Jika tidak mengincar kemewahan material pada Galaxy seri A, bisa dibilang, Galaxy seri J memiliki penawaran lebih menarik. Tidak heran jika pasar di Indonesia lebih berminat pada seri ini dibanding seri di atasnya.

Galaxy seri J bahkan kini semakin mewah dengan frame metal meskipun cover/ case belakang masih menggunakan bahan plastik, tapi desain non-unibody tentu bisa menutup kekurangan tsb. Di lain sisi, material plastik tentu lebih tahan benturan dibanding bahan kaca. Galaxy J7 adalah tipe tertinggi di atas J5, J3, J2, dan J1. Untuk versi 2016, Galaxy J7 hadir dengan spesifikasi hardware yang sungguh memikat hati.

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 2016

Fokus ke hardware inti, Galaxy J7 2016 menggunakan chipset Exynos 7870 Octa-core 1.6 GHz dengan GPU Mali-T830MP2, RAM 2 GB, serta storage 16 GB yang didukung slot microSD hingga 128 GB. Kombinasi tsb menghasilkan performa yang terbilang tangguh untuk smartphone Korean harga 3 jutaan. Hasil pengujian dengan benchmark AnTuTu 6, Galaxy J7 ini bisa mendapatkan score di kisaran 49 ribu.

Saat diuji menggunakan GeekBench 3, performa multicore Galaxy J7 2016 ini terbilang sangat baik bahkan mengalahkan Snapdragon 650 yang notabene memiliki performa keseluruhan jauh lebih baik dengan score AnTuTu di kisaran 76 ribu.

Teknologi manufacturing 14nm pada chipset Exynos 7870 juga membuat kebutuhan dayanya lebih rendah sehingga pada akhirnya memberikan daya tahan baterai smartphone lebih panjang.

Terbukti saat diuji daya tahan beterainya, Galaxy J7 2016 mendapatkan hasil yang memuaskan, 12 jam untuk browsing menggunakan WiFi, dan hingga 18 jam untuk memutar video, impresif. Untuk talktime, J7 2016 bisa bertahan hingga 24 jam. Selain berkat chipset yang lebih irit daya, hal ini juga berkat penggunakan baterai berkapasitas besar yakni 3300 mAh.

Samsung-Galaxy-J7-2016-Spesifikasi Gambar Depan Belakang

Tes tersebut dilakukan oleh GSMArena, jika kita merujuk pada website resmi Samsung, di sana terpampang angka-angka yang lebih besar berdasarkan hasil uji coba mereka yakni 11 jam internet 3G, 14 jam internet 4G, 15 jam internet dengan WiFi, 21 jam memutar video, 96 jam memutar audio, dan 23 jam talk time 3G. Angka-angka tsb adalah waktu maksimal yang bisa dicapai, daya tahan baterai pada kondisi sebenarnya bisa berbeda karena dipengaruhi berbagai faktor. Baterainya bisa dilepas dengan mudah karena desain yang dianut Galaxy J7 2016 ini bukan unibody. Kita bisa membawa baterai cadangan jika bepergian jauh.

OS Android yang digunakan adalah versi Marshmallow yang dibalut Touch Wiz UI khas Samsung.

Sampai di sini, kita tau bahwa Samsung Galaxy J7 2016 bisa diandalkan untuk performa dan daya tahan baterai, bagaimana fitur-fitur yang lain?

Layar & Body

Galaxy J7 2016 tentu sudah menggunakan layar jenis Super AMOLED meski masih menggunakan resolusi yang biasa saja; HD 720 x 1280 piksel. Dengan ukuran layar 5.5 inch, kepadatan pikselnya berkisar di angka 267 ppi. Meski layarnya HD, namun kualitasnya akan terlihat lebih baik dibanding HD milik smartphone lain yang berlayar LCD/ TFT. Apalagi kalau kita bahas sunlight contract ratio, maka Galaxy J7 ini sangat bisa diandalkan untuk digunakan di bawah sinar matahari berkat kecerahan dan contrast yang tinggi, khas AMOLED.

Samsung-Galaxy-J7-Gold

Mengusung baterai besar, Galaxy J7 2016 berbobot 169 g, cukup standar untuk smartphone 5.5 inch saat ini. Dimensinya 151.7 x 76 mm dengan ketebalan hanya 7.8 mm. Tersedia tiga pilihan warna yakni hitam, putih, dan gold/emas. Soal desain, Galaxy J7 2016 tampak tidak terlalu berbeda dengan seri J lainnya, dengan sudut yang membulat halus, smartphone ini akan nyaman dalam genggaman.

Kamera

Mengakses fitur kamera di smartphone ini bisa langsung dengan menekan tombol Home 2 kali. Galaxy J7 menyediakan kamera belakang 13 MP dengan kemampuan rekam video Full HD 1080p. Flash dan autofocus tentu tersedia untuk kamera utama tsb. Sedangkan di depan, tersedia kamera 5 MP untuk selfie dan dilengkapi juga dengan LED flash. Sudut pengambilan kamera depan cukup lebar yakni 120 derajat.

Fitur-Galaxy-J7-2016

Dari hasil pengujian kameranya, baik kamera depan atau belakang sama-sama bisa menghasilkan foto yang memuaskan. Kedua kamera menggunakan aperture f/1.9 sehingga foto yang dihasilkan lebih terang berkat lebih banyaknya cahaya yang masuk. Foto dengan background buram pun bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan kamera belakang.

Network & Connectivity

Galaxy J7 (versi dual) bisa menampung dua kartu SIM jenis Micro. Jaringan yang didukung tentu sudah meliputi 2G, 3G, dan 4G FDD dan TDD. Fitur konektivitas lainnya tersedia WiFi b/g/n, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.1, NFC, GPS, FM Radio, dan microUSB v2.0. Ya, NFC sudah tersedia di smartphone 3 jutaan ini.

Sensor yang tersedia terbilang cukup terbatas, antara lain Accelerometer, Hall Sensor, dan Proximity Sensor.

Harga Samsung Galaxy J7 2016

Dengan spesifikasi dan fitur menarik di atas, Galaxy J7 2016 dibandrol dengan harga yang tidak jauh jika dibanding sang adik, J5 2016. Galaxy J7 versi 2016 ini dibandrol Rp 3.499.000 saja atau 3,5 jutaan.

Harga-Samsung-Galaxy-J7-2016-Putih Gambar depan belakang samping

Apa yang ditawarkan smartphone seharga 3,5 juta rupiah ini sudah sangat mencukupi untuk berbagai kebutuhan dan aktivitas komputasi mobile. Untuk gaming pun cukup tangguh meski belum menyamai GPU Adreno yang sekelas. Namun yang jelas, performa J7 2016 sudah lebih dari cukup untuk berbagai jenis aktivitas. Berbagai jenis aplikasi akan dijalankan oleh smartphone ini dengan mudah dan lancar. Memang ada beberapa smartphone Chinese yang berharga lebih murah serta memiliki performa yang lebih kencang, namun Galaxy J7 adalah Samsung, Anda tak akan pernah salah dengan smartphone Samsung 😀 (Udah kayak iklan aja ya… Padahal saya ini gak dibayar kok oleh mereka…)

Overall… Dengan uang 3,5 juta rupiah, Samsung Galaxy J7 2016 is very recommended, sangat layak untuk dimiliki.

SHARE

LEAVE A REPLY