Xiaomi Mi 4 sudah mulai tersedia di Indonesia untuk menyasar kelas lebih tinggi. Sebelumnya, Xiaomi menjadi populer di Indonesia berkat seri Redmi 1S dan Note. Dibanding dua tipe tsb, Xiaomi Mi 4 dibekali spesifikasi yang lebih tinggi dan setara dengan kelas flagship dari pabrikan lainnya.

Meski spesifikasi yang diusung merupakan kelas atas, bandrol Xiaomi Mi 4 ternyata tetap masuk dalam kategori terjangkau, tentunya hanya dibandingkan dengan rival dengan spek setara. Tidak mengejutkan mengingat larisnya Redmi 1S dan Note juga berkat harga yang terjangkau berbanding spesifikasi tangguh di kelasnya. Mulai dari 1.5 jutaan, Redmi 1S menggunakan spesifikasi kelas 2 – 3 jutaan pada produk rivalnya. Begitu juga dengan Xiaomi Mi 4 yang tetap dibandrol dengan harga yang menggoda.

Harga Xiaomi Mi 4

Harga Xiaomi Mi 4Smartphone ini dibandrol dengan harga Rp 4.950.000,- atau sekitar 5 juta rupiah. Dengan harga yang sudah masuk kelas atas, rival yang dihadapi Xiaomi Mi 4 termasuk di antaranya Samsung Galaxy A5, Galaxy Note 3 Neo, LG Nexus 5, dan LG G2. Sedangkan jika membandingkan dengan spesifikasi utama yang diusung, rival Xiaomi Mi 4 antara lain Sony Xperia Z3/Z2/Z1/Z Ultra, Samsung Galaxy S5, HTC One M8, LG G3, Lenovo Vibe Z2 Pro, OnePlus One, dan Oppo Find 7. Tentu kita tidak bisa langsung membandingkan pilihan tsb hanya dengan harga ataupun spesifikasi yang diusung karena masih ada hal lain yang mempengaruhi.

Spesifikasi Xiaomi Mi 4

Xiaomi Mi 4 menggunakan spesifikasi kelas atas seperti banyak flagship dari rival lain.

Spesifikasi utama Xiaomi Mi 4:

  • Layar IPS LCD 5 inci 1080 x 1920 px, 441 ppi pixel density, dengan proteksi layar
  • Quad-core 2.5 GHz Krait 400, Snapdragon 801 MSM8974AC
  • GPU Adreno 330
  • 3GB RAM
  • 16GB Storage (tanpa microSD slot)
  • Non-removable battery 3080 mAh
  • 13 MP Rear Camera with Autofocus and LED flash with 4K video recording
  • 8 MP Front Camera with FHD video recording

Kekurangan Xiaomi Mi 4

  • Tanpa microSD slot
  • Tanpa 4G LTE
  • Tanpa NFC
  • Heat management

Ulasan Spesifikasi Xiaomi Mi 4

Desain dan Layar

Secara sekilas, desain yang digunakan Xiaomi Mi 4 mirip sekali dengan iPhone 5 dan ini bukan hal buruk. Terlepas dari originalitas, desain minimalis yang tampak mewah ini mudah disukai banyak kalangan. Penggunaan material metal pada frame membuat Xiaomi Mi 4 terlihat sangat premium. Xiaomi Mi 4 memiliki dimensi 139.2 x 68.5 mm dengan ketebalan 8.9 mm. Bobotnya relatif standar di kelasnya yakni 149 g.

Kelebihan dan kelemahan Xiaomi Mi 4

Di bagian depan, terdapat layar dengan rasio 73% terhadap body, kamera depan, sensor, dan earpiece di atas layar, serta 3 tombol kapasitif di bagian bawah layaknya banyak smartphone Android saat ini. Di bagian belakang hanya terdapat kamera utama dengan lampu LED flash tepat di bawahnya. Penempatan slot dan tombol pada Xiaomi Mi 4 dimulai dari slot SIM card pada samping kanan, tombol power dan volume di bagian samping kiri, Port audio jack dan infrared di bagian atas, serta port USB dan speaker di bagian bawah ponsel.

Layar yang digunakan Xiaomi Mi 4 memiliki kualitas tinggi dan memiliki brightness dan contrast yang baik sehingga penggunaan di bawah sinar matahari masih sangat memungkinkan. Dengan ukuran 5 inci, layar Xiaomi Mi 4 memiliki resolusi FHD 1080 x 1920 px berjenis  IPS LCD. Untuk melindungi layar dari goresan, Xiaomi Mi 4 sudah dilengkapi proteksi, ada perbedaan informasi mengenai proteksi layar ponsel ini, sebagian mengatakan Corning Gorilla Glass 3, sebagian lain mengatakan bahwa jenis proteksi layar jenis yang berbeda namun memiliki kekuatan yang setara.

