Samsung Galaxy J3 hadir untuk mengisi kelas smartphone harga 2 jutaan. Di bawahnya, ada Galaxy J2 yang menggunakan layar ukuran 4.7-inch dan saat ini dibandrol 1,8 jutaan rupiah. Di atasnya, ada Galaxy J5 versi 2015 dan 2016 yang akan datang.

Jika dilihat sekilas, Galaxy J3 hadir dengan specs yang mirip dengan Galaxy J5 versi 2015 termasuk layarnya, baterai, serta beberapa komponen lainnya. Jika Anda penasaran, kita akan ulas specs dan fitur Galaxy J3.

Harga Samsung Galaxy J3

Pada peluncurannya, Galaxy J3 bisa didapatkan dengan harga Rp 2.399.000 alias hanya 200 ribu rupiah lebih murah dari Galaxy J5 versi 2015. Namun sebagian toko sudah memberikan harga diskon sehingga kita hanya perlu membayar 2,2 jutaan rupiah untuk J3 ini. Alternatif menarik dari vendor lainnya ada Lenovo A7000 SE, Redmi 3, dan beberapa smartphone lainnya yang berharga tidak jauh dari harga J3.

Update Oktober 2016: Harga Galaxy J3 2016 tidak banyak turun sejak awal meluncur. Saat ini harga Galaxy J3 2016 berkisar di angka 2,15 jutaan rupiah.

Spesifikasi dan Fitur Galaxy J3

Layar Super AMOLED

Samsung kini beralih ke layar jenis Super AMOLED untuk hampir semua tipe smartphone-nya. Hanya yang berbandrol sangat murah yang masih menggunakan TFT.

Tidak terkecuali Galaxy J3 yang juga menggunakan layar Super AMOLED dengan ukuran diagonal 5.0-inch dan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Kerapatan piksel 294 ppi sudah sangat cukup untuk menikmati konten multimedia. Dengan jenis layar yang digunakan tsb, Galaxy J3 bisa menampilkan tampilan yang tajam dan contrast yang tinggi sehingga konten multimedia seperti gambar dan video akan terlihat semakin menarik. Begitu juga ketika digunakan di luar ruangan dan di bawah sinar matahari, layarnya relatif lebih mudah kita lihat dengan jelas.

OS yang digunakan J3 adalah Android Lollipop dengan balutan UI TouchWiz khas Samsung.

Desain Keren Tanpa Drama

Maksudnya, desain Galaxy J3 sebenarnya sederhana namun menyenangkan untuk dilihat dan tidak membosankan. Meski tampak fresh, namun menurut kami desainnya masih menuruni desain khas Galaxy.

Samsung-Galaxy-J3-Gold

Dengan baterai yang cukup besar dan specs yang diusung, Galaxy J3 memiliki dimensi 142.3 x 71 x 7.9 mm dan bobot 138 g, relatif ringan meski bukan yang terbaik. Lirik Xiaomi Redmi 3.

Performa Hardware Biasa

Tak perlu membandingkan dengan smartphone dari Lenovo, Meizu, Xiaomi, Infinix, Coolpad, atau ZTE, bisa kami katakan bahwa performa Galaxy J3 ini tergolong biasa. Kami cukup membandingkan J3 ini dengan adiknya yang berharga setengahnya, Galaxy J1 Mini. Tapi kami belum bisa membuat kesimpulan apakah Galaxy J3 layak beli atau tidak.

Review-Spesifikasi-Samsung-Galaxy-J3

Samsung Galaxy J3 menggunakan chipset dari Spreadtrum dengan CPU quad-core clockspeed 1.5 GHz dan GPU Mali-400. Kapasitas RAM-nya 1.5 GB dengan internal storage 8 GB yang bisa diekspansi menggunakan microSD card. Hasil pengujian Galaxy J3 menggunakan benchmark AnTuTu, score yang didapatkan berkisar di 25.800 atau hampir 26 ribu. Dibandingkan dengan J1 Mini, perbedaan scorenya hanya 1.500 an. Performa Galaxy J3 tentu sudah sangat mencukupi untuk aktivitas pada umumnya di smartphone seperti browsing, chatting, multimedia, bahkan gaming. Namun melihat terlalu banyak rival yang lebih baik, nampaknya sektor ini tidak bisa menjadi alasan kita membeli Galaxy J3.

Network & Connectivity

Galaxy J3 yang dijual di Indonesia pada umumnya adalah versi Dual SIM. Jaringan 4G LTE tentunya sudah tersedia untuk akses internet super cepat menemani HSPA, 3G. EDGE, dan GPRS. Fitur konektivitas relatif standar termasuk WiFi, WiFi Hotspot, Bluetooth, microUSB, GPS, FM Radio, dan USB OTG (berdasarkan data).

Baterai Relatif Besar

Gara-gara Xiaomi Redmi 3, smartphone lain harga 3 juta ke bawah jadi terlihat inferior. Termasuk baterai Galaxy J3 yang sebenarnya sudah relatif besar yakni 2600 mAh. Namun jika dibanding Redmi 3 yang membawa 4100 mAh, Galaxy J3 jadi terlihat biasa bahkan inferior.

Harga-Samsung-Galaxy-J3

Namun kami tetap setuju, untuk ukuran Galaxy, kapasitas 2600 mAh sudah termasuk besar. Jangan lupa bahwa baterai Galaxy J3 bisa dicopot dengan mudah alias removable karena desain yang digunakan J3 bukan unibody.

Kamera Cukup Oke

Banyak smartphone yang sudah dibekali fitur kamera berkualitas meski harganya di bawah 2 juta dan 2 jutaan. Galaxy J3 ternyata bermain cukup “aman” di sini alias standar saja. Kamera belakangnya memiliki resolusi 8 MP serta dilengkapi dengan LED Flash dan Autofocus. Hasil kameranya tentu lebih dari cukup untuk merekam momen sehari-hari kita, namun untuk yang lebih serius, mungkin lebih baik kita gunakan kamera digital dedicated. Kamera depannya menggunakan resolusi 5 MP yang juga lebih dari cukup untuk foto selfie/groupie. Begitu juga jika digunakan untuk video chat.

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy J3

Untuk membantu Anda memutuskan apakah Galaxy J3 layak beli atau tidak, mari kita lihat apa yang menarik dan mana yang tidak.

Kelebihan Galaxy J3

  • Layar Super AMOLED resolusi HD, setidaknya kasta layar J3 setingkat lebih tinggi dibanding rival-rivalnya.
  • Baterai non-removable, mudah untuk membawa baterai cadangan.
  • Desain oke gak neko-neko, cocok untuk kita yang suka kesederhanaan. Bobot tergolong ringan.
  • Performa relatif baik dan mencukupi
  • Kamera mencukupi.

Kekurangan/ Kelemahan Galaxy J3

  • Performa di bawah banyak alternatif di kelas yang sama bahkan lebih murah.
  • Fitur kamera relatif standar dimana beberapa rivalnya sudah membekali dengan yang lebih baik.

Dengan mempertimbangkan dengan smartphone Samsung lainnya, apa yang paling membuat Galaxy J3 menarik adalah Layar, baterai, serta fitur kameranya. Selebihnya biasa saja.

Jika Anda mencari smartphone merk Samsung harga 2 jutaan, maka Galaxy J3 2016 ini adalah satu-satunya pilihan paling murah. Adapun Galaxy On7 dan J5 2016, harganya sudah mendekati 2 jutaan.

Overall, Galaxy J3 tetap sangat layak dipertimbangkan jika Anda memang mencari smartphone dengan kriteria yang cocok dengan apa yang dimiliki Galaxy J3. Namun jika Anda mencari performa, fitur lebih “wah”, dan tidak perlu merk Samsung, masih banyak alternatif lainnya.

*Specs dan data di atas dapat saja memiliki kesalahan disebabkan banyaknya tipe yang dijual oleh Samsung sesuai market.

SHARE

1 COMMENT

  1. Gan, ane mau nanya aplikasi/game yg seperti apa yg bisa dipindahkn ke memory ekternal dan aplikasi seperti apa yg tdk bisa dipindahkn diandroid lolipop?
    Soalnya ane mau pindah ke hp ber OS lolipop tapi masih ragu terutama krn hal ini.

LEAVE A REPLY