Banyaknya ultrabook yang diluncurkan beberapa tahun terakhir membuat pilihan laptop irit daya bertambah banyak. Namun ternyata lebih banyak ultrabook yang bertahan di kisaran maksimal 6 jam saja daya tahan baterainya. Jika Anda mencari laptop dengan daya tahan baterai yang tidak biasa dengan ketahanan minimal 9 – 10 jam, kali ini Panduan Membeli sajikan infonya untuk Anda.

Mempertimbangkan beberapa faktor, pilihan hanya difokuskan pada pilihan laptop yang dijual di Indonesia dan mudah mendapatkannya. Memang selain pilihan laptop di bawah ini masih ada beberapa pilihan lain yang juga memiliki daya tahan baterai lebih dari 7 jam namun di Indonesia tidak dijual secara resmi.

Laptop dengan Masa Hidup Baterai Terbaik

1. Lenovo ThinkPad X240

Lenovo-ThinkPad-X240Meski sudah ada penggantinya, ThinkPad X250 yang diluncurkan pada event CES 2015, X240 masih bisa dijadikan pilihan mengingat harganya kemungkinan juga akan turun. Seberapa lama daya tahan baterai X240?

Dengan baterai standar, daya tahan X240 untuk digunakan komputasi normal seperti browsing dengan wifi atau mengetik dengan setting brightness secukupnya, mencapai waktu sekitar 7 – 8 jam. Sedangkan jika Anda mengganti baterai 3-cell dengan 6-cell, daya tahan X240 naik drastis menjadi 20 jam 28 menit. Ini artinya Anda bisa menggunakan nonstop seharian dengan sekali charge. Jika digunakan dengan komputasi yang lebih berat, tentu angkanya akan berkurang.

Bukan hanya daya tahan baterai yang lama, spesifikasi yang diusung juga terbilang tangguh dengan Intel Core i5 ULV, 4 GB RAM, dsb. Sayang harga ThinkPad X240 memang sedikit mahal dibanding laptop pada umumnya. Harga termurahnya berkisar di 16 – 17 jutaan hingga 20 jutaan untuk versi termahal.

2. Lenovo ThinkPad T440s

Penerus ThinkPad T series ini selain menggunakan case yang sangat tangguh, juga dibekali spesifikasi yang siap untuk kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, untuk mendukung aktivitas di tempat yang sulit melakukan charging, ThinkPad T440s juga dapat bertahan lama hingga sekitar 7 jam dengan baterai standar, dan naik drastis menjadi 14 jam 30 menit dengan mengganti baterai 3-cell menjadi 6-cell. Kelebihan ThinkPad T440s dibanding X240 antara lain pada keyboard relatif lebih baik,  serta layar lebih besar. Namun dengan bobot yang lebih berat, X240 tentunya lebih nyaman untuk dibawa bepergian.

Lenovo-ThinkPad-T440s

Rahasia ThinkPad X dan T dalam menghasilkan daya tahan baterai yang lama adalah adanya baterai yang terpasang di dalam body yang letaknya di bagian depan dan unremovable. Bahkan Anda bisa swap atau mengganti baterai belakangnya tanpa harus mematikan laptop.

Namun dengan penggantian baterai menjadi 6-cell, tentu menambah bobot dan ketebalan meski tidak terlalu signifikan, dan tentu saja harus menambah biaya sekitar 1 jutaan rupiah.

3. Apple MacBook Air 13-Inch

MacBook-Air-13Bagi yang sering bertanya kenapa harga laptop dari Apple atau MacBook selalu mahal, mungkin ini bisa menjadi salah satu jawabannya. Meski pada faktanya harga MacBook Air masih lebih murah dibanding ThinkPad X dan T series, MacBook memiliki banyak kelebihan. Salah satu bukti bahwa MacBook adalah laptop terbaik adalah banyaknya penghargaan dari media-media besar seluruh dunia yang memberikan gelar laptop terbaik atau favorit pada MacBook Air.

Selain OS yang friendly (relatif), spesifikasi yang digunakan MacBook Air tergolong tangguh. Mulai dari prosesor Intel Core i5 Haswell (2014), RAM 4 GB, HD Graphics 5000, SSD, serta tentu saja daya tahan baterai yang impresif.

