mahal untuk sebuah kamera compact. Namun fungsi dan kelebihan GoPro mampu membuat penggemarnya mau keluar budget untuk menebusnya.

Sayangnya, semua pemain action cam yang sudah ada relatif bermain aman. Kemampuan baterai untuk merekam dalam satu kali charge biasanya berkisar 2 jam saja. Fitur-fiturnya pun relatif setara, soal kualitas tentunya berbeda-beda.

Tidak begitu dengan pemain baru di kancah action cam, LG Action Cam LTE dibekali koneksi lebih lengkap untuk fungsi yang lebih baik. Dengan dukungan jaringan LTE (dan 3G), kamera action ini bisa digunakan untuk streaming YouTube tanpa perlu smartphone. Memang fitur YouTube yang satu ini di negara kita belum terlalu sering digunakan. Tapi setidaknya ada koneksi lainnya seperti WiFi dan Bluetooth untuk fungsi transfer data yang lebih variatif.

LG Action Cam LTE juga dibekali GPS sehingga bisa menyediakan tracking location sebagai data perekaman video kita. LG juga merekomendasikan bahwa action cam ini bisa digunakan sebagai CCTV dengan dihubungkan melalui Android atau iOS.

Kamera yang digunakan menggunakan sensor 12.3 MP dengan 1.55µm pixels. Lensa yang digunakan tergolong sangat lebar dengan sudut 150°.

LG Action Cam LTE Spesifikasi s

Resolusi video yang bisa direkam mencapai resolusi 4K @30fps, 1080p @60fps dan 720p @120fps. Sedangkan untuk streaming dibatasi hingga resolusi 720p saja. Video yang direkam bisa disimpan di microSD card dimana Action Cam ini mendukung hingga kapasitas 2 TB.

LG Action Cam LTE sudah mendapatkan IP67 certified sehingga memungkinkan berada di bawah air sedalam 1 meter hingga 30 menit dan juga tahan akan debu. Jika digunakan di air lebih dalam tentu akan membutuhkan water housing, seperti halnya GoPro dan rival lainnya. Setidaknya kita tidak membutuhkan housing jika LG Action Cam LTE ini digunakan di kondisi basah atau hujan.

LG Action Cam LTE s

Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 1400 mAh yang menurut klaim bisa bertahan hingga 4 jam untuk merekam video.

Hardware lainnya terbilang tangguh, termasuk prosesor Snapdragon 650 yang termasuk kelas menengah, RAM 2 GB, dan ROM 4 GB yang direservasi untuk menyimpan OS.

Spesifikasi LG Action Cam LTE

Kamera: 1/2.3-inch 12.3MP / 1.55 x 1.55? pixels
Konektivitas: LTE / 3G / Wi-Fi 802.11 b, g, n / USB Type-C 2.0 / Bluetooth 4.1
Video: UHD 30fps / FHD 60fps / HD 120fps
Live Streaming: HD 30fps
Memory: 2 GB RAM / 4 GB ROM (OS only) / microSD (up to 2 TB)
Dimensi: 35 x 35 x 77.9 mm
Bobot: 95 g
Baterai: 1,400 mAh
Fitur: IP67 / GPS / Accelerometer / Gyroscope
Warna: Light Gray

LG Action Cam LTE kabarnya akan diluncurkan pada bulan Juni mulai dari negara asalnya, Korea. Melihat semua pilihan action cam paling populer dijual di Indonesia, besar kemungkinan LG Action Cam ini juga akan dijual di Tanah Air. Belum ada informasi harga, namun PMC cukup yakin harganya bersaing dengan pemain kelas atas. PMC berharap LG akan membuat Action Cam mereka akan tersedia beberapa pilihan, terutama karena tidak semua orang membutuhkan jaringan LTE di sebuah Action Cam, apalagi dengan LTE, kuota akan cepat terkuras ketika kita gunakan untuk streaming HD.

SHARE

LEAVE A REPLY