Dalam benak sebagian dari Anda, nama Sony Xperia mungkin kini sudah menjadi pilihan nomor kesekian setelah Samsung, Xiaomi, Lenovo, bahkan merk Lokal. Terutama jika Anda mencari smartphone terjangkau dengan spesifikasi yang memadai untuk aktivitas komputasi mobile yang lancar. Namun apakah benar bahwa smartphone Sony Xperia itu mahal? Apakah lebih mahal dari Samsung dan vendor lainnya? Nyatanya tidak selalu demikian. Banyak pecinta gadget mengkritisi produk flagship Sony yakni Z series, beberapa lainnya mengkritik Sony yang tak kunjung membuat smartphone terjangkau dengan spesifikasi tangguh.

Spesifikasi-Sony-Xperia-E4Sepertinya di sini kita sulit untuk menyalahkan Sony Xperia, karena tuntutan konsumen yang terlalu beragam. Di balik kesuksesan Samsung Galaxy (meski cenderung turun), memang Sony Xperia masih sangat jauh untuk mengejar, namun mereka tak menyerah begitu saja untuk merebut hati konsumen. Dan produk terbaru yang beberapa hari terakhir diluncurkan di India pun salah satu usaha Sony Xperia untuk memberikan pilihan kepada konsumen. Sayangnya, seperti pendahulunya, produk update dari versi sebelumnya ini kembali mendapat hujatan. Hmm… Apakah sebegitu mahalnya? Apakah sebegitu inferior spesifikasinya? Kita coba ulas beberapa info yang dikumpulkan dari beberapa sumber terpercaya.

Sony Xperia E4 mudahnya merupakan penerus Xperia seri E sebelumnya yakni E3, E1, dan E generasi pertama. Namun berbeda dengan gen sebelumnya dimana selalu menggunakan chipset dari Qualcomm, gen terbaru ini ternyata menggaet MediaTek untuk bertanggungjawab membekali komponen inti Xperia E4 ini.

Harga Sony Xperia E4

Update: Sony Xperia E4 diluncurkan di Indonesia dengan bandrol Rp 1.999.000 untuk versi Dual SIM dimana tidak jauh berbeda dibanding gen sebelumnya, Xperia E3.

SonyDengan bandrol harga Xperia E4 tsb, keluarlah banyak opini-opini netter yang sebagian besar sangat kecewa dengan strategi Sony Xperia pada E4 ini. Kami (PanduanMembeli.com, red) pun cukup terkejut karena melihat generasi-generasi sebelumnya yang dibandrol di angka 1 jutaan dan masuk dalam kategori kelas entry-level. Jika Harga Xperia E4 berkisar di 2.5 jutaan, tentu akan bentrok dengan seri di atasnya, sebut saja seri Xperia M. Oh iya, harga Xperia E3 saat ini berada di kisaran 1.9 jutaan dimana hanya berbeda 300 ribu dari Xperia M2.

Jika dibandingkan dengan rival terkuat dari merk lain, agak sedikit sulit karena penggunaan prosesor MediaTek yang biasanya lebih sering digunakan vendor China dan Lokal. Beberapa alternatif di rentang harga 2.5 jutaan setidaknya ada Samsung Galaxy Grand Prime, HTC Desire 616, LG L Bello D335, Lenovo S860, Acer Liquid Jade, dan beberapa pilihan lain dengan perbedaan harga tidak lebih dari 200 ribu.

Jika Anda perhatikan, selain Xperia E4 banyak juga smartphone yang mengunggulkan fitur yang relatif tak terlalu penting namun dibandrol dengan harga 2.5 jutaan. Jadi apakah Sony Xperia E4 benar-benar mahal? Atau hanya perasaan kita saja yang sudah terpengaruh para Sony Haters? Langsung saja yuk simak spesifikasi Sony Xperia E4 berikut.

Sony-Xperia-E4-Spesifikasi

Spesifikasi Sony Xperia E4

Network: Dual SIM (3G HSPA), Single SIM (4G LTE)
Body: 137 x 74.6 x 10.5 mm, 144 g
Screen: IPS Capacitive Touchscreen 16M Colors, 5.0″ 540 x 960 pixels 220 ppi, Scratch-resistant glass
OS: Android OS v4.4.4 KitKat
Processor: MediaTek MT6582 Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPU: Mali-400MP2
Memory: 1 GB RAM, 8 GB Internal Storage, Slot microSD up to 32 GB
Camera: 5 MP Rear Camera with Autofocus, LED Flash, and 1080p Video Rec. 2 MP Front Camera with 720p Video Rec.
Connectivity: WiFi b/g/n, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.1, GPS, FM Radio, microUSB.
Battery: 2300 mAh

PMC akan coba bahas beberapa sektor terpenting dari spesifikasi Xperia E4 di atas.