MacBook-Air-13-Inch

MacBook Air mendapatkan angka lebih dari 12 jam 20 menit dari pengujian daya tahan baterai. Tentunya hal ini sangat impresif karena Anda tidak perlu mengganti baterai standar. Dengan layar 13 inci dan resolusi 1440 x 900 juga membuat Macbook Air 13-Inch sangat nyaman untuk browsing, mengetik, atau melakukan komputasi lainnya. Dengan spesifikasi yang berkelas ditambah daya tahan baterai sangat lama, desain MacBook Air tetap tipis dengan bobot hanya 1.3 – 1.4 Kg saja, mirip seperti bobot X240 yang berlayar 12-Inch. TouchPad dan Keyboard MacBook Air juga sangat nyaman sehingga bisa membuat penggunanya betah berlama-lama menggunakan MacBook Air 13-Inch ini. Harga termurah MacBook Air 13-Inch berkisar 13 jutaan sedangkan jika Anda lebih menyukai layar lebih kecil, MacBook Air 11-Inch hanya dibandrol sekitar 11.5 jutaan dengan daya tahan baterai tak kalah impresif yakni lebih dari 9 jam. MacBook Air memang tidak murah, namun dengan kelebihan yang dimiliki, MacBook Air sangat worth the money, sebagai bonus, Anda akan lebih PeDe nongkrong di cafe sambil bermain dengan sang MacBook.

4. Apple MacBook Pro 13-Inch (Retina Display, 2014)

MacBook-Pro-13-inch

Bukan hanya MacBook Air, versi Pro 13-inch pun ternyata memiliki daya tahan baterai di atas 10 jam. Dengan performa yang lebih baik berkat prosesor dan graphis lebih tangguh serta RAM lebih besar, tak ketinggalan penggunaan SSD, MacBook Pro 13-Inch dapat bertahan hingga 10 jam 44 menit. Harga MacBook Pro 13-Inch Retina Display berkisar mulai dari 16 jutaan hingga 20 jutaan bergantung pada kapasitas SSD, 128, 256, atau 512 GB. MacBook Pro yang banyak digunakan oleh ‘pro’ ini memang terbukti memiliki performa yang snagat baik berkat spesifikasi yang digunakan. Jika Anda membutuhkan spesifikasi lebih tinggi dan layar lebih lebar, MacBook Pro 15-inch pun dapat dijadikan pertimbangan dengan daya tahan baterai yang juga impresif di kelasnya.

5. Acer TravelMate P645 

Acer-TravelMate-P645Bukan hanya namanya yang berarti ‘Teman Perjalanan’, ternyata daya tahan baterai laptop ini juga masuk kategori sangat lama dengan hasil pengujian mendapatkan angka 9 jam 46 menit. Selain itu, desain laptop ini juga cukup slim dengan bobot 1.6 Kg. Sayang keberadaan di Indonesia cukup langka bahkan terbilang sangat sulit mendapatkan laptop ini. Jika Anda menemukan di salah satu toko, Acer TravelMate dapat Anda pertimbangkan.

Pilihan Lainnya,

Beberapa yang dapat Anda pertimbangkan dengan daya tahan baterai sekitar 9 jam antara lain Dell Inspiron 15, HP Spectre 13t, Toshiba Tecra Z40, dan Dell XPS 12. Beberapa dijual resmi, beberapa lainnya belum dijual di Indonesia.

Selain pilihan di atas, banyak pilihan lainnya yang memiliki daya tahan baterai cukup lama namun pilihan di atas adalah yang sudah terbukti memiliki daya tahan baterai terlama berdasarkan pengujian oleh banyak media besar dunia, terutama ThinkPad X series dan MacBook Air 13-Inch. Semoga bermanfaat dan selamat memilih.

Disclaimer: Data berdasarkan pengujian LaptopMag, hasil masing-masing pengguna pada kondisi sebenarnya dapat saja berbeda bergantung pada level komputasi dan pengaturan laptop. 



Terms: laptop baterai tahan lama, laptop baterai tahan lama 2015, harga laptop ram 4 gb dan batere tahan lama

1 COMMENT

LEAVE A REPLY