Oppo Neo 7 seperti varian Oppo lainnya mengandalkan desain cantik dengan material finishing berkualitas. Tanpa melihat jeroannya, jika Anda menyukai desain fisik Oppo Neo 7 maka sudah bisa dijadikan alasan utama Anda membeli smartphone ini. Namun bagi yang penasaran akan spesifikasi Oppo Neo 7 yang bisa langsung kami katakan “biasa saja”, silahkan lanjutkan membaca.

Kelemahan-Oppo-Neo-7Oppo Neo 7 menggandeng Isyana Sarasvati yang sedang populer itu sebagai bintang smartphone ini. Dengan tagline “Rise and Shine”, nampaknya cocok sekali dengan prestasi dan keanggunan Isyana. Jika kita hubungkan dengan fisik smartphone ini, istilah Shine sepertinya cocok untuk material finishing Oppo Neo 7 yang memang tampak berkilau. Hal ini karena cover belakang Neo 7 terbuat dari lapisan optic dan serat kaca dengan ketebalan 0.56 mm. So, untuk Anda yang hobi bercermin, smartphone ini sangat cocok untuk Anda. Tersedia dua pilihan warna, Ceramic White dan Deep Black.

Selain itu, struktur fisik Neo 7 juga menggunakan material yang kuat dan berkesan mewah. Material magnesium alumunium alloy membuat fisik smartphone ini kuat serta dapat mereduksi panas lebih baik. Tersedia dua pilihan warna frame, silver untuk warna hitam, dan gold untuk warna putih.

Fitur lain selain material dan desain Oppo Neo 7 yang diunggulkan, adalah fitur kameranya. Meski menggunakan resolusi 8 MP, kameranya menggunakan teknologi pengolah gambar PI 2.0+ dengan fitur-fitur fungsi lebih banyak untuk menghasilkan foto berkualitas. Bukaan diafragma f/2.0 serta sensor 1/4 inch, membuat foto yang dihasilkan akan memiliki kecerahan dan kualitas lebih baik. Kamera depan pun tak mau kalah. Dengan resolusi 5 MP dan diafragma f/2.4, frame rate lebih cepat, serta sensivitas cahaya, kita dapat mengambil foto selfie dengan lebih tajam dan terang. Tersedia juga fitur Beautify 3.0 dan efek untuk membuat foto yang beraneka gaya. Bukan itu saja, smartphone ini juga sudah dilengkapi fitur Screen Flash yaitu mengambil foto selfie dengan dibantu cahaya dari layar untuk menganbil foto yang cerah saat kondisi kurang cahaya.

Oppo Neo 7 Harga

Fitur lain yang khas dari Oppo Neo 7 adalah fitur Gesture dan Motion dari ColorOS 2.1. Tersedia beberapa pengaturan gesture untuk mengakses langsung aplikasi ketika layar Neo 7 dalam kondisi mati. Tersedia juga fitur yang membersihkan memory ketika smarpthone tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Untuk memudahkan penggunaan dengan satu tangan, Neo 7 juga dilengkapi fitur One Hand Mode. Fitur screenshot pun sudah lebih advance, kita bisa mengambil 8 halaman screenshot dari browser.

Harga Oppo Neo 7

Berapa harga Oppo Neo 7 untuk spesifikasi dan fitur yang diusung? Di awal peluncurannya, smartphone ini dihargai Rp 2.499.000,- atau 2,5 juta rupiah. Dengan harga 2,5 jutaan, rival terkuatnya adalah Samsung Galaxy J5 dan Lenovo P70.

Spesifikasi Oppo Neo 7

Cukup bicara tentang fitur unggulan Oppo Neo 7, bagaimana dengan spesifikasi hardware Neo 7?

Spesifikasi-Oppo-Neo-7

Layar & OS: Oppo Neo 7 menggunakan layar ukuran 5 inci resolusi qHD 540 x 960 pixels. Menurut web resminya, layar tsb berjenis TFT touchscreen. OS yang digunakan adalah ColorOS 2.1 yang berbasis dari Android Lollipop 5.1. Dengan spec tsb, tampilan layar ini tidak terlalu istimewa. Apalagi jika dibanding rival tekuatnya, Galaxy J5.

Hardware: CPU yang digunakan merupakan chipset kelas entry-level, MediaTek MT6582 1.3 GHz. CPU tersebut cukup tangguh untuk menjalankan banyak jenis apps meski belum setangguh Snapdragon 410. GPU yang digunakan adalah mali-400MP2. Memory RAM 1 GB mencukupi untuk menjalankan aplikasi standar smartphone. Kemudian internal storagenya berkapasitas 16 GB yang dapat ditambah menggunakan microSD card.

Konektivitas dan Network: Oppo Neo 7 mendukung Dual SIM dengan jenis micro dan nano SIM. Namun untuk jaringan 4G LTE belum disertakan sehingga akses internet maksimal menggunakan 3G HSDPA. Fitur lainnya relatif lengkap seperti WiFi, Bluetooth, USB OTG, dan GPS.

Harga Oppo Neo 7

Baterai: Dengan layar 5 inci dan spec di atas, Oppo Neo 7 dibekali baterai berkapasitas 2420 mAh dimana kapasitas ini cukup baik menimbang desain yang diusung serta dimensi 142.7 x 71.7 x 7.5 mm. Meski cover belakang bisa dilepas, namun tidak dengan baterainya karena sudah tertanam pada body.

Kelebihan dan Kelemahan Oppo Neo 7

Kelebihan: Dari ulasan di atas, tampak kelebihan utama Oppo Neo 7 adalah pada desain dan material body-nya. Lalu fitur yang diunggulkan adalah kamera dan gesture/ motion. Selebihnya, smartphone ini relatif biasa saja.

Kelemahan: Jika dibanding alternatif dari rivalnya yang bahkan berharga jauh lebih murah, spesifikasi Oppo Neo 7 relatif rendah. Chipset entry-level, RAM hanya 1 GB, serta GPU yang tidak begitu tangguh membuat performa keseluruhan Oppo Neo 7 biasa saja. Untungnya smartphone ini menggunakan ColorOS 2.1 yang diklaim lebih cepat dibanding Android standar dan juga sudah dioptimasi untuk performa yang baik.

Kesimpulan: Peruntukan Oppo Neo 7 sudah jelas, yaitu untuk mereka yang mengutamakan desain dan seni dari sebuah smartphone. Fitur kamera juga menjadi concern dimana merupakan fitur yang paling sering digunakan pengguna. Soal performa, smartphone ini mendapatkan benchmark AnTuTu di angka 21 ribuan, dengan tolok ukur angka tsb, bisa dipastikan performa Oppo Neo 7 sudah mencukupi untuk banyak jenis aktivitas di smartphone seperti editing photo, browsing, chatting, gaming, dsb.

SHARE

LEAVE A REPLY