OS dan UI

Xiaomi Mi 4 menggunakan OS Android KitKat 4.4.4 yang tentunya dibalut dengan MIUI 6. Jika melihat tampilan dan fitur khas MIUI, ini seperti penggabungan antara iOS dengan Android. Beberapa yang berbeda antara lain tidak adanya Apps menu sehingga semua shortcut berada di homepage, ditiadakannya notif bar di bagian atas, serta beberapa khas pengaturan lainnya. Bagi pengguna Android pada umumnya, mungkin butuh sedikit waktu untuk beradaptasi. Satu hal yang pasti, UI ini cukup digemari oleh banyak pengguna berkat kemudahan serta penggunaan yang smooth dan cepat.

Hardware

Pada sektor ini, Xiaomi Mi 4 menggunakan komponen kelas atas. Mulai dari prosesor Qualcomm Snapdragon 801 Quad-core 2.5 GHz Krait 400, RAM 3 GB, serta GPU Adreno 330. Menjalankan banyak apps dan games tentunya bukan masalah bagi Xiaomi Mi 4. Untuk urusan penyimpanan, sayangnya Xiaomi Mi 4 juga mengikuti iPhone dengan tiadanya microSD slot. Namun kapasitas penyimpanan internal sebesar 16 GB yang tersisa sekitar 12 GB untuk user masih cukup lega untuk banyak kebutuhan. Sebagai penopang dayanya, Xiaomi Mi 4 menggunakan baterai dengan kapasitas besar hingga 3080 mAh yang juga didukung dengan fitur Fast Charge oleh chipset Qualcomm sehingga mengisi baterai hingga full bisa lebih singkat. Hasil pengujian pengisian baterai hingga full dapat dilakukan dalam waktu 1.5 jam.

Spesifikasi Xiaomi Mi 4Dengan komponen di atas, hasil pengujian AnTuTu Xiaomi Mi 4 sangat impresif dengan score mulai dari 35 ribuan hingga 43 ribuan dengan merubah pengaturan performance mode-balance mode. Sedangkan hasil pengujian baterai berkisar 9.5 jam untuk browsing, dan 7 jam untuk video playback. Pengujian dengan digunakan aktif untuk bermain game, chatting, foto, dan browsing dapat bertahan sekitar 12 jam.

Kamera

Pada sektor fotografi, Xiaomi Mi 4 juga dibekali kamera kelas atas dan merupakan salah satu yang terbaik. Kamera di bagian belakang menggunakan resolusi 13 MP dengan 1/3″ sensor dari Sony. Kamera utama ini juga memiliki aperture f/1.8. Hasil kamera Xiaomi Mi 4 masuk dalam kategori berkualitas tinggi berkat rendering dan color balance yang sangat baik diolah oleh softwarenya. Fitur-fitur yang melengkapi termasuk autofocus, touchfocus, panorama, HDR, dan pelengkap lainnya. Untuk merekam video, Xiaomi Mi 4 juga sudah mampu untuk mengambil hingga resolusi 4K 2160p dan juga dibekali fitur kreatif seperti slow-motion 120fps pada resolusi 720p dan timelapse.

Tidak kalah dari kamera belakang, di bagian depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 8MP which is sangat tinggi di kelasnya. Bukan hanya resolusi tinggi, hasil fotonya juga menjadi salah satu yang terbaik dari sedikit pilihan. Kamera depan ini juga dapat merekam video hingga resolusi 1080p.

Network dan Konektivitas

Xiaomi Mi 4 berjalan pada jaringan GSM 2G dan 3G. Akses internet dapat menggunakan jaringan HSDPA dan EDGE/GPRS. Fitur-fitur lainnya pada sekotr ini meliputi WiFi Dual Band, WiFi Hotspot, DLNA, microUSB v2.0, Bluetooth v4, serta USB On-the-Go. Fitur yang tidak ada pada Mi 4 adalah 4G LTE dan NFC.

Verdict: Mi 4 is flagship.. Spesifikasi yang diusung Xiaomi Mi 4 merupakan salah satu yang teratas dimana rivalnya membandrol dengan harga 1 – 2 juta lebih mahal. Bukan hanya komponen utama, fitur-fitur lain pada Xiaomi Mi 4 juga tidak diabaikan sama-sekali oleh Xiaomi Mi 4. Namun ada satu kelemahan yang cukup dirasakan banyak pengguna, kelemahan Xiaomi Mi 4 ternyata masih seputar sistem pendinginan yang belum optimal. Ketika digunakan dengan penggunaan resource tinggi, suhunya akan cepat panas, begitu juga ketika digunakan ketika dalam kondisi charging. Namun hal ini tampaknya menjadi kelemahan yang relatif mengingat tidak semua orang menggunakan smartphone terus-terusan dalam waktu lama. Kelemahan lain tentunya aftersales dan service center yang sangat terbatas.

Terlepas dari kelemahannya, Xiaomi Mi 4 memiliki banyak kelebihan termasuk di dalamnya adalah harga lebih terjangkau dengan spesifikasi high-end, fitur-fitur unggulan berkualitas, serta desain yang elegan, mewah, dan berkelas. Jika Anda tidak terlalu bermasalah dengan terbatasnya service center Xiaomi, Mi 4 sangat menarik untuk dimiliki.

SHARE

LEAVE A REPLY