– 4G LTE Only for Single SIM: Di sini sebenarnya tidak terlalu masalah karena beberapa vendor lain pun melakukan hal yang sama bahkan untuk produk kelas menengah. Jadi jika Anda tidak terlalu membutuhkan Dual SIM, sangat direkomendasikan untuk pilih versi Single SIM dengan 4G LTE.

Kelemahan-Sony-Xperia-E4– Resolusi layar hanya 540 x 960 pixels: Dengan kerapatan piksel 220 ppi, sebenarnya tidak terlalu inferior, bahkan Galaxy A3 yang berharga lebih dari 3 juta masih menggunakan resolusi qHD ini. Namun karena kebanyakan rivalnya yang berharga setara rata-rata sudah menggunakan resolusi HD 720 x 1280 piksel, tentunya menjadi kelemahan yang cukup serius meski sebenarnya ditebus Sony dengan proteksi standar layar yang lebih baik seperti halnya A3 yang menggunakan jenis Super AMOLED meski resolusinya relatif rendah, iya A3 memang menggunakan diagonal layar lebih kecil. Jika melihat lini Xperia lainnya, sepertinya penggunaan resolusi qHD ini menjadi kebiasaan yang tak kunjung diperbaiki, come on Sony!

– Android KitKat: Kekecewaan calon konsumen sebenarnya bisa diobati jika seandainya Xperia E4 hadir dengan Android OS terbaru. Namun sayangnya hanya rumor karena info yang terbaru dan akurat, Xperia E4 masih menggunakan KitKat. Hal ini sebenarnya bukan merupakan kelemahan berarti mengingat rivalnya pun rata-rata masih berkutat pada KitKat, namun sekali lagi dikatakan, andai Lollipop, maka akan menggantikan kelemahan-kelemahan yang dimiliki Xperia E4.

Sony-Xperia-E4-Harga– CPU dan GPU Inferior: Tidak bisa disangkal, meski performa MediaTek MT6582 tidaklah buruk namun chipset ini terasa sudah terlalu usang sejak diluncurkan tahun lalu. Performa keseluruhan pun masih di bawah Qualcomm Snapdragon 410. Sedangkan untuk GPU, Mali-400MP2 berada cukup jauh di bawah Adreno 306, sekali lagi sangat disayangkan.

– Kapasitas baterai berada di rata-rata: Rivalnya dibekali kapasitas baterai mulai dari 2000 mAh hingga 4000 mAh dan kapasitas Xperia E4 yakni 2300 mAh relatif berada di tengah. Hal ini juga yang membuat bobot Xperia E4 tidak seberat beberapa rivalnya. Dan apakah Anda tahu bahwa Sony cukup ahli untuk manajemen daya sehingga lebih tahan lama?!

Sony-Xperia-E4Oke, beberapa point di atas adalah hal-hal yang secara kasat mata terlihat penting dan merupakan kelemahan Sony Xperia E4. Namun apakah kelemahan tsb menjadikan Xperia E4 yang terburuk dibandingkan rivalnya, jawabannya tidak. Selain karena rivalnya masih banyak yang menggunakan komponen seperti yang digunakan E4 dengan harga setara, E4 juga memiliki beberapa kelebihan yang bisa dijadikan pengganti kelemahannya.

Jadi, apakah misalnya harga Sony Xperia E4 akan dibandrol Rp 2.5 jutaan di Indonesia, E4 masuk kategori murah atau mahal? Menurut PMC, harga tsb biasa saja alias masuk akal. Namun jika Sony Xperia ingin menggaet banyak hati konsumen, sebaiknya harga untuk E4 tidak jauh dari kisaran 2 juta rupiah, seperti halnya Xperia E3. Bagaimana dengan Anda? Apakah berminat meminang Xperia E4?

Update: Sony Xperia E4 sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 1.999.000,- atau 2 juta rupiah.

SHARE

LEAVE A REPLY