Samsung Galaxy J7 Prime adalah seri update untuk Galaxy J7 2016 dengan peningkatan pada beberapa spesifikasi dan fitur. Yang paling terlihat dari luar adalah desain dan material casing. Kini Galaxy J7 Prime sudah menggunakan desain unibody yang artinya kita tidak bisa lagi membuka cover dan baterainya dengan mudah.

Galaxy J7 Prime juga sudah dibekali fitur lebih lengkap yang sebenarnya merupakan fitur wajib di abad ini; fingerprint sensor. Seperti apa fitur dan spesifikasi ponsel menengah Samsung ini, mari kita simak info harga Galaxy J7 Prime terlebih dahulu.

Harga Samsung Galaxy J7 Prime

Samsung Galaxy J7 2016 saat ini sudah berada di kisaran 3,3 jutaan atau sekitar 400 ribu lebih murah dari harga Galaxy J7 Prime yang terbaru. Harga J7 Prime ini berada di kisaran 3,7 jutaan. Harga yang masih cukup terjangkau jika kita bandingkan dengan rival yang cukup dekat, Asus Zenfone 3 ZE520KL misalnya yang berada di kisaran harga 3,9-4,1 juta. Atau yang sangat populer saat ini di Indonesia, ada Oppo F1s yang masih bertahan di angka 3,79 juta rupiah.

Di rentang harga 3,7 jutaan, selain Zenfone 3 dan Oppo F1s, ada juga alternatif dari merk lainnya. Pilihannya ada Polytron Prime 7s, LG X Cam, dan Xiaomi Mi 5 (Dist).

Review Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime

Review Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime

Sebelum kita bahas lebih detail, berikut tabel spesifikasi lengkap Samsung Galaxy J7 Prime.

Network 3G HSPA, 4G LTE Cat4
SIM Dual SIM
Layar PLS TFT 5.5 inches 1080×1920 piksel, 401 ppi
Dimensi 151.7 x 75 x 8 mm
Bobot 167 g
Chipset Exynos 7870
CPU Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T830MP2
RAM 3 GB
Storage 32 GB
Expansion microSD card support
Camera 13 MP f/1.9, autofocus, LED flash
Panorama, HDR, 1080p video
8 MP f/1.9 front camera
WiFi b/g/n. WiFi Direct, Hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP, LE
GPS A-GPS, GLONASS/BDS
Radio FM Radio
USB microUSB v2.0, USB On-the-Go
Sensors Fingerprint, accelerometer, proximity
Battery 3300 mAh Li-Ion, non removable

Design & Display

Galaxy J7 Prime menggunakan material case berbahan metal yang membuatnya tampil cukup mewah meski saat ini sudah sangat umum digunakan banyak smartphone. Desain unibody mungkin tidak disukai sebagian pengguna, namun lebih banyak lagi yang tidak mempermasalahkan. Desain dan penempatan tombol pada J7 Prime ini masih sangat khas Samsung Galaxy meski terlihat sedikit lebih manis pada bagian depan.

harga-samsung-galaxy-j7-prime

Layar yang digunakan terlihat keluar dari pakem Samsung Galaxy dimana biasanya menggunakan jenis Super AMOLED. Galaxy J7 Prime menggunakan layar jenis PLS TFT LCD, setara dengan banyak smartphone lain berlayar IPS LCD. Resolusinya meningkat dari J7 2016 menjadi Full HD 1080×1920 piksel sehingga secara keseluruhan kualitas layarnya tetap sangat baik. Namun saat harus digunakan di luar ruangan atau yang terkena sinar matahari, tampilannya memang tidak bisa sejelas milik Super AMOLED.

OS: Berbasis Android Marshmallow, TouchWiz UI pada Galaxy J7 Prime ini mirip seperti jajaran smartphone Samsung kelas menengah atas lainnya. Berbagai fitur pelengkap yang memudahkan tentunya juga tersedia di J7 Prime.

samsung-galaxy-j7-prime

Hardware Performance

Galaxy J7 Prime menggunakan chipset seperti milik J7 2016 yakni Exynos 7870. Chipset dengan CPU Octa-core pada clockspeed 1.6 GHz ini tergolong tangguh dan sudah sangat mencukupi untuk banyak jenis aplikasi dan multitasking. Ditemani GPU Mali-T830MP2, J7 Prime bisa menjalankan berbagai jenis game modern. Apalagi kapasitas RAM kini sudah 3 GB, sangat mencukupi untuk berbagai aktivitas. Internal storage untuk versi yang diuji adalah versi 32 GB, ada juga versi lain terutama yang masuk India menggunakan storage 16 GB saja. Jika diperlukan, kapasitas penyimpanan masih bisa ditambah menggunakan kartu microSD.

Dengan benchmark AnTuTu, score Samsung Galaxy J7 Prime tidak terlalu membanggakan, yakni berkisar di angka 44.600 (dalam kondisi berbeda, scorenya bisa mencapai 50 ribuan). Score tsb tentunya masih di bawah rivalnya Zenfone 3 dengan Snapdragon 625. Namun secara keseluruhan, performa yang dimiliki J7 Prime sudah sangat mencukupi.

Camera

Hasil kamera Galaxy J7 2016 sebenarnya sudah memuaskan penggunanya, baik kamera utama ataupun kamera depan untuk selfie. Di Galaxy J7 Prime, fitur kamera depannya dinaikkan menjadi 8 MP dengan aperture f/1.9.

fitur-samsung-galaxy-j7-prime

Di belakang, kamera utama masih menggunakan 13 MP f/1.9 dengan autofocus dan LED flash. Bukaan aperture yang relatif lebar tsb membuat hasil foto akan lebih terang meski di kondisi yang kurang optimal cahaya. Berbagai jenis efek dan pengaturan tersedia untuk mengambil foto yang lebih kreatif dan sesuai kebutuhan termasuk HDR dan panorama. Untuk merekam video, resolusinya hingga FHD 1080p.

Connectivity

Di sektor ini, fitur Galaxy J7 Prime tergolong biasa saja. Tersedia WiFi b/g/n 2.4 GHz, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.1, dan microUSB v2.0 dengan dukungan USB OTG.

Features

Galaxy J7 Prime juga dibekali fitur legend; FM Radio, serta GPS dengan A-GPS dan GLONASS/BDS.

kelebihan-samsung-galaxy-j7-prime

Perbedaan fitur yang cukup signifikan pada J7 Prime adalah hadirnya sensor fingerprint yang bisa diakses melalui tombol Home khas Samsung yang berada di bawah layar. Sensor ini berguna sekali untuk mengamankan ponsel dari tangan iseng yang ingin mengakses tanpa izin dengan proses yang sangat efisien.

Battery

Galaxy J7 Prime dibekali baterai kapasitas 3300 mAh dimana tergolong besar di kelasnya. Berkat chipset Exynos 7870 yang irit daya, ketahanan baterai J7 Prime juga tergolong sangat baik dengan klaim hingga 12 jam untuk internetan pada jaringan 3G, hingga 15 jam dalam jaringan 4G, dan hingga 16 jam internetan dengan jaringan WiFi. Untuk memutar video, J7 Prime bisa hidup hingga 14 jam dalam satu kali charge baterai, hingga 84 jam untuk memutar audio, dan hingga 21 jam waktu bicara pada jaringan 3G.

Verdict: Samsung Galaxy J7 2016 yang lebih inferior dari J7 Prime tergolong smartphone recommended, dan dengan hadirnya Galaxy J7 Prime, maka semakin tinggi lagi value smartphone menengah Samsung ini. Kelemahannya sangat relatif seperti misalnya desain yang unibody, fitur konektivitas standard, dan layar yang tidak lagi berjenis Super AMOLED. Namun dengan harga di bawah 4 juta, fitur utama yang cukup baik, Galaxy J7 Prime tetap layak untuk dibeli, it’s Samsung.

LEAVE A REPLY