Samsung Galaxy Grand Prime adalah smartphone layar besar terbaru dari Samsung yang diluncurkan sejak September 2014 lalu. Menggunakan nama Grand yang identik dengan layar besar, Samsung Galaxy Grand Prime dibekali ukuran layar yang sedikit di bawah Grand 2 yakni 5 inci. Harga Grand Prime juga tentunya lebih murah dari Grand 2 namun sedikit lebih mahal dari Grand Neo. Seperti apa spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime serta kelebihan dan kekurangannya?

Harga Galaxy Grand Prime

Harga Samsung Galaxy Grand PrimeSaat ini, harga Samsung Galaxy Grand Prime sudah berada di angka Rp 2.699.000,- Dengan harga 2.7 juta rupiah, beberapa rival alternatif lainnya antara lain Sony Xperia M2, LG L90, Lenovo S850, Xiaomi Redmi Note, dan beberapa pilihan lainnya baik yang berharga lebih murah maupun yang lebih mahal.

Dibandingkan rivalnya yang memiliki harga setara, spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime relatif lebih baik meski bukan tanpa kekurangan. Berikut ulasan spesifikasi Galaxy Grand Prime lengkapnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime

Desain: Samsung Galaxy Grand Prime menggunakan bahasa desain seri Galaxy terbaru yang memiliki sudut lebih tegas, bezel layar yang tipis, serta ketebalan di bawah 9 mm. Tombol fisik ‘home’ di bawah layar pun masih tersedia di Grand Prime ini. Posisi tombol volume, power, serta port microUSB dan Audio Jack masih seperti khas smarpthone Samsung lainnya. Grand Prime berdimensi 144.8 x 72.1 x 8.6 mm serta bobot 156 g. Grand Prime tersedia dalam dua pilihan warna yakni White dan Gray.

Desain

Layar: Menyandang nama Grand, tentu layarnya harus berukuran besar, begitu pun dengan Grand Prime yang menggunakan layar 5 inci. Resolusi layarnya masih qHD 540 x 960 piksel jenis TFT Touchscreen 16 juta warna. Meski resolusinya belum HD, tampilan Galaxy Grand Prime diyakini masih mampu memberikan yang baik dengan kerapatan piksel 220 ppi, hal ini penting untuk mendukung fitur unggulan Grand Prime.

Spesifikasi-Grand-PrimeOS: Grand Prime bejalan pada OS Android yang relatif baru yakni Android KitKat, tampilannya tidak jauh berbeda dengan seri Galaxy terbaru lainnya.

Hardware: Perangkat keras yang digunakan Galaxy Grand Prime masuk dalam kelas menengah dengan performa yang sangat memadai untuk aktivitas komputasi mobile harian. Mulai dari prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex A-53 (penerus A7) dari Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 , GPU Adreno 306, serta besar RAM 1 GB. Untuk penyimpanan data tersedia internal storage sebesar 8 GB yang tentunya tersisa sebagian, Anda juga masih bisa menambah kapasitas dengan tersedianya slot microSD hingga 64 GB.

Samsung Galaxy Grand Prime Spesifikasi

Penopang daya dipercayakan pada baterai yang cukup besar di kelasnya dengan kapasitas 2600 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 9 jam untuk internetan dengan 3G, 12 jam internetan dengan WiFi, 11 jam video playback, 17 jam Talktime in 3G, serta hingga 75 jam Audio playback, tentunya ketahanan baterai ini dapat berbeda pada pemakaian sebenarnya bergantung pada banyak aplikasi yang aktif serta pengaturan lainnya.

Kamera-Selfie-Samsung-Galaxy-Grand-Prime

Kamera: Sektor kamera adalah salah satu fitur yang diunggulkan Grand Prime. Dengan kamera depan beresolusi 5 MP dan memiiki sudut lebar, Anda dapat mengambil foto selfie yang lebih berkualitas serta dapat mengambil jangkauan foto lebih luas. Kamera belakangnya memiliki resolusi 8 MP dengan fitur Autofocus dan LED Flash, serta dapat merekam video hingga FHD 1080p.

Kamera-Selfie-Samsung-Galaxy-Grand-Prime HargaNetwork & Data: Galaxy Grand Prime berjalan pada jaringan GSM dan menggunakan Dual SIM. Jaringan cepat 3G tersedia WCDMA/ HSDPA serta tak ketinggalan jaringan 2G EDGE GPRS. Fitur konektivitas Galaxy Grand Prime cukup lengkap di kelasnya termasuk WiFi b/g/n, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.0 with A2DP, USB 2.0, dan sudah tersedia juga fitur GPS, Glonass, dan FM Radio. Fitur yang alfa pada Grand Prime ini termasuk tidak adanya DLNA dan NFC.

Kelebihan dan Kelemahan Samsung Galaxy Grand Prime

Dibandingkan dengan semua rivalnya, berikut kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Grand Prime.

Kelebihan Samsung Galaxy Grand Prime:

  • Kamera depan resolusi tinggi
  • Baterai berkapasitas besar
  • Desain slim
  • Android KitKat
  • Layar lebar
  • Performa Prosesor dan GPU yang baik
  • Dual SIM

Kelemahan dan Kekurangan Samsung Galaxy Grand Prime

  • Resolusi layar belum HD
  • RAM hanya 1 GB
  • Harga terlalu dekat dengan Grand 2 saat ini

Verdict: Samsung Galaxy Grand Prime sejatinya merupakan tawaran yang sangat menarik terutama untuk Anda pecinta selfie. Selain kamera depan, performa Grand Prime pun cukup baik di kelasnya. Dengan kualitas Samsung, harga 2.7 juta mungkin tidak terlalu tinggi untuk smartphone Quad-core Qualcomm berlayar 5 inci ini. Namun pilihan Galaxy Grand 2 yang kini berharga 3.2 juta pun sulit untuk diabaikan.



Terms: samsung galaxy grand prime, samsung grand prime, harga samsung galaxy grand prime, samsung galaxy grand prime grey, samsung grand prime grey, harga samsung grand prime, harga samsung galaxy grand prime grey, grand prime grey, samsung galaxy prime grey, samsung grand prime warna grey

1 COMMENT

LEAVE A REPLY