Tentu kita masih ingat bagaimana diburunya Xiaomi Redmi 1S yang dibandrol sangat terjangkau namun dibekali spesifikasi tangguh di kelasnya. Produk andalan itu juga yang banyak menyumbang penjualan total Xiaomi sehingga bisa menjadi vendor smartphone terbesar ketiga tahun lalu. Selain Redmi 1S, Xiaomi juga memiliki tipe lain yakni Redmi Note yang juga dibekali spesifikasi lebih tinggi dari rival setaranya. Melengkapi jajaran produk Xiaomi yang telah lebih dulu eksis, Redmi 2 hadir untuk Anda yang membutuhkan smartphone performa tangguh dengan harga 1.5 jutaan saja.

Harga Xiaomi Redmi 2

Harga Xiaomi Redmi 2Rival terkuat smartphone Xiaomi ini adalah seri yang belum lama diluncurkan oleh vendor raksasa yakni Lenovo A6000. Jika rivalnya tsb dibandrol dengan harga 1.5 juta rupiah, harga Xiaomi Redmi 2 ini dibandrol sedikit lebih mahal yakni Rp 1.599.000,-. Bahkan jika Anda membeli dari distributor yang non resmi, harga Xiaomi Redmi 2 dapat menyentuh hingga 1.7 jutaan rupiah. Sangat direkomendasikan untuk membeli Redmi 2 dari retailer terpercaya seperti Lazada.

Update Maret 2016: Di bulan-bulan ini, harga Redmi 2 sudah turun dan berada di kisaran Rp 1.400.000. Sebagai informasi. Redmi 3 sudah dijual di Indonesia melalui distributor non resmi dan dijual dengan harga 2 – 2,2 jutaan rupiah. Kemungkinan ketika masuk secara resmi Redmi 3 akan dibandrol lebih murah dari harga saat ini.

Rival lain Redmi 2 selain Lenovo A6000 memiliki spesifikasi yang relatif lebih rendah. Bagaimana dengan spesifikasi Xiaomi Redmi 2, berikut ulasannya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 2

Berikut adalah spesifikasi dan fitur-fitur utama Xiaomi Redmi 2.

  • 4.7″ IPS 720p capacitive touchscreen with 312 ppi; Corning Gorilla Glass 2 (atau Dragontrail)
  • Android 4.4.4 KitKat with MIUI v.6
  • 1.2GHz quad-core Cortex-A53 CPU; 1 GB of RAM, Adreno 306 GPU; Qualcomm Snapdragon 410
  • 8MP camera with LED flash, 1080p video capture
  • 2MP front-facing camera; 720p video recording
  • 8GB or 16GB of built-in memory, expandable via a microSD card slot (up to 32GB)
  • Cat. 4 LTE (150/50Mbps); Wi-Fi b/g/n; Bluetooth 4.0; GPS/GLONASS/BeiDou; microUSB, USB On-The-Go; FM radio
  • Dual SIM dual standby (two micro-SIM slots)
  • 2,200mAh battery
  • 134 x 67.2 x 9.4 mm 133 g

Review Xiaomi Redmi 2

Review Xiaomi Redmi 2

Paket Penjualan, Desain, dan Build Quality

Box packaging Redmi 2 dibuat simpel berbahan kertas recycle dengan paket penjualan yang juga ‘minimalis’. Anda akan mendapatkan handset Xiaomi Redmi 2, Charger standar UK, kabel data USB, manual, serta kartu garansi.

Pilihan Warna Xiaomi Redmi 2Desain yang digunakan Xiaomi Redmi 2 masih mirip seperti pendahulunya. Ketebalan 9.4 mm dan bobot 133 g membuatnya cukup nyaman dalam genggaman. Ditambah dengan finishing matte pada cover belakang, grip yang dimiliki tentu lebih baik dari kebanyakan smartphone rivalnya.

Xiaomi Redmi 2 tidak menggunakan desain unibody sehingga Anda masih bisa membuka cover belakang dan melepas baterainya. Secara keseluruhan, build quality yang dimiliki Xiaomi Redmi 2 termasuk solid dengan durabilitas yang baik. Adapun material plastik yang tidak terlalu istimewa tentunya bukan masalah untuk smartphone harga terjangkau ini.

