Samsung Galaxy Grand 2 (G7102) adalah salah satu smartphone Android Samsung kelas menengah yang menjadi favorit. Selain layarnya yang besar, spesifikasi dan harganya pun terbilang worth. Penerus Galaxy Grand generasi pertama ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang lebih baik dan siap untuk memuaskan kebutuhan para pemiliknya. Beberapa komponen yang lebih baik dari gen sebelumnya termasuk layar yang lebih besar, resolusi lebih tinggi, body lebih tipis, prosesor lebih tangguh, baterai lebih besar, dan beberapa fitur lain yang lebih baik. Secara keseluruhan Grand 2 jelas lebih baik dari Grand gen pertama.

Harga Samsung Galaxy Grand 2

Harga Samsung Galaxy Grand 2Di kelas harga menengah, Galaxy Grand 2 memiliki banderol yang masih di bawah 4 juta tepatnya Rp 3.600.000,- saat artikel ini ditulis. Pada rentang harga dan spesifikasi Grand 2, beberapa rivalnya termasuk Sony Xperia C3, HTC 816, LG G pro, Lenovo S860, dan beberapa smartphone 5″ lain dengan harga lebih murah. Bagaimana dengan spesifikasinya?

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand 2

Desain dan Layar

Berdimensi 146.8 x 75.3 x 8.9 mm, Grand 2 tidak terlihat jauh berbeda dengan Grand gen pertama bahkan lebih tipis. Bobot 163 gram pun hanya beda satu angka dari gen sebelumnya. Bezel silver khas Samsung pun masih melekat pada Grand 2. Desain body belakang Grand 2 menggunakan material plastik tapi bermotif kulit dengan jahitan di sekelilingnya seperti Galaxy Note 3. Tombol volume rocker berada di sisi kiri sedangkan di seberang terdapat tombol power/lock. Di atas dan bawah body terdapat berurutan port audio 3.5mm dan port microUSB.

Layar yang diusung lebih besar dari gen sebelumnya, 5.25″ alias naik 0.25″. Resolusi pun sudah HD yakni 1280 x 720 px dengan pixel density 280 ppi. Layar ini menggunakan jenis TFT Capacitive touchscreen 16 juta warna. Bandingkan dengan Grand gen sebelumnya yang beresolusi 480 x 800 px 187 ppi.

Hardware dan Software

Review Samsung Galaxy Grand 2Sektor hardware sangat diperhatikan oleh Samsung. Kini Galaxy Grand 2 sudah dibekali prosesor Quad-core 1.2 GHz dari Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400. Prosesor ini merupakan prosesor kelas menengah. Untuk urusan grafis, Grand 2 menggunakan GPU dari Adreno 305. RAM pun tidak ketinggalan mendapatkan peningkatan, dari sebelumnya 1 GB, kini sudah ditingkatkan menjadi 1.5 GB. Internal storage Grand 2 sebesar 8 GB dengan dukungan microSD hingga 64 GB. Untuk operating system, Grand 2 masih menggunakan Android OS versi Jelly bean namun memungkinkan untuk diupgrade ke Android KitKat. Dari pengujian benchmark AnTuTu, semua komponen tsb menghasilkan score 17.106. Baterai mengalami peningkatan kapasitas menjadi 2600 mAh dari sebelumnya 2100 mAh. Berdasarkan pengujian, baterai ini bisa bertahan hingga 9 jam internet browsing dan lebih dari 8 jam pemutaran video. Berdasarkan klaim pabrikan, baik internet 3G maupun pemutaran video dapat bertahan hingga 10 jam, tentunya hal ini dengan kondisi pengaturan tertentu.

Jaringan dan Data

Tidak ada peningkatan yang terlihat di sektor jaringan dan data internetnya. Samsung Galaxy Grand 2 menggunakan jaringan Dual SIM GSM dengan akses data internet HSPA+ 21 Mbps, EDGE, dan GPRS. Konektivitas lainnya termasuk WiFi, WiFi Direct, Bluetooth v4.0, dan micro USB. Grand 2 juga dilengkapi Radio FM untuk melengkapi fitur hiburan penggunanya. Untuk versi Dual SIM ini tidak tersedia jaringan 4G LTE.

Kamera Samsung Galaxy Grand 2

Hasil kamera Samsung Galaxy Grand 2 berdasarkan beberapa pengujian terlihat sangat impresif, noise yang minim, dan detail gambar yang tajam. Kamera resolusi 8 MP di bagian belakang dengan fitur autofocus, LED Flash, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, dan image stabilization. Perekaman video dapat mengambil dengan resolusi full HD 1080p. Kamera depannya beresolusi 1.9 MP untuk kebutuhan video chat ataupun berfoto selfie.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Grand 2

Kelebihan Galaxy Grand 2:

  • Layar lebih besar dengan resolusi lebih tinggi
  • Prosesor dan komponen utama lain lebih baik
  • Hasil kamera memuaskan
  • Desain dan ergonomi yang baik
  • Harga masih di bawah 4 juta

Kekurangan Galaxy Grand 2:

  • Masih Jelly Bean sebagai standar
  • Internal storage relatif terbatas

Kesimpulan: Salah satu Smartphone Android pilihan terbaik di rentang harga 3,5 jutaan.



Terms: harga hp samsung 2-3 juta, samsung grand prime hitam, hp samsung di bawah 2 juta

LEAVE A REPLY