Biasanya, vendor-vendor smartphone merilis resmi produk baru mereka itu di awal tahun, pertengahan tahun, dan akhir tahun untuk seri-seri dan tipe yang lebih terjangkau.

Di tahun 2016, kita sudah memasuki pertengahan tahun dan beberapa vendor sudah siap untuk merilis produk terbaiknya. Untuk Anda yang sedang berencana membeli smartphone, baiknya pertimbangkan beberapa smartphone baru agar tidak menyesal nantinya. Kan nyesek banget beli smartphone yang ternyata penggantinya udah mau keluar.

1. Samsung Galaxy Note 6/7

Penerus Galaxy Note 5 tidak akan lama lagi meluncur bro. Smartphone teratas dari Samsung ini kabarnya akan dirilis Agustus nanti. Memang sih, harganya akan sangat tinggi, prediksi PMC akan berada di kisaran hampir 10 juta bahkan bisa melebihi 10 juta rupiah. Tapi ini Note series, best of all the best.

Soal nama, masih belum pasti karena ada rumor bahwa Samsung akan melewati nama Note 6 untuk memudahkan ketika kita membandingkan dengan seri S dan juga agar kita tidak mengira bahwa Note saat ini merupakan Galaxy Note tahun lalu. Seperti kita ketahui, nomor tipe Galaxy Note selalu di belakang Galaxy S. S7 sudah meluncur sejak beberapa bulan lalu, tapi baru Note generasi ke-6 yang akan meluncur.

Spesifikasi tentu akan sangat “wah” karena kabarnya Note 6/7 akan menggunakan chipset Snapdragon 823 dimana memiliki clockspeed dan performa lebih baik dibanding Snapdragon 820. Belum ada kepastian specs lainnya namun kemungkinan kapasitas RAM akan mencapai 6 GB. Layarnya pun kemungkinan berjenis Curved Edge di dua sisi layar. Bisa jadi ada dua versi, namun rumor yang kuat; Note terbaru layarnya dual curved edge.

Galaxy Note 6-7

Source

Secara personal, saya sangat berharap Next Galaxy Note akan tahan air dan debu seperti halnya Galaxy S7. Baterai juga diharapkan memiliki kapasitas terbesar dibanding semua seri Galaxy.

2. OnePlus 3 (Three)

OnePlus 3

Oke, memang smartphone ini kecil kemungkinan akan masuk ke Indonesia secara resmi. Tapi tetap saja, sulit untuk mengabaikan kehadiran smartphone ini yang konon akan dirilis resmi di pertengahan Juni nanti. Layarnya berukuran 5.5 inch FHD berjenis AMOLED. Fitur lain tergolong standar seperti Snapdragon 820 SoC, RAM 4-6 GB, Fingerprint, NFC, dan baterai 3000 mAh. Namun sebagian fitur tsb masih berdasarkan bocoran alias bukan produk akhir.

3. Next Nexus 2016

Sayangnya, smartphone ini juga kecil kemungkinan masuk Tanah Air secara resmi. Dan jika pun masuk Indonesia, harganya akan terkerek naik. Nasib memang.

Ada rumor bahwa Next Nexus seri flagship akan dibuat oleh HTC karena seperti kita tau, HTC sukses meracik HTC 10 yang cukup sukses di pasaran. Tapi ada statement baru dari dewan eksekutif Huawei bahwa mereka akan membuat Nexus tahun ini. Apakah akan ada dua merk yang membuat seperti tahun lalu? Bisa jadi. Atau mungkin HTC gak jadi produksi Nexus, informasi ini belum ada kejelasan saat ini.

4. Sony Xperia Z7

Sony dikabarkan akan melewati angka 6 untuk seri flagship mereka, the Xperia Z. Dengan nama Xperia Z7, smartphone ini konon akan dibekali spesifikasi teratas bahkan lebih baik dari semua smartphone yang ada saat ini. Dengan layar 5.2 inch resolusi 4K seperti Xperia Z5 premium, Snapdragon 823 sebagai dapur pacunya, RAM 6 GB, serta internal storage 32/64 GB, Z7 juga akan dibekali baterai besar 4.000 mAh. Sayang, itu hanya angan-angan PMC alias ngibul, hoak, jangan percaya.

Xperia X Performance

Setidaknya Sony belum meluncurkan Xperia X, XA, dan X Performance di Indonesia. Mungkin di semester dua 2016 ini Sony akan merilis resmi. Termasuk XA Ultra yang bisa menjadi pilihan menarik setelah beberapa tahun lalu Sony membuat Z Ultra. Untuk Xperia seri Z, belum ada kejelasan sama sekali bagaimana kedepannya. Kabar terkuat, Sony tidak melanjutkan seri Z, entahlah.

5. Asus ZenFone 3, ZenFone 3 Deluxe, dan ZenFone 3 Ultra

Kita bicara yang pasti-pasti saja dan yang lebih menarik berkat harga yang lebih terjangkau meski spesifikasi dan fiturnya berkelas.

ZenFone 3 Deluxe ZS570KL

ZenFone 3 sebenarnya harus ditempatkan di nomor 2, namun karena smartphone ini sudah dirilis resmi di ajang Computex kemarin, juga karena nomor 2,3, dan 4 di atas tidak terlalu berpengaruh, alias tidak dianggap bagi sebagian pembaca, maka basically, nomor 5 ini adalah nomor 2.

Ada kabar bahwa sebagian dari seri ZenFone 3 akan masuk Asia di bulan Agustus. Ada juga yang mengatakan masuk Indonesia di akhir tahun. Yang PMC percaya, Asus tidak akan berlama-lama untuk merilis resmi ZenFone 3 mereka di Indonesia. Negara kita masuk dalam daftar yang menjadi prioritas Asus, tenang saja bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk upgrade smartphone ke ZenFone 3 khususnya seri Deluxe.

Harganya akan berada di kisaran mulai 3 jutaan hingga 5-6 juta rupiah. Masih tergolong murah jika kita melihat fitur dan specs yang diusung.

Itulah top 5 smartphone yang akan meluncur di dunia, hanya Note 6/7 dan ZenFone 3 yang 99% kemungkinan pasti masuk Indonesia. Yang lain, kita hanya berharap, untuk yang tidak peduli “rules”, segera cek BL/TP/LZ/KK setelah smartphone incaran Anda dirilis di luar. Kemungkinan besar sih pasti ada aja yang ngejual. Walau tentu PMC lebih sarankan untuk membeli di distributor resmi.

LEAVE A REPLY