Control

Kamera Xiaomi Redmi 2Bagian depan Xiaomi Redmi 2 didominasi layar besarnya dengan 3 buah tombol kapasitif di bagian bawah. Di bagian atas layar terdapat kamera depan 2MP ditemani sensor proximity dan ambient-light.

Di samping kiri Redmi 2, terdapat tombol power/lock dan volume rocker. Sedangkan di sisi atas dan bawah berurutan tersedia 3.5 mm audio jack dan microUSB port. Terakhir di bagian belakang tampak kamera utama beserta led flash, serta single speaker berjejer di sebelahnya. Slot SIM dan microSD berada di bagian dalam cover beserta baterai removable.

Display

Xiaomi Redmi 2 menggunakan layar sepert pendahulunya, ukuran 4.7 inci jenis IPS LCD dengan resolusi 720 x 1280 yang menghasilkan kerapatan piksel sekitar 312 ppi. Layar tsb juga sudah menggunakan proteksi layar yang cukup tangguh, Gorilla Glass 2, beberapa sumber mengatakan Dragon Trail.

Layar Redmi 2 ini dapat menyajikan tampilan yang tajam dengan kontras yang lebih baik namun masih masuk kelas menengah. Fitur yang cukup berguna adalah tersedianya pengaturan yang mengunci layar ketika proximity sensor tertutup, termasuk ketika berada dalam saku sehingga dapat terhindar dari aktivitas yang tak disengaja, misalnya menelpon salah satu kontak.

Baterai

Dengan kapasitas 2200 mAh, daya tahan baterai Xiaomi Redmi 2 tergolong standar namun relatif baik di kelasnya. Berdasarkan pengujian, smartphone ini dapat bertahan sekitar 8 jam untuk memutar video, 5 jam 40 menit untuk web browsing, dan hingga 12.5 jam untuk 3G talk time. Jika digunakan untuk aktivitas standar, Redmi 2 dapat bertahan seharian, bahkan dapat bertahan hingga 2 hari jika tak terlalu banyak aktivitas yang melibatkan data internet dan terutama gaming.

Connectivity

Xiaomi Redmi 2 adalah salah satu dari sedikit pilihan smartphone yang sudah dibekali jaringan 4G LTE dan Redmi 2 menggunakan LTE Cat 4 yang dapat menghasilkan kecepatan hingga 150 Mbps untuk download dan hingga 50 Mbps upload. Selain itu, tentu tersedia jaringan 3G HSPA dan 2G EDGE dan GPRS untuk Anda yang berada di luar jaringan 4G. Untuk saat ini, paket internet pilihan terbaik di Indonesia masih menggunakan standar 3G.

Meski Xiaomi Redmi 2 dapat menampung dua kartu SIM, namun penggunaan data 3G dan 4G hanya bisa untuk satu kartu sedangkan kartu lainnya berjalan pada jaringan GSM.

Fitur konektivitas Xiaomi Redmi 2 lainnya cukup lengkap termasuk di antaranya WiFi b/g/n, WiFi Hotspot, Bluetooth 4.0, microUSB 2.0, USB Host, dan USB OTG. Untuk GPS, Xiaomi Redmi 2 dilengkapi A-GPS, GLONASS, dan Beidou. Tak ketinggalan fitur FM Radio juga tersedia, sayangnya Anda harus membeli terpisah earphone yang berfungsi juga sebagai antenna radio.

OS dan Software

Xiaomi Redmi 2 berjalan pada OS Android 4.4.4 KitKat yang dilapisi user interface MIUI v6 yang merupakan launcher terbaru dari Xiaomi. UI ini cukup banyak disukai oleh banyak pengguna bahkan dari pengguna vendor lainnya. Untuk produk versi global, Xiaomi Redmi 2 sudah dibekali paket pre-installed Google sehingga tak perlu repot download di Mi market meski masih banyak Google Apps yang belum tersedia.

Pada homescreen, semua aplikasi tersedia disertai pengaturan untuk mengelompokkan pada folder, hal ini karena Redmi 2 tidak memiliki app drawer. MIUI juga mendukung theme yang merubah tampilan keseluruhan seperti wallpaper, lockscreen, icon, dan font. Secara keseluruhan tampilan dari MIUI ini sangat menarik dan relatif tak membosankan.

Performa Hardware

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 2Xiaomi Redmi 2 menggunakan prosesor 64-bit Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 306, dan 1 GB RAM. Prosesor tsb merupakan prosesor yang banyak digunakan pada smartphone kelas menengah dengan harga 3 – 4 jutaan. Performanya relatif tangguh meski bukan tandingan Octa-core yang dimiliki sang kakak, Redmi Note.

Penyimpanan data tersedia internal storage 8 GB yang sudah terpakai sebagian untuk sistem dan dapat ditambah berkat tersedianya slot microSD yang dapat menampung hingga 32 GB. Hasil pengujian dengan Benchmarking AnTuTu, Xiaomi Redmi 2 mendapatkan score sekitar 20.600 yang menempatkannya setara dengan banyak smartphone kelas menengah dari vendor Samsung, HTC, dan Sony.

Camera

Hasil Kamera Xiaomi Redmi 2
Hasil Kamera Xiaomi Redmi 2 (Zoom 100%)

Xiaomi Redmi 2 dibekali fitur fotografi yang cukup berkualitas di kelasnya. Di bagian belakang tersedia kamera 8MP yang dilengkapi autofocus dan LED flash. Sedangkan di bagian depan terdapat kamera 2MP. Tampilan/ interface kamera Redmi 2 terlihat simpel dengan kelengkapan fitur efek hingga 12 yang langsung dapat terlihat preview-nya. Panorama, HDR, dan Skin Tones juga tersedia untuk meningkatkan kreatifitas penggunanya. Kamera utama Redmi 2 dapat merekam video dengan resolusi full HD 1080p 30 fps, sedangkan kamera depan dapat merekam hingga resolusi HD 720p.

Hasil kamera dari pengujian gsmarena menyajikan foto yang tergolong sangat baik di kelasnya. Detail yang dihasilkan cukup baik dengan warna yang cemerlang dan natural meski beberapa sedikit over-saturated. Jika dibandingkan dengan rivalnya yang setara, hasil foto Xiaomi Redmi 2 tampak memiliki noise yang minim.

Sample Images yang menurut web resmi Xiaomi diambil menggunakan Redmi 2:

Verdict

Seperti pendahulunya, Xiaomi Redmi 2 terlihat sangat terjangkau jika melihat spesifikasi yang diusungnya, bahkan tidak ada perubahan harga yang berarti dibandingkan dengan 1S. Jika Anda mencari smartphone dengan spesifikasi dan kualitas terbaik di kelas harga 1.5 jutaan, this Xiaomi Redmi 2 is definitely for you.

Kelebihan Xiaomi Redmi 2:

  • Build quality tergolong sangat baik
  • Tampilan layarnya juga memuaskan
  • Daya tahan baterai relatif lama di kelasnya
  • Hasil kamera berkualitas
  • 4G LTE untuk internet cepat
  • MIUI menarik dan dapat diatur sesuai kebutuhan
  • Performa hardware berkelas
  • Kualitas audio dan loudspeaker sangat baik

Kelemahan dan kekurangan Xiaomi Redmi 2 relatif sangat sedikit menimbang harganya. Beberapa yang sedikit mengurangi keunggulan Xiaomi Redmi 2 antara lain video player bawaan yang tak dapat menampilkan subtitle, paket penjualan tanpa earphone. Yang paling utama dan memang merupakan khas Xiaomi, Redmi 2 cukup sulit didapatkan karena persediaan yang terbatas. Selain itu, jaringan service center di Indonesia juga relatif masih sedikit.

Untuk mendapatkan unit Xiaomi Redmi 2, Anda dapat membeli di Lazada Indonesia yang beberapa hari lagi akan mengadakan event khusus untuk penjualan Redmi 2 pada 8 April 2015. Selamat berburu smartphone incaran Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY