Tidak semua orang suka layar besar. Tidak semua orang juga mau keluar uang lebih untuk sebuah hp atau smartphone. Percayalah, Samsung Galaxy J1 Mini ini punya daya tarik yang kuat, penasaran?

Belum lama, Apple meluncurkan iPhone SE yaitu iPhone yang menggunakan desain iPhone 5s namun dengan jeroan iPhone 6s. Ketika disandingkan, terlihat dimensinya sangat berbeda. iPhone SE yang masih menggunakan layar 4 inch terlihat sangat mungil. Namun, kenapa Apple meluncurkan iPhone SE, malah penjualannya tergolong membludak?!

Kita gak akan bahas smartphone iOS harga 6-7 jutaan yang itu. Kita bahas smartphone yang jauh lebih murah namun dengan sedikit kemiripan, ya, sedikit saja.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini

Versi lebih kecil dan lebih murah dari Galaxy J1 dan J1 Ace. Smartphone ini menggunakan layar ukuran 4 inci jenis TFT, setidaknya ukuran ini mirip dengan iPhone SE. Tapi sayang, jumlah warnanya hanya 256 ribu warna. Resolusi yang digunakan adalah 480 x 800 piksel, terlihat rendah, namun dengan kerapatan piksel 233 ppi, tampilan layarnya bisa dipastikan tajam dan lebih dari cukup.

OS yang digunakan adalah Android Lollipop dengan balutan TouchWiz UI yang juga dilengkapi beberapa fitur tambahan yang sangat berguna seperti misalnya Power Saving dan Outdoor mode.

Samsung-Galaxy-J1-Mini-Putih

Fitur kamera Galaxy J1 Mini cukup lumayan dengan resolusi 5 MP di belakang yang juga bisa digunakan untuk merekam hingga resolusi HD 1280 x 720 piksel 30 fps. Namun sayang belum dilengkapi dengan LED Flash ataupun Autofocus. Pengambilan di luar ruangan sudah lebih dari cukup. Kamera depannya hanya dibekali resolusi VGA dengan resolusi video yang juga VGA sehingga lebih cocok untuk video chat dibanding selfie. Foto selfie mungkin lebih asik dengan kamera belakangnya ya.

Hardware

Kita beralih ke komponen jeroan, Galaxy J1 Mini memiliki performa yang tidak seperti namanya. Meski namanya Mini, tapi soal performa sudah bisa dikatakan Maksi di kelasnya.

Dibekali chipset Spreadtrum 1.5 GHz, GPU Mali-400MP2, RAM 1 GB, dan internal storage 8 GB, hasil pengujian dengan benchmark AnTuTu, Galaxy J1 Mini mendapatkan score sekitar 24 ribu. Score ini sudah bisa dikatakan setara dengan Snapdragon 410 yang digunakan di smartphone harga lebih mahal. Lihat juga; Advan i5A.

Dengan peforma yang dimiliki Galaxy J1 Mini, menjalankan banyak jenis aplikasi akan terasa lancar tanpa lag berlebihan. Smartphone ini sangat siap untuk menjalankan berbagai jenis chat apps, browser, dan multimedia.

Samsung-Galaxy-J1-Mini-Hitam

Baterai yang dibenamkan adalah kapasitas 1500 mAh jenis Li-Ion yang dapat dilepas. Kapasitas tsb memang relatif kecil jika dibandingkan dengan banyak smartphone lain, namun dengan layar yang hanya 4 inci, daya tahan baterainya relatif baik. Berdasarkan klaim, Galaxy J1 Mini sanggup bertahan hingga 6 jam untuk browsing web dengan 3G, 7 jam dengan 4G, dan 9 jam dengan WiFi, hingga 6 jam untuk menonton video, dan hingga 8 jam waktu bicara.

Network dan Konektivitas

Meski bandrol harganya cuma 1 jutaan, namun Galaxy J1 Mini sudah mendukung jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat. Fitur lainnya relatif standar seperti WiFi, WiFi Hotspot, Bluetooth, GPS, FM Radio, dan micro USB.

Dengan spesifikasi dan fitur di atas, Samsung Galaxy J1 Mini memiliki dimensi 121.6 x 63.1 x 10.8 mm dengan bobot sekitar 126 gram. Desain luarnya relatif menarik meski didominasi bahan plastik. Pojokan yang membulat membuatnya nyaman dalam genggaman, begitu juga ketika dimasukkan dalam saku celana, terutama jeans, smartphone ini tidak akan menyusahkan kita untuk duduk atau berjalan. Tersedia 3 pilihan warna yakni hitam, putih, dan gold.

Harga Samsung Galaxy J1 Mini

Saat diluncurkan, Galaxy J1 Mini dibandrol dengan harga Rp 1.199.000, memang tidak terlalu jauh bedanya dibanding sang kakak, J1 Ace yang sudah berada di kisaran 1,3 jutaan. Karena itu, pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Beberapa specs Galaxy J1 Mini lebih baik dari J1 Ace, misalnya kapasitas RAM dam ROM.

Samsung-Galaxy-J1-Mini-Gold

Dengan segala yang dimiliki Galaxy J1 Mini, kami setuju untuk memasukkan smartphone ini dalam jajaran smartphone layak dibeli, terutama karena ukuran compact namun performa yang sangat lumayan dengan bandrol 1 jutaan. Sejujurnya, saya saja ingin beli satu. Adapun kekurangan Galaxy J1 Mini antara lain; layar kurang berkelas dibanding J1 Ace serta kamera depan yang terlalu rendah resolusinya. Jika Anda lebih mementingkan layar yang lebih baik serta kamera selfie lebih berkualitas, mungkin J1 Ace bisa dijadikan pilihan dengan menambah budget sekitar 100 ribuan. Jika Anda suka smartphone mungil namun performa tangguh, maka iPhone SE, #eh.. maksudnya, Galaxy J1 Mini, mungkin cocok untuk Anda.

SHARE

3 COMMENTS

  1. saya bingung ni milih samsung galaxy j1 mini atau j1 2016, di daerah saya j1 mini harga 1,2 juta, sedangkan j1 2016 harga 1,65 juta. kebutuhan utama saya untuk jualan online, chatting, kebutuhan kamera standar hanya sesekali. tujuan saya pilih samsung ini karna buat jangka pendek / sementara dan akan saya jual kembali. kalo udah punya tabungan yg cukup baru saya beli yang harga 2-3 jutaan. pilih yg mini agar lebih hemat atau pilih j1 yg fiturnya yg lumayan unggul di kamera dan layar.

    • Kalau harga 1,65 juta, itu malah bisa dapet Galaxy J2 gan…

      Kalau budget emang tersedia, saya kira lebih baik ambil yang J1 2016 sekalian (atau J2), bisa tahan lebih lama. Termasuk layar yang lebih besar sehingga lebih nyaman untuk jualan online. Soal upgrade ke tipe lebih tinggi, bisa pikirkan nanti.

      Galaxy J1 Mini saya kira lebih cocok untuk yang lebih jarang pake hp tapi ingin performa yang baik saat dibutuhkan.

LEAVE A REPLY