Untuk memberikan kemudahan konsumen memilih, Samsung menyediakan banyak tipe dan kelas untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda. Dimulai dari Tab kelas murah yang memiliki sebutan ‘Lite’, kemudian kelas standar Galaxy Tab 4 dalam 3 pilihan ukuran layar, Tab kelas atas dengan Note Series yang juga dalam 3 pilihan ukuran layar, serta yang baru saja dikenalkan, Tab S untuk yang membutuhkan layar kelas Super AMOLED yang ditawarkan dalam 2 pilihan ukuran layar.

Review Samsung Galaxy Tab 4 10.1Untuk Anda yang tidak terlalu membutuhkan spesifikasi kelas Note Series atau Tab S, Samsung Galaxy Tab 4 series adalah pilihan yang cocok untuk Anda. Kali ini kita akan membahas Galaxy Tab 4 dengan ukuran layar terbesar yakni 10.1 inci. Tipe yang beredar di Indonesia adalah Tab 4 versi 3G dengan kode SM-T531.

Harga Galaxy Tab 4 10.1

Harga dan Review Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 4 10.1Jika mengukur harga semua tablet yang berkisar dari 1 jutaan hingga 10 jutaan, maka Samsung Galaxy Tab 4 10.1 masuk dalam kategori menengah. Meski begitu, harganya memang tidak bisa dibilang murah terutama jika dibandingkan dengan merk dari China dan merk lokal.

Samsung Galaxy Tab 4 10.1 dibandrol dengan harga yang masih di bawah 5 juta tepatnya Rp 4.750.000,- saat artikel ini ditulis. Pada kisaran harga tsb, alternatif terdekatnya adalah Lenovo Yoga 10 B8000, sedangkan alternatif yang lebih murah ada Lenovo S6000 dan Advan T3C. Di harga 5 jutaan ke atas, ada pilihan dari Apple yakni iPad generasi ketiga.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 4 10.1

3 Pilihan yang ditawarkan pada Galaxy Tab 4 memiliki spesifikasi yang sama persis kecuali ukuran layar, dimensi, bobot, dan kapasitas baterainya. Bahkan resolusi layar pun sama persis sehingga semakin besar ukuran layar kerapatan pikselnya semakin berkurang.

Desain dan Layar

Review Samsung Galaxy Tab 4 10.1Posisi standar Samsung Galaxy Tab 4 10.1 adalah landscape tidak seperti saudaranya yang lebih kecil, hal ini terlihat jelas dari penempatan tombol fisik HOME, option, dan back, serta logo dan letak kamera depannya. Di bagian atas body terdapat tombol power/lock, volume rocker, slot kartu SIM, dan slot microSD. Di bagian bawah hanya ada port microUSB, sedangkan di sisi kanan kirinya terdapat speaker yang posisinya agak ke atas dengan tujuan agar tidak tertutup tangan saat digunakan.

Layar TFT Capacitive touchscreen 16 juta warna-nya berukuran 10.1″ dengan resolusi 1280 x 800 px 149 ppi. Untuk perbandingan, Galaxy Tab 4 7.0 memiliki kerapatan piksel 216 ppi dan Tab 4 8.0 189 ppi.

Dengan layar besar tsb, bobot tab 4 10.1 masih di bawah 500 g yakni 487 g, not bad untuk sebuah tablet kelas 10 inch. Bobot ini juga didapat salah satunya dari desain tablet yang unibody dan tidak dapat melepas baterai.

Hardware dan Software

Samsung-Galaxy-Tab-4-10.1-BackSecara keseluruhan, komponen-komponen Samsung Galaxy Tab 4 10.1 setara dengan smartphone kelas menengah Samsung, sebut saja Samsung Galaxy Grand 2. Prosesornya menggunakan Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7. Urusan grafis menggunakan GPU Adreno 305. RAM pun sama persis dengan Grand 2 yakni 1.5 GB, untungnya internal storage lebih besar dengan 16 GB, tak ketinggalan dukungan microSD hingga 64 GB. Penopang dayanya dipercayakan pada baterail Li-Po 6800 mAh. Dengan spesifikasi tsb, hasil benchmark AnTuTu Samsung Galaxy Tab 4 10.1 tidak terlalu istimewa meski masuk kategori ‘good’, score yang dihasilkan sedikit lebih dari angka 16 ribu.

Samsung Galaxy Tab 4 10.1 sudah menggunakan OS Android KitKat sebagai standar. Dengan TouchWiz UI, tampilannya seperti galaxy lainnya dengan fitur-fitur yang juga khas untuk memudahkan penggunanya, terutama pada 3 tombol di bawah layarnya.

Jaringan dan Data

Samsung Galaxy Tab 4 10.1 menggunakan jaringan GSM dan 3G. Untuk akses internet tersedia HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, EDGE dan GPRS. Tak ketinggalan WiFi, WiFi Direct, Bluetooth, dan microUSB pun tersedia. Yang tidak tersedia pada Tab 4 tipe ini adalah jaringan 4G LTE dan DLNA. Menurut spesifikasinya, Tab 4 pun tidak dibekali FM Radio.

Kamera Samsung Galaxy Tab 4 10.1

Fitur pengabadi gambar pada tab ini terbilang pas-pasan meski masih sangat bisa mencukupi kebutuhan dasar fotografi penggunanya. Kamera belakangnya bersolusi 3 MP tanpa flash dengan record video 720p 30 fps, sedangkan kamera depannya beresolusi 1.3 MP, not that bad.

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Tab 4 10.1

Kelebihan: Dilengkapi fitur Multi Windows, S voice, smart screen, dan palm motion untuk kemudahan pemakaian, sudah Android KitKat sebagai standar, secara keseluruhan dapat menjawab kebutuhan dasar pengguna tablet

Kekurangan: Fitur kamera tidak terlalu menonjol, spesifikasi terasa kurang gahar dengan hasil benchmark AnTuTu 16 ribuan.

Data & Images: Samsung, gsmarena, notebookcheck.

LEAVE A REPLY