Samsung Galaxy Grand Neo diluncurkan di awal tahun 2014 untuk mengisi kelas layar lebar dengan spesifikasi lebih rendah dari Galaxy Grand 2. Tentu saja Grand Neo ini diperuntukkan untuk Anda yang membutuhkan layar besar dengan harga yang lebih murah.

Harga Galaxy Grand Neo

Harga Samsung Galaxy Grand NeoGalaxy Grand Neo dibandrol dengan harga di bawah 3 juta yakni Rp 2.775.000,- saat artikel ini ditulis. Di rentang harga tsb, tidak terlalu banyak alternatifnya. Dari kubu Sony saat ini ada Xperia C yang berharga 2,9 jutaan. Dari LG tersedia pilihan LG G Pro Lite dan LG L80 Dual. Pilihan dari merk Lenovo memiliki spesifikasi yang lebih baik dengan harga lebih murah, salah satunya adalah Lenovo A859.

Spesifikasi Galaxy Grand Neo

Desain dan Layar

Meski menyandang nama Neo, namun karena masuk seri Grand, dimensi Grand Neo cukup besar karena menyematkan layar 5 inci. Bobot Grand Neo pun menyentuh 163 gram. Soal desain, Grand Neo masih menggunakan desain khas Samsung lengkap dengan bezelnya. Backcover-nya menggunakan finishing matte sehingga lebih nyaman digenggam karena tidak terasa licin.

Layar Galaxy Grand Neo menggunakan TFT Capacitive touchscreen 16 juta warna 5″ resolusi 480 x 800 px. Dengan resolusi tsb, layar Grand Neo memiliki kerapatan piksel sekitar 186 ppi. Kualitas layarnya masih sangat bisa diandalkan dan tentunya memberikan tampilan lega baik itu untuk browsing, melihat foto, dan menonton video.

Hardware Samsung Galaxy Grand Neo

Review Samsung Galaxy Grand NeoTidak seperti kakaknya yang menggunakan prosesor dari Qualcomm, Grand Neo dibekali prosesor dari Broadcom BCM23550 chipset, Quad-core 1.2 GHz. GPU dipercayakan pada VideoCore IV, sedangkan RAM standar dibekali 1 GB. Hasil benchmark AnTuTu mendapatkan score di kisaran 13 ribu. Sudah cukup untuk menjalankan aplikasi harian meski performanya sedikit lebih rendah dari Quad-core vendor rivalnya. Penopang daya dipercayakan pada baterai Li-Ion kapasitas 2100 mAh.

Grand Neo dalam kondisi standar menggunakan OS Android Jelly Bean dengan touchwiz UI Samsung. Grand Neo juga dilengkapi fitur Multiwindow, Smart Stay, Motion and Gesture, dan Dropbox 50GB gratis selama 2 tahun.

Jaringan dan Data

Grand Neo menggunakan Dual SIM GSM yang aktif bersamaan. Sedangkan untuk akses internet terdapat jaringan 3G HSDPA, HSUPA, EDGE, dan GPRS. Tak ketinggalan WiFi, Bluetooth, DLNA, dan microUSB pun tersedia untuk kebutuhan transfer data.

Kamera

Di bagian belakang, Samsung Galaxy Grand Neo menggunakan kamera beresolusi 5 MP dengan autofocus dan LED flash yang bisa merekam video HD 720p. Di bagian depan disediakan kamera dengan resolusi 0.3 atau VGA. Hasil kamera belakangnya berdasarkan pengujian cukup memuaskan walau dengan resolusi lebih rendah dari Grand original.

KESIMPULAN

Samsung Galaxy Grand Neo adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk Anda yang membutuhkan smartphone kelas phablet berlayar besar dan berharga lebih murah dari Grand original, meski harus mendapatkan spesifikasi yang lebih rendah. Untuk perbandingan, lihat juga Samsung Galaxy Grand 2.

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Grand Neo

Kelebihan:

  • Layar besar 5″
  • Quad-core berperforma cukup baik
  • Harga di bawah 3 juta
  • Hasil kamera cukup memuaskan
  • Ketahanan baterai cukup baik.

Kekurangan:

  • Resolusi layar belum HD
  • Kamera depan hanya VGA
  • Desain agak membosankan

LEAVE A REPLY