Jika Anda langsung melihat spesifikasi Samsung Galaxy J1, smartphone ini tentunya terbilang biasa saja bahkan inferior dibanding para rivalnya. Tidak salah karena dengan harga yang sama, rival lain memberikan spesifikasi utama yang hampir 2x lipat dari Samsung Galaxy J1. Namun tentunya smartphone is not always about processor and memory, right?!

Spesifikasi-Samsung-Galaxy-J1Samsung Galaxy J1 diluncurkan untuk menempati kelas smartphone terjangkau 1.5 jutaan dan hanya lebih murah 100 ribu dari Galaxy Core 2. Dengan bandrol di bawah 2 juta rupiah, praktis kita tidak bisa mengharapkan spesifikasi tinggi karena it’s Samsung. Namun bukan berarti tanpa kelebihan, Samsung Galaxy J1 tetap memiliki hal-hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih dibanding alternatif lainnya. Pada kesempatan kali ini, PMC akan ulas beberapa kelebihan Samsung Galaxy J1 dan kelemahannya.

Harga Samsung Galaxy J1

Belum lama diluncurkan di Indonesia, Samsung Galaxy J1 dibandrol dengan harga awal Rp 1.599.000,- atau 1.6 juta rupiah. Jika dibandingkan dengan seluruh lini produk smartphone Samsung, Galaxy J1 lebih tepat jika ditempatkan di kelas Entry-level/ Low-end/ atau kelas pemula. Namun tak perlu khawatir karena spesifikasi yang dimiliki Samsung Galaxy J1 nyatanya tidak low-low banget alias masih sangat mencukupi untuk kebutuhan dasar smartphone.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1

Di kelas 1.5 jutaan, pada dasarnya Samsung Galaxy J1 sudah membawa spesifikasi standar yang bisa diandalkan untuk aktivitas mobile seperti browsing, chatting, aplikasi produktivitas, fotografi, dan ukuran layarnya pun ideal. Hal yang paling dikeluhkan dari spesifikasi Samsung Galaxy J1 yakni prosesor dan RAM pun pada dasarnya tidak terlalu buruk. Sebelum melanjutkan, berikut spesifikasi dan fitur Samsung Galaxy J1.

Body: Blue, Black, White (129 x 68.2 x 8.9 – 122 g)
Sensor: Accelerometer, Proximity Sensor
Layar: TFT 4.3″ 480 x 800 Pixels 16 juta warna
OS: Android KitKat with TouchWiz UI
Processor: Dual-core 1.2 GHz
Memory: 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, microSD Slot, up to 128 GB
Kamera: 5 MP Autofocus and LED Flash, HD Video Recording 1280 x 720 30fps (Rear), 2 MP (Front)
Network: Dual-SIM, Micro-SIM, 2G GSM, 3G WCDMA
Konektivitas: WiFi b/g/n, WiFi Direct, Bluetooth v4.0, Micro USB 2.0, GPS, Glonass, FM Radio
Baterai: 1850 mAh

Harga-Samsung-Galaxy-J1

Desain dan Layar

Fokus pada ketebalan Samsung Galaxy J1, 8.9 mm menjadikannya cukup slim dan nyaman dalam genggaman, bobot 122 g pun tergolong sangat ringan di kelasnya. Hal yang menjadi keunggulan pada Galaxy J1 adalah material yang digunakan pada finishing belakang yang berjenis Matte sehingga lebih kesat dan tidak mudah kehilangan grip saat di genggam atau disimpan dalam pocket. Hal lainnya cukup standar seperti khas smartphone Galaxy dari Samsung, seperti desain membulat yang sudah terbukti memberikan ergonomi yang baik.

Layar Samsung Galaxy J1 menggunakan jenis TFT dengan diagonal 4.3 inci. Resolusi tergolong baik yakni 480 x 800 piksel dengan kerapatan piksel sekitar 217 ppi. Dengan kerapatan piksel tsb, tampilan yang dihasilkan J1 sudah cukup tajam baik itu menampilkan video, foto, ataupun typography pada web ataupun dokumen. Di kelas 1.5 jutaan, sebenarnya tidak ada yang terlalu minor dari spesifikasi layarnya. Jika Anda menginginkan layar yang lebih besar, tentunya pilihan lain bisa dipertimbangkan baik dari Samsung ataupun merk lainnya.

Hardware Samsung Galaxy J1

Sumber power untuk resource yang dibutuhkan berasal dari prosesor asal Shanghai, China, yakni Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7 dari chipset Spreadtrum, 512 MB RAM, GPU Mali 400, dan internal storage sebesar 4 GB yang bisa di-ekspansi berkat slot microSD card. Dari spesifikasi tsb, pengujian Galaxy J1 menghasilkan score benchmark AnTuTu pada kisaran 12 ribu – 13 ribu.

Pilihan-Warna-Samsung-Galaxy-J1
Pilihan Warna

Meski inferior, sebenarnya Anda tidak akan terlalu menemukan masalah performa yang berarti jika tidak terlalu berlebihan menggunakan aplikasi. Dengan manajemen memory dan apps, Anda bisa menghemat untuk mendapatkan performa yang baik. RAM 1 GB misalnya, jika digunakan pada smartphone dengan banyak apps bawaan, maka akan terpakai lebih banyak dibanding 512 MB pada smartphone yang memiliki lebih sedikit apps di background. begitupun pada RAM 1.5 GB, dalam kondisi baru pun sudah terpakai hampir 1 GB. Jika RAM lebih besar, aplikasi akan menyesuaikan besar RAM yang digunakan. Efeknya adalah pada kecepatan dalam mengakses macam-macam aplikasi yang di-instal. Semakin besar RAM, secara keseluruhan pengalaman menjelajah smartphone dan apps akan semakin ‘kaya’ dan nyaman.

Untuk penopang daya, Samsung Galaxy J1 dibekali baterai Li-Ion kapasitas 1850 mAh. Baterai tsb diklaim Samsung dapat bertahan hingga 9 jam penggunaan internet 3G, 12 jam internet dengan WiFi, 9 jam untuk video playback, 40 jam audio playback, dan hingga 10 jam untuk Talktime dalam jaringan 3G. Daya tahan baterai tentunya dapat berbeda tergantung pada penggunaan dan pengaturan smartphone. Baterai Samsung Galaxy J1 juga dapat dilepas berkat desain yang bukan unibody.

Network dan Konektivitas

Samsung Galaxy J1 yang masuk ke Indonesia saat ini kemungkinan hanya versi Dual SIM, jaringan berjalan pada jaringan 2G dan 3G. Untuk akses internet, Anda dapat menggunakan jaringan 2G dengan EDGE/GPRS, dan 3G WCDMA dengan HSPA yang memiliki kecepatan hingga 21.1 Mbps download/ 5.76 Mbps upload.

Fitur konektivitas tersedia WiFi, WiFi b/g/n, WiFi Direct, Bluetooth v4.0, dan Micro USB 2.0. Fitur-fitur tsb dapat digunakan untuk menghubungkan dengan device lain ataupun memindahkan data. Fitur lainnya tersedia GPS dengan Glonass yang berguna untuk fitur penunjuk arah dan peta. Untuk mendukung fitur hiburan pada Galaxy J1, tersedia juga FM Radio.

Kamera Samsung Galaxy J1

Jika dibutuhkan untuk mengabadikan moment, smartphone ini juga sudah siap sedia berkat kamera 5 MP dengan fitur autofocus dan LED flash. Sedangkan kamera 2 MP di bagian depan dapat digunakan untuk berfoto gaya selfie ataupun untuk video chat dengan aplikasi chatting. Hasil kameranya tentu bukan yang terbaik, namun secara keseluruhan hasil fotonya sudah sangat layak untuk dinikmati.

Kelebihan dan Kelemahan Samsung Galaxy J1

Meski spesifikasinya bukan yang tertinggi di rentang harga 1.5 jutaan, namun bukan berarti Samsung Galaxy J1 sama sekali tidak layak untuk dibeli. Desain cantik dengan material yang lumayan, serta durabilitas Samsung yang sudah terbukti tangguh, sudah cukup bisa dijadikan alasan untuk memilih Samsung Galaxy J1 dibanding pilihan rivalnya. Kelemahan Samsung Galaxy J1 yang paling dikeluhkan adalah pada komponen prosesor dan memory, kabar baiknya konon akan dijual juga versi lebih tangguh dengan Quad-core. Untuk mengatasi kelemahan Galaxy J1, Anda dapat memaksimalkan pengaturan apps serta menyisakan internal storage hanya untuk meng-instal aplikasi.

Verdict: Jika hanya fokus pada spesifikasi prosesor dan memory, Samsung Galaxy J1 bukan untuk Anda. Namun jika Anda sedang mencari smartphone Samsung dengan spesifikasi dan fitur yang memadai dan masih dibandrol di kelas 1.5 jutaan, Samsung Galaxy J1 masih sangat layak untuk dijadikan pilihan.

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY